PERANCANGAN FITUR PERINGATAN PENGEMBALIAN BUKU DALAM APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID

Josep Febrian Situmorang, Ria Eka Sari, M.Kom

Abstract


Abstrak— Perpustakaan merupakan ruangan yang berisi kumpulan koleksi buku yang diklasifikasikan agar pengunjung mudah mencari buku yang diinginkan yang dimana masih mengalami kesulitan dalam mengelola data peminjaman dan pengembalian buku karena masih menggunakan sistem konvensional, yaitu pencatatan manual pada buku besar perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem perpustakaan berbasis Android yang dilengkapi fitur peringatan pengembalian buku. Perancangan sistem menggunakan diagram UML seperti Use Case dan Activity Diagram untuk memodelkan proses bisnis aplikasi. Sistem dibangun dengan bahasa pemrograman Kotlin dan basis data Firebase Realtime Database. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dapat mempermudah sekolah dalam mengelola data peminjaman dan pengembalian buku serta memberikan notifikasi pengingat bagi pengguna.


Kata Kunci: Perpustakaan, Peminjaman Buku, Pengembalian Buku, Android, Firebase Realtime Database.

 

Abstract—A library is a facility containing a collection of books organized and classified to make it easier for users to find the materials they need still faces difficulties in managing book borrowing and returning data because the process is conducted manually using a ledger. This study aims to design an Android-based library application equipped with a book return reminder feature. The system design applies Unified Modeling Language (UML) diagrams such as Use Case and Activity Diagrams to model the system workflow. The application was developed using the Kotlin programming language and the Firebase Realtime Database. The results of the research show that the application can facilitate the management of borrowing and returning data and provides reminder notifications for users. This system helps the school improve efficiency, accuracy, and the effectiveness of library management.


Keywords: Library, Borrowing, Returning, Android, Firebase Realtime Database.


Full Text:

PDF

References


Cecep Abdul Cholik. (2021). Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Noer Azni Septiani & Retno Wati. (2021). Peminjaman dan Pengembalian Buku Perpustakaan dengan Metode Rapid Application Development pada SMA Nusantara 1 Tangerang.

Ismail Mohidin & Saiful Bahri Musa. (2022). Penerapan Teknologi Rest API pada Aplikasi Perpustakaan Digital Politeknik Gorontalo.

Rahmat Gunawan, dkk. (2021). Rancang Bangun Sistem Presensi Mahasiswa dengan QR Code Berbasis Android.

Ria Parina, dkk. (2022). Aplikasi Chatbot sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android.

Yudhistira Primatama, dkk. (2021). Aplikasi Pencarian Orang Hilang Menggunakan Pemindai Wajah Berbasis Android.

Wawan Syahputra & Nurdin. (2024). Perpustakaan sebagai Sumber Belajar dalam Dunia Pendidikan.

Janiver W. Janis. (2020). Unified Modeling Language (UML) untuk Pengembangan Sistem Informasi.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v6i2.7888

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.