PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS BAGI GURU SD IT TAMAN CAHAYA SIANTAR
Abstract
Intrumen penilaian pembelajaran yang berkualitas merupakan alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa. Pelatihan penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru SD IT Taman Cahaya Siantar dalam menyusun instrumen penilaian berbasis HOTS. Kegiatan Pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh para guru dikarenakan masih rendahnya kompetensi guru dalam mendesain instrument penilaian sesuai standar kurikulum. Melalui kegiatan ini para guru diberikan wawasan sekaligus kemampuan secara teknis dalam menyusun instrumen penilaian. Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi lima bagian, yaitu kegiatan pre-test, eksplorasi, elaborasi, konfirmasi dan post-test. Pada tahap pre-test para peserta mengerjakan soal yang berkaitan dengan penilaian berbasis HOTS, pada tahap eksplorasi narasumber melalukan brainstorming kepada peserta yang berkaitan dengan penilaian berbasis HOTS. Setelah melakukan brainstorming narasumber melakukan kegiatan elaborasi, yaitu penjelasan materi tentang penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS. Pada tahap konfirmasi, peserta pelatihan diarahkan untuk membentuk kelompok dan melakukan diskusi dalam menyusun instrumen penilaian berbasis HOTS. Tahap selanjutnya perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelompok lainnya. Pada tahap post-test peserta mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi pelatihan dengan hasil terdapat peningkatan nilai post-test dengan nilai peningkatan 59,52% dimana hasil rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 74,60 dari nilai rata-rata pre-test 44,40 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pelatihan ini secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan guru SD IT Taman Cahaya Siantar dalam mendesain instrumen penilaian berbasis HOTS
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chen, C.-H., & Tzeng, G.-H. (2011). Creating the aspired intelligent assessment systems for teaching materials. Expert Systems with Applications, 38(10), 12168–12179. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2011.03.050
Ghiani, G., Manni, E., & Romano, A. (2017). Training offer selection and course timetabling for remedial education. Computers & Industrial Engineering, 111, 282–288. https://doi.org/10.1016/j.cie.2017.07.034
Gregory, S. (2011). Assessment of Higher Order Thinking Skills. Current Perspectives on Cognition, Learning and Instruction (D. H. Robinson (ed.)). Information Age Publishing, Inc. https://eric.ed.gov/?id=ED527631
Kantar, L. D. (2014). Assessment and instruction to promote higher order thinking in nursing students. Nurse Education Today, 34(5), 789–794. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.08.013
Narayanan, S., & Adithan, M. (2015). Analysis Of Question Papers In Engineering Courses With Respect To Hots (Higher Order Thinking Skills). American Journal of Engineering Education (AJEE), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.19030/ajee.v6i1.9247
Nurhiyanti, R. P., & Christiana, E. (2013). Pengaruh Tingkat Keharonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Siswa Di SMA. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1(1).
Pratiwi, P. H. (2017). PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH PENILAIAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123
Razak, M., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Efektifitas Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Negeri 4 Watampone. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 58–73. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/sainsmat5130502016
Safi’i, I., & Amar, F. (2019). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berstandar HOTS bagi Guru-Guru SD di Wilayah Banyudono. Abdimas Dewantara, 2(2), 149–157.
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Smiles Indonesia Instutite.
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku penilaian berorientasi higher order thinking skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/15158/1/Buku Penilaian HOTS.pdf
Sulaiman, T., Muniyan, V., Madhvan, D., Hasan, R., Syrene, S., & Rahim, A. (2017). Implementation of Higher Order Thinking Skills in Teaching Of Science: A Case Study in Malaysia. International Research Journal of Education and Sciences, 1(1), 1–3. https://www.masree.info/wp-content/uploads/2019/11/Implementation-of-Higher-Order-Thinking-Skills-in-Teaching-of-Science.pdf
Supriyadi. (2013). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. UNG Press. file:///C:/Users/User/Downloads/Evaluasi-Pembelajaran-Bahasa-Indonesia.pdf
Syafa’ah, H. K., & Handayani, L. (2015). PENGEMBANGAN METACOGNITIVE SELF ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR EVALUASI DALAM MEMBACA TEKS SAINS BERBAHASA INGGRIS. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v4i1.4742
Tarhan, S., Bacanlı, H., Dombaycı, M. A., & Demir, M. (2011). Quadruple Thinking: Hopeful Thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 12, 568–576. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.02.069
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1225
Article Metrics
Abstract view : 1080 timesPDF – 674 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dian Armanto, Edi Suprayetno, Kurniawan Sinaga, Abdi Sugiarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.