IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BERBASIS SMART KAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PUBLIK
Abstract
Penyelenggaraan pemerintahan kampung dalam bentuk pengaturan atau pemberian layanan umum guna melayani kebutuhan masyarakat oleh aparat /pemerintah kampung, masih dilakukan dalam ruang lingkup kantor yang dibatasi waktu pelayanan, serta belum menyajikan standar pelayanan publik yang memberikan keterbukaan akses informasi. Aparat seringkali lalai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, seperti keterlamatan masuk kantor atau sedang tidak berada di kantor pada saat jam pelayanan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi berbasis “Smart Kampungâ€, guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hasil penerapan aplikasi menjadi upaya untuk mendukung kinerja pemerintah kampung dalam meningkatkan mutu pelayanan, yang mengintegrasikan berbagai manajamen administrasi dan menyajikan keterbukaan akses informasi terkait prosedur dan dokumen persyaratan penyelenggaraan pelayanan bagi semua kalangan masyarakat, integrasi data penduduk, dan kemudahan akses karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berdasarkan hasil analisis kepuasaan pengguna terhadap implementasi aplikasi dan pelaksanaan program pelatihan serta pendampingan, dengan media bantu kuisoner bagi responden yang terlibat, menyatakan sangat setuju bahwa penerapan aplikasi dapat membantu meningkat kualitas mutu pelayanan, dengan 92% dari aparat kampung, dan masyarakat 89%
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ana Fitrianti, A., Cellindita, S., & Pramnesti, K. (2021). Efektivitas Inovasi Program Smart Kampung Di Desa Ketapang Kabupaten Banyuwangi. Journal of Governance Innovation, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.36636/jogiv.v3i1.438
Aziz, N. A., & Putri, N. P. (2021). Smart Kampung, Mereduksi Birokratisasi Pelayanan Publik (Studi pada Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 7(3), 414–422. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2021.007.03.12
Choiriyah, I. U. (2020). Penerapan E-Government Melalui M-Bonk Di Kabupaten Sidoarjo. PUBLISIA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(2), 126–135. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jkpp
Erhan, N., Mardiyono, Hermawan, R., & Ohta, H. (2017). Evaluation of E-Government Implementation in Indonesian Local Government (Case Study of the Implementation of Electronic Monitoring and Evaluation in Balangan Local Government). JPAS (Journal of Public Administration Studies), 1(4), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.jpas.2017.002.02.2
Hakim, A., Silfia, B., Utami, A., & Basya, M. M. (2022). Dampak Implementasi Program Smart Kampung Di Kabupaten Banyuwangi. OECONOMICUS Journal of Economics, 6(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/oje.2022.6.2.128-139
Huda, M. N., Kurniasari, E. N., & Ruroh, S. M. (2022). A Systematic Literature Review of E-Government Evaluation. Journal of Local Government Issues, 5(1), 32–48. https://doi.org/10.22219/logos.v5i1.19784
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-government dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus ; Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11, 101–112.
Rahmawati, D., Sulistyarso, H., Ariastita, P. G., Yusuf, M., & Paramasatya, D. A. (2018). Smart kampung for Surabaya smart city: Criteria redefined. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 202(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/202/1/012068
Ratnasari, L., Valiant Azhnuri, A., Aliya, E., Muzhiffarah, N., & Wismaningtyas, T. A. (2021). Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Melalui Aplikasi “ Monggo Lapor†Di Sekretariat Daerah Kota Magelang. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 5(2), 2614–4220. https://lapor.magelangkota.go.id/
Riawati, N. (2020). Model Pengembangan Pelayanan Desa Terintegrasi (Studi pada Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso Provinsi Jawa Timur). Media Trend, 15(1), 195–203. https://doi.org/10.21107/mediatrend.v15i1.6174
Romanda, S. A. (2020). Pengembangan Desa Wisata Air Berbasis â€Smart Kampung†Desa Kampunganyar Kabupaten Banyuwangi. Graha Pengabdian, 2(2), 155–162.
Saidah, N., Khasanah, L., Asriyatuzzahra, & Ridloah, S. (2022). Analisis Strategi Kesuksesan Kampung Digital Krandegan dalam Mendukung Program Smart Village. Journal of Regional and Rural Development Planning, 6(2), 123–135. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2022.6.2.123-135
Sekarsari, R. W., & Winarno, T. (2018). Smart Kampung Sebagai Wujud Kemajuan Sistem Administrasi Dan Manajemen Di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(2), 82. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n2.p82-87
Shafira, A., & Kurniasiwi, A. (2021). Implementasi E-Government Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Berbasis Online Di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 52–68. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i1.457
Silfiah, R. I., & Nabila, A. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Penerapan Aplikasi E-Pbb Di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Purwakarta. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 3(2), 51–69. https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v3i2.2311
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2391
Article Metrics
Abstract view : 630 timesPDF – 252 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lilik Sumaryanti & Dirwan Muchlis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.