PERANCANGAN APLIKASI MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT BERBASIS WEB PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MEDAN

Amira Anindya Putri, Yahfizham Yahfizham

Abstract


Pemerintah, terutama di tingkat daerah, dihadapkan pada tantangan untuk membangun aparatur yang profesional dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat dalam era globalisasi ini. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan penerapan sistem manajemen proyek yang efektif dalam administrasi publik. Dalam konteks dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu kota medan, manajemen yang efektif juga melibatkan pengelolaan sumber daya manusia yang kompeten dan terlatih, pengembangan sistem layanan yang responsif dan terkini, serta penggunaan teknologi informasi yang canggih untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan. Selain itu, penting juga untuk membangun mekanisme evaluasi dan umpan balik dari masyarakat melalui survei kepuasan secara teratur, sehingga pemerintah dapat merespons kebutuhan dan harapan masyarakat dengan lebih baik. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk memahami secara mendalam fenomena yang kompleks terkait dengan pelayanan publik. Metode pengembangan sistem yang diterapkan, seperti metode waterfall, akan membantu dalam merancang, mengimplementasikan, dan memelihara sistem informasi tersebut secara terstruktur dan efisien. Tahap desain sistem menjelaskan secara rinci langkah-langkah pembangunan sistem. Use case diagram dan activity diagram digunakan sebagai model untuk memahami kebutuhan pengguna dan menggambarkan aliran aktivitas dalam sistem. Dengan demikian, pemerintah dapat lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan serta kepuasan publik terhadap layanan yang disediakan.


References


Ayuni, D. et al. (2021) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Berbasis Web (Studi Kasus: Kantor Kecamatan Rajeg)’, 5(1), P. 1.

Damayanti, L.D., Suwena, K.R. and Haris, I.A. (2019) ‘Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng’, 11(1), P. 21.

Darma, R., Yusron, R. and Huda, M. (2021) Analisis Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Model Waterfall Dalam Peningkatan Inovasi Teknologi Analysis of Library Information System Design Using the Waterfall Model in Improving Technological Innovation.

Ginting, L.M., Susanti, E. and Sumaryana, A. (2019) ‘Implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Non-Perizinan Di Ukur Dari Kepuasan Masyarakat Dengan Menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat’, 1(2), P. 45.

Haryati, T. et al. (2021) Penerapan Metode Waterfall Sebagai Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Penjualan PT. Arta Putra Nugraha Karawang, Jurnal Sistem Informasi dan Informatika.

Irnawati, O. and Darwati, I. (2020) ‘Penerapan Model Waterfall Dalam Analisis Perancangan Sistem Informasi Inventarisasi Berbasis Web’, 6(2), Pp. 109–116.

Kamal, M.S. and Agus Herlambang, B. (2022) Sistem Indeks Kepuasan Masyarakat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Berbasis Web, Science And Engineering National Seminar.

Sokibi, P. and Bahiyah, N. (2018) ‘Perancangan Sistem Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)’, 3(1), pp. 17–35.

Wirayuda, A.R. and Ernawati, I. (2022) ‘Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Desa Karang Tengah Kabupaten Tanggerang Berbasis Web’, pp. 185–194.

T. Bayu Kurniawan(2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Pada Cafetaria No Caffe Di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemograman. Jurnal TIKAR Volume 1. No. 2

Ilka Zufria, M.Kom (2022), Analisis dan Perancangan sistem informasi,IKAPI, Hlm.60

Suendri, M.Kom (2020). Buku Ajar Pemograman Berbasis WEB. Cv. Media sains Indonesia, hlm.1

Nuraida W, Rizki A , Akbar G (2020) Perancangan Sistem Informasi Basis Data Inventaris Barang Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall,Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 102-115

Rahman, M. M., & Banik, D. (2020). "Software Testing Techniques: A Comprehensive Review." International Journal of Computer Applications, 178(10), 25-32.

Sokibi and Bahiyah, (2018)."Pengembangan Sistem Informasi Index Kepuasan Masyarakat Berbasis Web untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik."

Nugroho, A. (2019). Penerapan Sistem Informasi Berbasis Web dalam Pengelolaan Indeks Kepuasan Masyarakat. Jurnal Teknologi Informasi, 10(2), 123-135.

Sari, M. (2020). Efisiensi Manajemen Proyek dengan Sistem Informasi Berbasis Web. Jurnal Manajemen Proyek, 15(3), 78-90.

Wijaya, R. (2021). Desain Antarmuka Pengguna untuk Aplikasi Manajemen Proyek: Studi Kasus Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 12(1), 45-58.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v5i1.4480

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.