MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE SISWA MTS AL-JIHAD MEDAN

Muhammad Akbar Mukti

Abstract


Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada kelas VIII-2 MTs Al-Jihad Medan Tahun ajaran 2024/2025 tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam pembelajaran tersebut perlulah adanya solusi agar mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti mencoba menggunakan metode reading guide untuk membantu siswa memahami dan lebih mengerti serta lebih memahami informasi lebih cepat dan mempertahankan informasi tersebut. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 MTS Al-Jihad yang berjumlah 40 siswa.Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus diawali dengan siklus pertama dan siklus kedua. Rendahnya nilai yang didapatkan peserta didik, maka perlulah usaha meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran akidah akhlak. Pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran reading guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dari hasil tes akhir siklus I, 24 siswa (60%) lulus dan 16 siswa (40%) belum lulus dengan nilai rata-rata 67, dan setelah dilakukan siklus II terjadi peningkatan menjadi 33 siswa (83%) lulus dan 7 siswa (17%) belum lulus dengan nilai rata-ratanya 80.

Keywords


Hasil Belajar, Model Reading Guide, Pembelajaran.

References


Ahmad Fuadi, M. K. (2020). Pengaruh Strategi Belajar Reading Guide terhadap Daya Baca Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 140. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=+Metode+reading+guide+Pelajaran+akidah+akhlak&btnG=#d=gs_qabs&t=1684747468910&u=%23p%3D6_pKSXgcBBYJ

Ahmad Manshur, Su’udin Aziz, N. Q. (2022). Pengaruh Strategi Reading Guide Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 267. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=+Metode+reading+guide+Pelajaran+akidah+akhlak&btnG=#d=gs_qabs&t=1684745066956&u=%23p%3Dpk4-eMvhhkIJ

Ainun Nisaissholihah, Hafiedh Hasan, R. N. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Guide Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas III MI Nurul Huda Karanganyar Bantarbolang Pemalang. Jurnal Al-Miskawaih, 3(2), 109–120. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/al-miskawaih/article/download/506/365

Arwida Endah Zuhari, Nana Djumhana, E. M. (2018). Penerapan Metode Guide Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Iv Sd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 13. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/download/14064/8133

Boby a. Lompoliuw, romi j. Mongdon, jasin taher. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Reading Guide Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Freire Elementary Education Journal, 1(2), 1–7. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/freire/article/download/6032/3000

Bowo, A. N. A. (2014). Small Group Discussion Berbasis Reading Guide Untuk Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar PKN Siswa MTs. Academy Of Education Journal. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 4–21. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/download/114/352

Fredina Fransiska, Z. E. (2015). Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Xi Ips Man Demak. Journal of Arabic Learning and Teaching, 4(10), 56–60. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/article/download/7634/5295

Gunawan, Lilik Kustiani, L. S. H. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 4(1), 14–22. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/download/4840/2786

Haryadi, M. A. dan. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional dan Reading Guide Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI IIS di MA Unggulan An Nuur Pare Kediri. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 152. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Jurnal+ptk+Metode+reading+guide&btnG=#d=gs_qabs&t=1684749361209&u=%23p%3DkwhM8djTx70J

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran (1st ed.). Aswaja Pressindo.

Heronimus Delu Pingge, M. N. W. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 146–167. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Nur-Wangid/publication/322571756_FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_HASIL_BELAJAR_SISWA_SEKOLAH_DASAR_DI_KECAMATAN_KOTA_TAMBOLAKA/links/5ac2b60da6fdcccda65f82c3/FAKTOR-YANG-MEMPENGARUHI-HASIL-BELAJAR-SISWA-SEKOLAH-DASAR

Icmy Hidayah, Ramadhan Lubis, L. N. K. S. (2022). Analisis Pembelajaran Aktif Reading Guide Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Mis Kesuma LKMD Namorambe. Jurnal Pendidikan, 6(2), 1–20. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/viewFile/14677/6350

Lestari, N. D. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Akuntansi Menggunakan Guided Note Taking Dengan Reading Guide. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 22. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Jurnal+ptk+Metode+reading+guide&btnG=#d=gs_qabs&t=1684750736475&u=%23p%3DShMoHWzWkP8J

Lutfi, K. (2016). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL READING GUIDE BERBASIS PAIKEM BAGI PESERTA DIDIK KELAS II.B SEMESTER DUA TAHUN 2015/2016 DI SD NEGERI MODEL MATARAM. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(2), 78–86. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/download/83/80

N Maryani, M Ichsan, dan K. (2017). Signifikansi Metode Guide Reading Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Teori Membaca Nyaring. Didaktika Tauhidi, 4(2), 128. https://ojs.unida.ac.id/jtdik/article/download/924/pdf

Nor Hamidah, A. S. (2021). Increasing Akidah Akhlak Learning Outcomes Through The Reading Guide Method. Classroom Action Research, 1(1), 31. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Jurnal+ptk+Metode+reading+guide+Pelajaran+akidah+akhlak&btnG=#d=gs_qabs&t=1684744114174&u=%23p%3DFp6uKdaVEPIJ

Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 66. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103/10859

Nurmala, S. (2019). Menerapkan Model Reading Guide Berbasis Paikem Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Vi Sd Negeri 27 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 6(2), 35. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Jurnal+ptk+Metode+reading+guide&btnG=#d=gs_qabs&t=1684748961401&u=%23p%3DQ21hnVRdY_gJ

Nyoman Dewi Astiti, Luh Putu Putrini Mahadewi, I. M. S. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/35688/19618

Romadoni, M. W. (2023). Pengaruh Strategi Reading Guide Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=+Metode+reading+guide+Pelajaran+akidah+akhlak&btnG=#d=gs_qabs&t=1684748238777&u=%23p%3DCYhQF03x3U0J

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662. https://acrobat.adobe.com/link/review?uri=urn:aaid:scds:US:a73fe2b7-8b7e-3990-89e8-9bea1d9aa47b




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v7i2.6998

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Akbar Mukti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.