STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19 OLEH PKK KELURAHAN SEI SIKAMBING D
Abstract
Organisasi PKK Kelurahan Sei Sikambing D memiliki lebih kurang 20 anggota pelaku usaha diberbagai bidang seperti kuliner, salon, konter pulsa, jajanan anak-anak, produk keterampilan yang semua itu dilakukan oleh kaum ibu rumah tangga dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan membantu pendapatan dalam keluarga yang belakangan mengalami kendala karena kondisi pandemi covid-19. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan dengan metode penyuluhan dalam bentuk pelatihan dan diskusi terhadap mitra, pembekalan pemanfaatan media digital blogspot sebagai strategi pengembangan usaha dimasa pandemi Covid-19 dirasa lebih efektif dan efisien. Hal ini terlihat dari bertambahnya variasi produk sesuai perkembangan sebagai inovasi terbaru dengan tetap memanfaatkan bahan lokal yang tersedia disekitar mitra, pembukaan gerai baru skala kecil sebagai sampingan usaha lama dan mahir memanfaatkan media digital blogspot dengan konten-konten unik menarik perhatian konsumen yang menjadi tolok ukur keberhasilan kegiatan PkM ini
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfarisi, A., & Noviyanti, I. N. (2015). KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE. Prosiding Hubungan Masyarakat SPESIA, 7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.154
Ariyanto, D. (2009). Blogspot Hacking: Modifikasi Blogspot dan Aksesoriesnya. CV. Andi Offset.
Baker, T., & Judge, K. (2020). How to Help Small Businesses Survive COVID-19. In LAW IN THE TIME OF COVID-19 (Vol. 620).
BPS. (2020). KECAMATAN MEDAN DENAI DALAM ANGKA 2020.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education Limited.
OECD. (2020). Coronavirus (COVID-19): SME policy responses (p. 169). OECD. https://www.oecd.org/coronavirus/policy-responses/coronavirus-covid-19-sme-policy-responses-04440101/
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat. Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471/5830
Yulia, L., & Rudiana, I. F. (2019). SOSIALISASI MANAJEMEN MARKETING ONLINE MENGGUNAKAN BLOG PADA UMKM JASA PENJAHIT BAJU DI PASAR PADAYUNGAN KOTA TASIKMALAYA. Abdimas Galuh, 1(1), 16. https://doi.org/10.25157/ag.v1i1.2877
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1080
Article Metrics
Abstract view : 1388 timesPDF – 580 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ngatno Sahputra, Budi Antoro & Zulham
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.