MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII-1 DI SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Abstract
Â
Abstract: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks teks Berita oleh siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Adapun metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, peneliti menggunakan desain ini dimaksudkan untuk menggambarkan kemampuan teks Berita pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 7 Medan Tahun pembelajaran 2018/2019 ditemukan di lapangan atau tempat penelitian. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. sampel dalam penelitian ini ditetapkan seluruh populasi yakni populasi sebanyak 30 siswa karena seluruh populasi memungkinkan untuk diteliti.Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dalam bentuk essay. Tes dirancang yang ditunjukan kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa kemampuan mengarang teks Berita oleh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019 cukup baik. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian, yaitu siswa yang mendapat nilai 60 ke atas sebanyak 23 orang atau 69 %, sedangkan siswa yang mendapat nilai kurang dari 60 sebanyak 7 orang atau 31%. Nilai rata-rata untuk tes kemampuan mengarang teks Berita adalah 66,7 nilai tertinggi yang didapat siswa untuk tes kemampuan mengarang teks Berita adalah 9 (Sembilan), nilai terendah yang didapat siswa untuk tes kemampuan mengarang teks Berita adalah 4 (Empat). Dapat disimpulkan bahwa bahwa siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019 dianggap mampu membuat karangan teks Berita   dengan baik
Full Text:
PDFReferences
Aminudin, (2009). Pandai Memahami & Menulis Cerita Pendek. Bandung: Pribumi Mekar.
Arikunto, Suharsimi. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekataan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kosasih, E. (2003). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV. Yrama Widya.
Soebachman, Agustina. (2014). 4 Hari Mahir Menulis Artikel, Cerpen, Novel, Skripsi. Yogyakarta: Syura Media Utama.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Rosda.
Suparmin, dkk. (2014). Media Propesional Untuk SMA/MA/SMK Bahasa Indonesia. Surakarta: Mediatama.
Tarigan, Hanry Guntur. (2005). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thahar, Harris Effendi. (2008). Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa.
Widyamartaya, A. (2002). Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Kanisius.
Maryanto, dkk. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v6i1.1179
Article Metrics
Abstract view : 203 timesPDF – 279 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.