Indexing metadata

EKSPLORASI PEMANFAATAN SOCIAL ADVERTISING SEBAGAI MEDIA MARKETING DALAM PROMOSI PRODUK


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document EKSPLORASI PEMANFAATAN SOCIAL ADVERTISING SEBAGAI MEDIA MARKETING DALAM PROMOSI PRODUK
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Imelda Saluza; Universitas Indo Global Mandiri; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Dewi Sartika; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Roswaty Roswaty; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Indah Permatasari; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Media Sosial; Online; Pengetahuan; Keterampilan; Kemadirian Usaha
 
4. Description Abstract

Pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menegah, khususnya kelompok usaha kecil selama pandemi covid-19 mengalami penurunan pendapatan seperti yang telah dinyatakan oleh Kementerian Koperasi di tahun 2020 saat covid-19 berubah menjadi pandemi. Hal ini juga dirasakan oleh kelompok usaha Raja Keripik (RK) selaku mitra kegiatan Program Kemandirian Masyarakat (PKM), dibuktikan dengan turunnya penjualan dikarenakan pemberlakuaan social distancing. Salah satu penyebabnya adalah karena selama ini mitra melakukan promosi hanya mengandalkan promosi mulut ke mulut, penitipan penjualan ke warung-warung terdekat, dan tetangga, hal ini bertolak belakang dengan dampak yang diakibatkan oleh pandemi yang seharusnya mitra telah melakukan pemasaran produk melalui online. Oleh karenanya tim PKM melaksanakan kegiatan workshop yang memanfaatkan social media dan social advertising untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam memasarkan produk. Kegiatan workshop dilakukan 17 Desember 2022 dalam pelaksanaannya melibatkan mitra kegiatan PKM dan juga beberapa kelompok usaha yang berada disekitar mitra yang membutuhkan pengetahuan dan wawasan mengenai kegiatan PKM. Hasil evaluasi yang dilakukan sebelum dan setelah kegiatan workshop diperoleh secara statistik peningkatan respon peserta workshop akan terus menggunakan akun tersebut untuk mempromosikan produk. Selain itu kegiatan ini menghasilkan 10 akun social advertising dari kelompok usaha yang dilibatkan dan akan menggunakan akun tersebut untuk melakukan pemasaran produk usahanya. Berdasarkan hasil observasi setelah kegiatan PKM dilaksanakan, sebanyak 3 akun termasuk mitra keripik RK yang telah melaksanakan proses jual beli menggunakan akun tersebut, harapannya selanjutnya kegiatan ini mampu meningkatkan kemandirian usaha dalam memanfaatkan social media dan menggunakan social advertising sebagai media promosi.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Dharmawangsa
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2023-07-22
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/article/view/3131
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3131
 
11. Source Title; vol., no. (year) Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat; Vol 4, No 2 (2023)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files EKSPLORASI PEMANFAATAN SOCIAL ADVERTISING SEBAGAI MEDIA MARKETING DALAM PROMOSI PRODUK (206KB)
cek similarity (1MB)
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2023 Imelda Saluza, Dewi Sartika, Roswaty, Indah Permatasari
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.