SISTEM IRIGASI OTOMATIS DENGAN MENGGUNAKAN ARDUINO UNO DAN TEKNOLOGI IOT (INTERNET OF THINGS)

Rahmad Anugerah Sy Lubis, Abdul Jabbar Lubis, Imran Lubis

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin dewasa mendorong muncul ide-ide untuk menciptakan alat yang mempermudah kegiatan kerja seperti berkebun. Berdasarkan hal tersebut, diciptakan suatu Sistem Irigasi Otomatis. Sistem Irigasi Otomatis adalah suatu sistem alat penyiraman untuk kegiatan berkebun yang tediri dari rangkaian alat dan aplikasi monitoring yang terhubung dengan internet. Sistem ini dibangun untuk memudahkan salah satu kegiatan berkebun yaitu penyiraman tanaman. Sistem dirancang dengan menerapkan teknologi IoT (Internet of Things) sehingga rangkaian alat dan aplikasi monitoring dapat berkomunikasi atau yang disebut komunikasi M2M (Machine to Machine). Pada aplikasi monitoring terdapat opsi pilihan cara kerja rangkaian alat yaitu secara otomatis dan manual. Pada opsi otomatis, rangkaian alat akan bekerja secara otomatis dengan mendeteksi nilai kelembapan, jika nilai kelembapan dibawah nilai yang minimal yang ditentukan dalam program maka penyiraman akan dilakukan sampai nilai kelembapan optimum dicapai. Sedangkan pada opsi manual, rangkaian alat berkerja sesuai input-an perintah pengguna melalui monitoring aplikasi berupa tombol touchscreen on / off.


Full Text:

PDF

References


N. Y. S. Munti and D. A. Syaifuddin, “Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan,†J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1799–1805, 2020.

D. E. A, I. H. Santoso, N. Bogi, and A. Karna, “IoT MENGGUNAKAN TELEGRAM DAN BLYNK DESIGN AND IMPLEMENTATION SMART GARDEN FOR WATERING BASED ON IoT USING TELEGRAM AND BLYNK,†vol. 8, no. 5, pp. 5315–5324, 2021.

U. Telkom, “Terintegrasi Iot Menggunakan Metode Forward Chaining Application Design Expert System Hydroponic Plant Iot Integrated Using Forward Chaining Method.â€

Murdani, I. R. Munthe, and S. Suryadi, “Penerapan Metode Computer Based Instruction (Cbi) Pada Aplikasi Edukasi Herbal,†J. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2020.

R. Umar, S. Sarjimin, A. S. Nugroho, A. Dito, and I. Gunawan, “Perancangan Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Multi User Dengan UML,†J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 204–211, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.204.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v2i2.1684

Article Metrics

Abstract view : 1748 times
PDF – 464 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.