PENGENALAN HURUF KANJI DASAR DENGAN MEDIA ILUSTRASI DI SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN
Abstract
Setiap tahunnya, siswa SMA yang menjadi peserta test kemampuan Bahasa Jepang terus bertambah. Namun banyak juga peserta yang gagal karena tidak bisa membaca kanji pada soal test kemampuan tersebut. Dengan Media ilustrasi diharapkan siswa dapat mengenal huruf kanji dasar dalam bahasa Jepang yang akan di ujikan pada test kemampuan Bahasa Jepang JLPT N5. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, tim pengabdi UNHAR akan memberikan pengenalan huruf kanji dasar dengan media ilustrasi di sma swasta dharmawangsa medan. Dari hasil kegiatan pengabdian diperoleh bahwa respon siswa terhadap pembelajaran pengenalan kanji dasar dengan media ilustrasi sangat positif dan memperoleh hasil yang maksimal. Kegitan ini mampu menjembatani siswa dalam belajar kanji dengan lebih mudah dan menyenangkan, melalui penyajian layout gambar yang menarik serta penyajian asosiasi yang mudah dipahami untuk siswa. Pada saat kegiatan diperlukan ice breaking agar siswa-siswa tidak bosan. Kemudian permainan sederhana juga dapat dilakukan sebagai latihan mengingat materi yang telah disampaikan. Siswa menjadi lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang terutama menghafal huruf kanji.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Firmansyah, D. B., & Rahmawati, R. S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA AJAR BERBASIS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN KANJI. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 3(1), 1. https://doi.org/10.17509/japanedu.v3i1.11239
Kusgunarti, C. P. (2016). Pembelajaran Kanji Dasar Di Sma Dengan Menggunakan Asosiasi Media Gambar [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/25764/
Mauludin, P. (2017). Pembelajaran Shoukei Moji Dan Shiji Moji Tingkat Dasar Melalui Media Gambar Ilustrasi Dan Cerita [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/1172/
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). CV. Alfabeta.
Tocharman, M., Zakarias, S., Soetejo, & Sobandi, B. (2006). Pendidikan Seni Rupa. UPI Press.
Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Raja Grafindo Persada.
Wahidati, L., & Rahmawati, D. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Kesulitan yang Dihadapi Saat Menempuh JLPT: Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 3(1), 41. https://doi.org/10.22146/jla.55862
Widoyoko, S. E. P., & Qudsy, S. Z. (2009). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Belajar.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1082
Article Metrics
Abstract view : 669 timesPDF – 561 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Alvy Mawaddah, Analisa Sonaria Hasibuan, Azmil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.