PENGENALAN HURUF KANJI DASAR DENGAN MEDIA ILUSTRASI DI SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN

Alvy Mawaddah, Analisa Sonaria Hasibuan, Azmil Azmil

Abstract


Setiap tahunnya, siswa SMA yang menjadi peserta test kemampuan Bahasa Jepang terus bertambah. Namun banyak juga peserta yang gagal karena tidak bisa membaca kanji pada soal test kemampuan tersebut. Dengan Media ilustrasi diharapkan siswa dapat mengenal huruf kanji dasar dalam bahasa Jepang yang akan di ujikan pada test kemampuan Bahasa Jepang JLPT N5. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, tim pengabdi UNHAR akan memberikan pengenalan huruf kanji dasar dengan media ilustrasi di sma swasta dharmawangsa medan. Dari hasil kegiatan pengabdian diperoleh bahwa respon siswa terhadap pembelajaran pengenalan kanji dasar dengan media ilustrasi sangat positif dan memperoleh hasil yang maksimal. Kegitan ini mampu menjembatani siswa dalam belajar kanji dengan lebih mudah dan menyenangkan, melalui penyajian layout gambar yang menarik serta penyajian asosiasi yang mudah dipahami untuk siswa. Pada saat kegiatan diperlukan ice breaking agar siswa-siswa tidak bosan. Kemudian permainan sederhana juga dapat dilakukan sebagai latihan mengingat materi yang telah disampaikan. Siswa menjadi lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang terutama menghafal huruf kanji.

 


Keywords


Bahasa Jepang, Huruf Kanji, Ilustrasi

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, D. B., & Rahmawati, R. S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA AJAR BERBASIS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN KANJI. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 3(1), 1. https://doi.org/10.17509/japanedu.v3i1.11239

Kusgunarti, C. P. (2016). Pembelajaran Kanji Dasar Di Sma Dengan Menggunakan Asosiasi Media Gambar [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/25764/

Mauludin, P. (2017). Pembelajaran Shoukei Moji Dan Shiji Moji Tingkat Dasar Melalui Media Gambar Ilustrasi Dan Cerita [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/1172/

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). CV. Alfabeta.

Tocharman, M., Zakarias, S., Soetejo, & Sobandi, B. (2006). Pendidikan Seni Rupa. UPI Press.

Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Raja Grafindo Persada.

Wahidati, L., & Rahmawati, D. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Kesulitan yang Dihadapi Saat Menempuh JLPT: Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 3(1), 41. https://doi.org/10.22146/jla.55862

Widoyoko, S. E. P., & Qudsy, S. Z. (2009). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1082

Article Metrics

Abstract view : 503 times
PDF – 487 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alvy Mawaddah, Analisa Sonaria Hasibuan, Azmil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.