PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT MENJADI ORANG TUA IDEAL DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK PASCA PANDEMI COVID-19

Hanggara Budi Utomo, Linda Dwiyanti, Epritha Kurnia Wati, Veny Iswantiningtyas, Husna Istifadah

Abstract


Seiring berjalannya waktu dan adanya kondisi yang melandai pada pandemi covid-19, maka orang tua perlu meningkatkan pendampingan putra-putrinya saat melakukan aktivitas belajar dan saat beraktivitas selain belajar. Kegiatan pengabdian memiliki fokus pada pemahaman orang tua menjadi individu yang ideal dalam mendampingi belajar anak pasca pandemi covid-19 melalui optimalisasi peran modelling, mentoring, organizing, dan teaching di MI Al-Hikmah Kweden Kabupaten Kediri. Jumlah peserta pada kegiatan seminar sebanyak 33 peserta, dan pada kegiatan pelatihan sebanyak 36 peserta. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat antara lain mengacu pada tahap persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat memberikan hasil, diantaranya: (1) hasil evaluasi program seminar pengasuhan orang tua dengan tingkat keberhasilan baik; (2) hasil evaluasi program pelatihan orang tua dengan kategori keberhasilan sangat baik; dan (3) kegiatan pelatihan berhasil dalam memberikan pemahaman keterlibatan orang tua mengenai pentingnya peran modelling, mentoring, organizing, dan teaching di MI Al-Hikmah Kweden Kabupaten Kediri. Peningkatan pada hasil evaluasi dan pemahaman keterlibatan orang tua dalam mendampingi belajar anak, menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian berjalan dengan baik. Saran kegiatan pengabdian selanjutnya lebih difokukan pada pelatihan peningkatan kesadaran orangtua terkait modelling, mentoring, organizing, dan teaching melalui aksi nyata secara berkala dalam pengembangan kreativitas anak

Keywords


Anak; Ideal; Orang Tua; Pendampingan

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2011). Penelitian tindakan kelas untuk guru SD, SLB, dan TK. Yrama Widya.

Ariswari, N. K. R., & Tirtayani, L. A. (2021). Survei kesiapan orang tua dalam proses pembelajaran anak usia dini berbasis daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/PAUD.V9I1.34852

Ayu, D., Handayani, P., Gede, D., Wirabrata, F., & Magta, M. (2020). How parents’ academic background can affect parental involvement in preschooler’s education. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 53–60. https://doi.org/10.23887/PAUD.V8I1.24560

Azhari, S. C., Rosali, E. S., Amalia, M., Rismawati, R., Yuniarti, T., Zahra, Z., & Ningrat, S. R. (2022). A systematic literature review: The role of teachers and parents in online learning in Indonesia. Journal on Teacher Education, 3(3), 11–20. https://doi.org/10.31004/JOTE.V3I3.4147

Baydar, N., Akçınar, B., & İmer, N. (2012). Environment, socioeconomic dependence and parenthood. In M. Sayıl & B. Yağmurlu (Eds.), Parenthood: Theory and research (pp. 15–18). Koç university publications.

Boonk, L., Gijselaers, H. J. M., Ritzen, H., & Brand-Gruwel, S. (2018). A review of the relationship between parental involvement indicators and academic achievement. Educational Research Review, 24, 10–30. https://doi.org/10.1016/J.EDUREV.2018.02.001

Cahyani, A. D., Yulianingsih, W., & Roesminingsih, M. (2021). Sinergi antara orang tua dan pendidik dalam pendampingan belajar anak selama pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 6(2), 1054–1069. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I2.1130

Djamarah, S. B. (2002). Rahasia sukses belajar. Rineka Cipta.

Eyimaya, A. O., & Irmak, A. Y. (2021). Relationship between parenting practices and children’s screen time during the COVID-19 Pandemic in Turkey. Journal of Pediatric Nursing, 56, 24–29. https://doi.org/10.1016/J.PEDN.2020.10.002

Fan, X., & Chen, M. (2001). Parental involvement and students’ academic achievement: A meta-analysis. Educational Psychology Review, 13(1), 1–22. https://doi.org/10.1023/A:1009048817385

Fantuzzo, J., Tighe, E., & Childs, S. (2000). Family involvement questionnaire: A multivariate assessment of family participation in early childhood education. Journal of Educational Psychology, 92(2), 367–376. https://doi.org/10.1037/0022-0663.92.2.367

Fitria, Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2020). Pembentukan perilaku prososial anak usia dini melalui permainan kooperatif. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 123–132. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v7i2

Kahraman, H., Irmak, T. Y., & Basokcu, T. O. (2017). Parenting practices scale: Its validity and reliability for parents of school-aged children. Educational Sciences: Theory and Practice, 17(3), 745–769. https://eric.ed.gov/?id=EJ1147853

KPAI. (2020, June). Hasil survei pemenuhan hak dan perlindungan anak pada masa pandemi covid-19. https://bankdata.kpai.go.id/files/2021/02/Hasil-Survei-KPAI-2020-Pemenuhan-dan-Perlidunga-di-Masa-Covid-19.pdf

Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2020). Strategi orang tua dalam pendampingan belajar anak selama pandemi covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.22515/LITERASI.V1I1.3259

Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1

Ridwan, R., Utomo, H. B., Wati, E. K., & Dwiyanti, L. (2021). PKM pengasuhan positif anak usia dini di Desa Kedak Kabupaten Kediri. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/ABI.V2I1.7926

Rofi’ah, R. (2021). Problematika orang tua mendampingi anak saat pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. CONSEILS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 51–57. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/bki/article/view/204

Susanti, I., & Pramudyani, V. (2019). Peran orangtua dalam memberikan pendidikan seks sejak dini pada anak usia 5 – 6 tahun di TK Aba Piyungan. [Skripsi, Universitas Ahmad Dahlan]. Universitas Ahmad Dahlan.

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga era covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I1.710

Utomo, H. B., Iswantiningtyas, V., & Yulianto, D. (2021). Be strong or weak: The contribution of parenting style toward parent involvement motivation in accompanying children during learning from home. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 10(4), 686–703. https://doi.org/10.12928/JEHCP.V10I4.22280

Utomo, H. B., & Khan, R. I. (2021). Gaya pengasuhan berdasar determinasi diri. In Y. Bawono, N. Rohmah, & R. Qorrin (Eds.), Psikologi Parenting (1st ed., pp. 17–27). Bintang Semesta Media.

Utomo, H. B., Sari, A. T. R., & Vernandika, E. (2022). Penyuluhan kegiatan parenting orang tua untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan pemecahan masalah anak. Jurnal Inovasi Penelitian Dan pengabdian Masyarakat, 2(1), 76–85. https://doi.org/10.53621/JIPPMAS.V2I1.126

Wang, G., Zhang, Y., Zhao, J., Zhang, J., & Jiang, F. (2020). Mitigate the effects of home confinement on children during the COVID-19 outbreak. The Lancet, 395(10228), 945–947. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30547-X/ATTACHMENT/FC378B94-43B3-41A1-BD98-E4632CD5BD0E/MMC1.PDF

Wijaya, A., Yayuk, M., Indasari, S., Indrawati, M., Sambo, M., Sembiring, N., & Aristyanita, V. (2020). Menjadi orang tua tangguh di masa pandemi covid-19. Wahana Visi Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2410

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF – 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hanggara Budi Utomo, Linda Dwiyanti, Epritha Kurnia Wati, Veny Iswantiningtyas, Husna Istifadah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.