PENERAPAN METODE MDLC PADA PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTI IPA MATERI IKLIM, CUACA DAN MUSIM

Riyan Abdul Aziz

Abstract


Salah satu materi yang menjadi pondasi dasar dalam siswa memahami tentang lingkungan adalah pengetahuan iklim, cuaca dan musim dalam mata pelajaran IPA.  Pengetahuan tentang iklim, cuaca dan musim bisa didapatkan ketika media pembelajaran yang digunakan tepat dan sesuai. Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mendapatkan pengetahuan tentang iklim, cuaca dan musim. Penelitian ini menggunakan metode multimedia development life cycle (mdlc) dalam mengembangkan aplikasi media pembelajaran interaktif. Hasilnya media pembelajaran interaktif telah berhasil dibuat dengan memberikan beberapa fitur diantaranya fitur materi, fitur latihan soal dan fitur quiz. Hasil pengujian menggunakan blackbox testing didapatkan seluruh fitur yang terdapat didalam aplikasi media pembelajaran interaktif dapat berjalan dengan normal dan sesuai. Hasil distribusi di perangkat tablet, handphone, laptop dan komputer pc menunjukan aplikasi dapat dioperasikan dan berjalan dengan normal.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, mdlc, iklim, cuaca, musim

 

ABSTRACT

One of the materials that is the basic foundation for students to understand the environment is knowledge of climate, weather, and seasons in science subjects. Knowledge about climate, weather, and seasons can be obtained when the learning media is appropriate. Interactive learning media is one solution that can be used to gain knowledge about climate, weather, and seasons. This study uses the multimedia development life cycle (MDLC) method in developing interactive learning media applications. The results of interactive learning media have been successfully created by providing several features including material features, practice question features, and quiz features. The testing results using black box testing showed that all the features contained in the interactive learning media application could run normally and appropriately. The distribution results on tablet devices, mobile phones, laptops, and PCs show that the application can run normally.

Keywords: interactive learning media, mdlc, climate, weather, seasons


References


M. S. Ummah, “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi,” Sustain., vol. 11, no. 1, pp. 1–14, 2019, [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

E. Wulandari, I. Annidya Putri, and Y. Napizah, “Multimedia Interaktif sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi,” J. Tonggak Pendidik. Dasar J. Kaji. Teor. dan Has. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 102–108, 2022, doi: 10.22437/jtpd.v1i2.22834.

E. Sawitri, M. S. Astiti, and Y. Fitriani, “Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI Palembang, pp. 202–213, 2019.

M. F. Al Hakim and A. Azis, “Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19,” Riwayat Educ. J. Hist. Humanit., vol. 4, no. 1, pp. 16–25, 2021, doi: 10.24815/jr.v4i1.19677.

A. A. Susilo, “Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran,” J. Komun. Pendidik., vol. 4, no. 2, p. 79, 2020, doi: 10.32585/jkp.v4i2.649.

R. Nasrianti, “Penerapan Model Inquiry dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Telekomunikasi Pekanbaru,” Edusiana J. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 1, 2023, [Online]. Available: https://publikasi.abidan.org/index.php/edusiana/article/view/13%0Ahttps://publikasi.abidan.org/index.php/edusiana/article/download/13/47

Y. Adhan and R. A. Aziz, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Tata Surya Bagi Siswa tingkat Sekolah Dasar Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Surakarta,” no. November 2023, pp. 386–399, 2023.

A. T. E. Sasongko, W. Wijaya, and R. A. Aziz, “Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar,” Intechno J. (Information Technol. Journal), vol. 6, no. 1, pp. 19–26, 2024, doi: 10.24076/intechnojournal.2024v6i1.1691.

Angga Permana Putra, Riyan Abdul Aziz, and Febrianta Surya Nugraha, “Designing Dance Learning Videos using 2D Animation and Live Action Techniques for Elementary Schools,” Formosa J. Appl. Sci., vol. 2, no. 8, pp. 1915–1926, 2023, doi: 10.55927/fjas.v2i8.5505.

Eko Nor Cholis and Riyan Abdul Aziz, “Pembuatan Media Interakitf Mengenai Analogi Tubuh Manusia menggunakan Adobe Animate 2022,” J. Penelit. Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 234–245, 2024, doi: 10.54066/jpsi.v2i3.2362.

Ponco Purnaning Raharjo, Riyan Abdul Aziz, and Hadis Turmudi, “Perancangan Media Pembelajaran Taat Berlalu Lintas Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” J. Penelit. Sist. Inf., vol. 1, no. 4, pp. 181–191, 2023, doi: 10.54066/jpsi.v1i4.1135.

A. N. Hidayati, R. Y. Hakkun, and H. Sa’dyah, “Let ’ S Play Mandarin : Media Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Sekolah,” J. IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 1, no. 2, pp. 45–52, 2017, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/226326-lets-play-mandarin-media-interaktif-untu-4e9c5a0c.pdf

N. F. Fidhyallah, S. Febriantina, and ..., “Pengembangan Masyarakat: Merancang Media Pembelajaran yang Efektif dan Efisien Bagi Guru di Masa Pandemi Covid-19,” … J. Ilm. …, vol. 6, no. 5, pp. 509–517, 2021, [Online]. Available: http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/pengabdianmu/article/view/2051

Handoko Fiadi Prayitno, Riyan Abdul Aziz, and Hadis Turmudi, “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD/MI,” J. Penelit. Sist. Inf., vol. 1, no. 4, pp. 01–11, 2023, doi: 10.54066/jpsi.v1i4.853.

S. Rahmatunnisa, M. Bahfen, and S. P. Banowati, “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Mata Pelajaran IPA Materi ‘Iklim, Musim, dan Cuaca,’” J. Sinestesia, vol. 13, no. 1, pp. 93–104, 2023, [Online]. Available: https://www.sinestesia.pustaka.my.id/index.php/journal/article/view/299

Susilowatiningsih, Arfilia Wijayanti, and Joko Sulianto, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Wordwall Di Kelas Iii Sdn Wonotingal,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 2, pp. 5211–5233, 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i2.1159.

A. Budiarta, “Pengembangan Multimedia Interaktif Cuaca, Iklim, Dan Musim (Cim) Untuk Siswa Kelas Iii Di Sd Muhammadiyah Purwodiningratan 2,” E-Jurnal Skripsi Progr. Stud. Teknol. …, vol. 86, no. Cim, 2020, [Online]. Available: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/17531

M. Yulianto and D. A. P. Putri, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 20, no. 2, pp. 128–133, 2020, doi: 10.23917/emitor.v20i02.9088.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v5i2.5406

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.