PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA SMA HARAPAN 1 MEDAN MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R
Abstract
Pemahaman teks berbahasa Inggris merupakan satu kompetensi yang diperlukan untuk menguasai materi teks yang diajarkan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman teks bacaan berbahasa Inggris menerapkan metode SQ3R. Sasaran kegiatan ini adalah siswa SMA Harapan 1 Medan. Metode pelaksanan kegiatan dilakukan melalui penyampaian materi mengenai cara penerapan metode SQ3R dan pengerjaan latihan soal tes pemahaman bacaan berbahasa Inggris. Hasil kegiatan mengindikasikan bahwa adanya peningkatan pengetahuan siswa mengenai cara menerapkan metode SQ3R yang berdampak pada peningkatan kemampuan pemahaman siswa melalui angket dan hasil tes. Hasil angket menunjukkan bahwa 90% siswa telah memahami cara menerapkan metode SQ3R yang berdampak pada peningkatan kemampuan pemahaman siswa. Hasil tes siswa menunjukkan nilai rata rata kemampuan pemahaman siswa memperoleh 80 poin. Dari hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode SQ3R mampu meningkatkan pemahaman siswa SMA Harapan 1 Medan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artis, A. B. (2008). Improving marketing students’ reading comprehension with the SQ3R method. Journal of Marketing Education, 30(2), 130–137. https://doi.org/10.1177/0273475308318070
Aziz, I. N. (2020). Implementation of SQ3R Method in Improving the Students’ Basic Reading Skill. EDUCATIO, Journal of Education, 5(1), 97–106. https://doi.org/https://doi.org/10.29138/educatio.v4i1.179
Ekawati, Y. N. (2017). Peningkatan Kemampuan Mendengarkan (Listening) Mahasiswa Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran “Project-Based Learning†Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(2), 135–143. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i2.846
Himmah, E. F., Yuliarti, Y., Elmayantie, C., & Rusdiana, L. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru Smk Negeri-1 Palangka Raya Melalui Bimbingan Penelitian Tindakan Kelas. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 155–161. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.883
Juliana. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA SMA HARAPAN 3 DELITUA DENGAN METODE CONTEXT CLUES. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.3799
Juliana, J., & Aminiarsih, D. S. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman Siswa SMA Nurul Hasanah terhadap Tes Berbahasa Inggris Toefl. Jurnal SOLMA, 9(1), 143–155. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4877
Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 PAREPARE. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616
Nasution, S., Zulkarnain, M., & Suhariyanti, S. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN STRATEGI “CHORAL READING†MELALUI POWERPOINT DALAM TEKS EKONOMI PADA SISWA/I SMK NEGERI 2 MEDAN. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 52–55. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i1.529
Soma, R., Mukminin, A., & Noprival, N. (2015). Toward a Better Preparation of Student Teachers’ Reading Skill: The SQ3R Strategy with Authentic and Simplified Texts on Reading Literacy and Vocabulary Mastery. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9(2), 125–134. https://doi.org/10.11591/edulearn.v9i2.1527
Suherman, Rahmadani, N. A., Vidákovich, T., Mujib, Fitria, N., Sari Putri, N. I., Addarojat, M. R., & Priadi, M. (2021). SQ3R method assisted by ethnomathematics-oriented student worksheet: The impact of mathematical concepts understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012059. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012059
Sukaton, O. (2019). Semantics in Natural Language Processing and Language Teaching. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 2(1), 58–65. https://doi.org/10.34050/els-jish.v2i1.6008
Zhang, G., Cheng, Z., Huang, T., He, A., & Koyama, A. (2003). A Distance Learning Support System Based on Effective Study Method SQ3R(Special Issue on High Speed Networks and Multimedia Applications). IPSJ Journal, 44(3), 709–721.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1870
Article Metrics
Abstract view : 379 timesPDF – 304 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Juliana Juliana, Dwi Suci Amaniarsih & Erni Darmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.