MENINGKATKAN CITRA BUAH KESEMEK MENJADI BUAH LAYAK SUPERMARKET

Peter R Y Pasla, Stefanus Y M Taneo, Chatif Kunjaya, Soetam Rizky Wicaksono

Abstract


Buah kesemek memiliki kandungan gizi yang tinggi serta kaya akan vitamin dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan.  Rasa buah kesemek yang matang sebenarnya manis sekali, lebih manis dari apel, namun buah ini getahnya terasa lengket dan sangat mengganggu di mulut. Untuk menetralkan getah kesemek, para petani memeramnya di dalam air kapur selama beberapa hari. Ketika diangkat dari air kapur, sisa kapur mengering di kulit buah membuat kesemek nampak seperti dilapisi bedak putih. Karena bedaknya itu, kesemek terkesan kotor sehingga dijual dengan harga murah di pasar tradisional.   Program ini bertujuan meningkatkan citra buah kesemek menjadi buah layak supermarket dengan cara menghapuskan kesan kotor buah kesemek karena penggunaan kapur.  Dengan menggunakan gas CO2 sebagai ganti air kapur dihasilkan buah kesemek yang bersih, higienis dan layak dipasarkan di super-market dengan harga yang bersaing dengan harga buah-buahan modern lainnya.   Buah kesemek diuji-pasarkan di tiga supermarket yang berbeda dengan perlakuan yang berbeda dengan harga 2 kali lipat harga kesemek yang dijual di pasar tradisional.  Di supermarket pertama buah kesemek dijual dengan menyediakan gerai khusus dengan dilayani langsung oleh tim  yang aktif mempromosikan buah kesemek tersebut kepada pengunjung super-market menggunakan brosur dan personal selling.  Di supermarket kedua, buah kesemek dijual tanpa perlakuan khusus dan diletakkan bercampur dengan buah-buah lain di lokasi penjualan buah tanpa upaya promosi namun tetap ditempatkan beberapa anggota tim untuk melayani pengunjung.   Di supermarket ketiga buah kesemek dijual tanpa didampingi tim dan upaya promosi.   Hasilnya adalah di supermarket pertama dalam jangka 1 minggu buah kesemek sebanyak 100 Kg terjual habis. Di supermarket kedua buah kesemek sebanyak 50 Kg selama 1 minggu terjual 30 Kg.  Di supermarket ketiga buah kesemek sebanyak 10 Kg tidak dapat terjual.

Kata Kunci: Kesemek, Kapur, Gas CO2, supermarket


Keywords


Air kapur, Kesemek, CO2, Supermarket

Full Text:

PDF

References


Daulay, M. I., Daulay, N., & Gultom, T. (2018). KARAKTERISASI MORFOLOGIKESEMEK (Diospyros kaki L.) DI KABUPATEN KARO SUMATERA UTARA. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 1–9.

DIREKTORAT JENDERAL INDUSTRI AGRO DAN KIMIA. (2009). ROADMAP INDUSTRI PENGOLAHAN BUAH.

Ishaq, I., & Noch, M. (2006). Buah Kesemek: Potensi Sumberdaya Genetik Kabupaten Garut Jawa Barat. Prosiding Lokakarya Nasional Pengelolaan Dan Perlindungan Sumber Daya Genetik Di Indonesia, 109.

Pitojo, S., & Puspita, H. N. (2007). Kesemek. Kanisius.

Rauf, R. F., Purwanto, Y. A., & , S. (2017). Perlakuan Pascapanen Buah Kesemek Reundeu (Diosphyros kaki L.) Menggunakan Gas Karbon Dioksida. Comm. Horticulturae Journal, 1(1), 14. https://doi.org/10.29244/chj.1.1.14-19

Ridwan, H., & Ishaq, I. (2005). 94 Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Vol. 8, No.1, Maret 2005 : 94-110 KAJIAN SISTEM USAHATANI BUAH KESEMEK (Diosphyros kaki L.f) DAN PERMASALAHANNYA DI KABUPATEN GARUT ± JAWA BARAT. Jurnal Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 8(1), 94–110.

Rozana, R., & Tantalu, L. (2019). PRODUKSI KESEMEK NON-ASTRIGENSI DENGAN PERLAKUAN HOT WATER TREATMENT DAN APLIKASI KOH. Journal of Food Technology and Agroindustry, 1(1), 26–35. https://doi.org/10.24929/jfta.v1i1.688

Sobarna, D. S. (2018). PEMANFAATAN TANAMAN KESEMEK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA CIJAMBU TANJUNGSARI SUMEDANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1017–1020.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1605

Article Metrics

Abstract view : 752 times
PDF – 286 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Peter R Y Pasla, Stefanus Y M Taneo, Chatif Kunjaya, Soetam Rizky Wicaksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.