THE SHORT-TERM TRAINING OF CONTENT CREATION AND DIGITAL MARKETING BAGI PELAJAR DI PURWOKERTO

Dani Arifudin, Eka Sulistiyaningsih

Abstract


Perubahan industri sebagai akibat revolusi teknologi informasi ini harus diantisipasi sejak dini. Banyak bermunculan berbagai macam inovasi baru dalam persaingan dunia industri, salah satunya adalah content creation yang kemudian diterapkan dalam dunia bisnis digital marketing. Tujuan dari pengabdian ini adalah Pelatihan di bidang content creation dan Digital marketing bagi SMA/SMK/Sederajat guna mempersiapkan kebutuhan industri saat ini dan beberapa tahun yang akan datang. Metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari proses identifikasi masalah, menentukan sasaran dan tujuan, menentukan metode kegiatan, implementasi dan evaluasi kegiatan. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari pemaparan materi, praktik dan diskusi tanya jawab. Praktik langsung pembuatan konten microblog untuk kebutuhan digitial marketing diikuti oleh peserta dengan menggunakan software CorelDraw. Evaluasi kegiatan pelatihan ini menunjukan rata-rata pemahaman dan kebermanfaatannya bagi peserta terhadap materi content creation dan digital marketing sebesar 72,7%. Dengan demikian kegiatan ini akan memberikan dampak yang efektif dan positif bagi siswa


Keywords


Digital Marketing, Konten, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Beets, L. M. (2018). 2019 B2B Content Marketing Research: It Pays to Put Audience First. Www.Contentmarketinginstitute.Com. https://contentmarketinginstitute.com/2018/10/research-b2b-audience/

Febriani, N., & Fadilah, E. (2019). Penerapan Model MonetisasiContent Creation Pada Vice Indonesia. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(1), 177–197. https://doi.org/10.24198/kj.v3i1.21360

Kueng, L. (2016). Innovators in Digital News (Intro & Chap 1 only). Digital Journalism.

Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital Content Creator Phenomenon In Digital Era. Prosiding Hubungan Masyarakat, 4(2), 438–443. karyailmiah.unisba.ac.id




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.920

Article Metrics

Abstract view : 791 times
PDF – 562 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dani Arifudin dan Eka Sulistiyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.