PROFIL KEMAMPUAN KETRAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA MADRASAH ALIYAH AL-FIRDAUS SAMARINDA SETELAH PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT UKUR
Abstract
Keterampilan proses sains dikembangkan dengan tujuan untuk melatih kreativitas siswa agar dapat berpikir dan menemukan konsep secara mandiri, terampil dan ilmiah dalam memecahkan berbagai masalah. Penerapan keterampilan proses sains dasar adalah upaya untuk mengurangi kesulitan belajar khususnya di bidang sains dengan menggunakan praktikum dalam menggunakan alat ukur. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Madrasah Aliyah (MA) Al-Firdaus Samarinda dengan tujuan sebagai sumbangsih ilmu pengetahuan terhadap peningkatan kualitas pendidikan masyarakat. Selain itu untuk melatih siswa menggunakan alat ukur sebagai penerapan keterampilan proses sains dasar. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 siswa, dimulai dengan presentasi, kemudian tim memberikan pendampingan kepada siswa untuk melakukan pengukuran dan pengisian LKS yang telah disediakan, kemudian diberikan angket. Respon siswa menyatakan bahwa materi pelatihan menambah pengetahuan, mudah dipahami dan diterapkan dengan persentase 84,64% dengan kriteria baik. Respon siswa terhadap pelatih dari tim Pengabdian Masyarakat adalah pelatih yang memberikan perhatian, pendampingan dan mempresentasikan materi dengan baik dengan persentase 86,21 dengan kriteria baik. Hasil evaluasi siswa menunjukkan nilai rata-rata 75,2% dengan kriteria cukup baik. Hal tersebut menjadi indikator ketercapaian pada kegiatan pengabdian ini dalam kemampuan penggunaan alat ukur
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). KESULITAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA SISWA SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p44-50
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.
Juhji. (2017). Pembelajaran Sains Pada Anak RAUDHATUL ATHFAL. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–59. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/192
Karamustafaoğlu, S. (2011). Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. International Journal of Physics & Chemistry Education, 3(1), 26–38. https://doi.org/10.51724/ijpce.v3i1.99
Lepiyanto, A. (2017). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Marnita. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Mahasiswa Semester I Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2579
Murdoko, E., Akhlis, I., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Media Ajar Alat Ukur Panjang Mikrometer Sekrup dan Jangka Sorong untuk Siswa SMA dengan perangkat Lunak Construct 2. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 73–79. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19265
Prilianti, R. (2014). Keterampilan Proses Sebagai Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPA. Balai Diklat Keagamaan.
Sayekti, I. C. (2012). Pembelajaran Ipamenggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Analisis dan Sikap Ilmiah Siswa (Pembelajaran IPA Materi Pembelajaran Bunyi Kelas VIII Semester II di SMP N 14 Surakarta Tahun Pel. Universitas Sebelas Maret.
Siregar, H. T. (2017). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 101823 BEKALA. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 7(1), 18–34. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6833
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sunardi, P, P. R., & Darmawan, A. B. (2013). BUKU GURU FISIKA SMA/MA KELAS X. Yrama Widya.
Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan Keterampilan Sains dan implementasinya dlm pembelajaran IPA. Badan Penerbit UNM.
Tipler, P. A. (1991). Fisika untuk Sains dan Teknik (J. Sutrisno (ed.); 3rd ed.). Erlangga.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (1st ed.). Bumi Aksara.
Warianto. (2011). Keterampilan Proses Sains. Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1068
Article Metrics
Abstract view : 2104 timesPDF – 1830 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Santi Yatnikasari, Muhammad Noor Asnan, Isnaini Zulkarnain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.