PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MINAT PENELITIAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
Abstract
Rendahnya minat guru bimbingan dan konseling (guru BK) dalam melakukan penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang disertai kesulitan dalam memahami konsep penulisan karya ilmiah, mendorong tim pengabdian untuk menyelenggarakan pelatihan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Pelatihan penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dirancang sebagai program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan minat penelitian guru BK dalam mendukung praksis kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Metode pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu tahap pendalaman materi penelitian tindakan bimbingan dan konseling, tahap penyusunan proposal penelitian tindakan bimbingan dan konseling, dan tahap pendampingan pengembangan proposal penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Pada tahap pendalaman materi, narasumber memaparkan materi penelitian tindakan bimbingan dan konseling kepada peserta guru BK yang disertai tanya jawab sebagai cara untuk mencermati materi tersebut, sedangkan pada tahap penyusunan proposal penelitian tindakan bimbingan dan konseling, peserta guru BK menyusun draf proposal penelitian tindakan bimbingan dan konseling secara individual, yang dilanjutkan dipresentasikan pada tahap pendampingan pengembangan proposal penelitian tindakan bimbingan dan konseling untuk mendapatkan balikan dari narasumber sebagai bahan untuk melakukan revisi dan melaksanakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling di sekolah tempat kerjanya masing-masing. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa sebanyak 59% peserta menyatakan sangat setuju dan 39,44% menyatakan setuju bahwa program pengabdian kepada masyarakat ini telah dilaksanakan dengan baik dan memadai, serta sebanyak 46,5% peserta menyatakan sangat setuju dan 53,5% menyatakan setuju bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat meningkatkan minat guru BK dalam melakukan penelitian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, H. (2016). Pengaruh Efektivitas Pelatihan Soft Skills Terhadap Kompetensi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Manajemen Dan Perbankan, 3(3), 72–91.
Anisah, L. (2016). KOMPETENSI PROFESIONAL KONSELOR DALAM PENYELENGGARAAN PENELITIAN TINDAKAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurna Konseling Gusjigang, 2(1), 5–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.557
Azevedo, F. S. (2011). Lines of Practice: A Practice-Centered Theory of Interest Relationships. Cognition and Instruction, 29(2), 147–184.
Budiono, U. (2021). Konseling Kreatif dan Inovasi Dalam Penelitian Tindakan Bidang Bimbingan dan Konseling. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 62–68.
Burns, S. T. (2014). Gender Differences in the Validity of Career Interest Inventories. Psychology, 05(08), 785–797. https://doi.org/10.4236/psych.2014.58089
Dunst, C. J., Bruder, M. B., Maude, S. P., Schnurr, M., Van Polen, A., Clark, G. F., Winslow, A., & Gethmann, D. (2020). Predictors of Practitioners’ Use of Recommended Early Childhood Intervention Practices. International Education Studies, 13(9), 36. https://doi.org/10.5539/ies.v13n9p36
El-adl, A., & Alkharusi, H. (2020). Relationships between Self-Regulated Learning Strategies, Learning Motivation and Mathematics Achievement, Cypriot Journal of Educational Sciences, 2020. Eric - Ej1246489, 15(1), 104–111.
Falcón-Linares, C., RodrÃguez-MartÃnez, A., Cortés-Pascual, A., & Quilez-Robres, A. (2021). Counselor-Perceived Teacher Actions Needed to Carry out Educational and Vocational Guidance in Secondary Schools in Spain. Frontiers in Education, 6(October), 1–11. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.737163
Harackiewicz, J. M., Smith, J. L., & Priniski, S. J. (2016). Interest Matters: The Importance of Promoting Interest in Education. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 3(2), 220–227. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2372732216655542
Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Kecana Prenadamedia group.
Hartono. (2020). Pembelajaran Bimbingan Karier dengan Menggunakan Media Powerpoint Berbasis Gambar untuk Meningkatkan Kinerja Akademik Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 103–118.
Hartono. (2022). Memperkokoh kepribadian pengampu ahli pelayanan bimbingan dan konseling untuk mewujudkan kemandirian konseli. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2021 PD ABKIN JATIM, 2(2), 1–11.
Hartono, H., & Mudhar, M. (2022). KONTRIBUSI MULTIFAKTOR PADA PELATIHAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP AKTUALISASI DIRI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 220–228. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1667
Hartono, H., & Musdalifah, A. (2019). Layanan Klasikal Bimbingan Karier dengan Media PPT Berbasis Object Superiority Effect untuk meningkatkan Pemahaman Diri dan Pemahaman Karier Siswa SMA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 1. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i1.891
Kemendikbud. (2019). Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Kırkıç, K. A., & Çetinkaya, F. (2020). The relationship between preschool teachers’ self-efficacy beliefs and their teaching attitudes. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 807–815. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20670
Munajatisari, R. R. (2019). Analisis Efektivitas Metode Pelatihan Klasikal dan E-Learning. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nye, C. D., Su, R., Rounds, J., & Drasgow, F. (2012). Vocational Interests and Performance: A Quantitative Summary of Over 60 Years of Research. Perspectives on Psychological Science, 7(4), 384–403. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1745691612449021
Nye, C. D., Su, R., Rounds, J., & Drasgow, F. (2017). Interest congruence and performance: Revisiting recent meta-analytic findings, Journal of Vocational Behavior. Journal of Vocational Behavior, 98(1), 138–151.
Paraweswara, C. M., & Anggraeni, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Latihan dan Penugasan dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi pada Mata Pelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 874–883.
Sakdiah, H. (2021). Analisis minat guru IPA tingkat SMP dalam menulis penelitian tindakan kelas (PTK). Jurnal Edusciense, 8(1), 70–78.
Stapp, A. C., Prior, L. F., & Harmon, C. (2019). The Relationship between Wellness and Physical Activity Integration Coursework and Pre-Service Teachers’ Self-Efficacy. Journal of Teacher Education and Educators, 8(3), 247–264.
Swarat, S., Ortony, A., & Revelle, W. (2012). Activity matters: Understanding student interest in school science. Journal of Research in Science Teaching, 49(2), 515–537.
Tambunan, H., Sinaga, B., & Widada, W. (2021). Analysis of teacher performance to build student interest and motivation towards mathematics achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 42–47. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20711
Widodo, A., Nur, A., Rosyidah, K., Ermiana, I., Anar, A. P., Haryati, F., Novitasari, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Mataram, U. (2021). ANALISIS KESULITAN GURU SD DI LOMBOK UTARA DALAM. 5(3), 205–212.
Yurdakul, B., Başokçu, O., & Yazicilar, Ü. (2020). Evaluation of the Professional Development Program for Secondary Math Teachers on Item Writing Related to Higher Order Thinking Skills. Journal of Teacher Education and Educators, 9(1), 83–106.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1875
Article Metrics
Abstract view : 698 timesPDF – 650 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hartono , Mudhar, Muwakhidah, Cindy Asli Pravesti, Elia Firda Mufidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.