LITERASI GERAKAN GAYA HIDUP HALAL DI PONDOK PESANTREN AL-JADID KECAMATAN KOPO, KABUPATEN SERANG, BANTEN
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini ialah untuk memberikan literasi atau kampanye terkait Gaya Hidup Halal dengan metode ceramah dan diskusi yang diberikan kepada para santri yang berada dalam lingkungan Yayasan Ponpes Al-Jadid, sedangkan pengukurannya menggunakan riset pre-test dan post-test yang berupa kuesioner. Dikarenakan wabah covid-19 yang melanda Indonesia termasuk lokasi pengabdian ini, maka pengabdian kepada masyarakat dilakukan secara daring (online) dengan jumlah partisipan sebanyak 15 orang. Sebelum diberikan pemahaman atau literasi mengenai gaya hidup halal, hasil pre-test menunjukan bahwa nilai terendah adalah 30 dan nilai tertinggi sebesar 80 dengan rata-rata nilai hasil keseluruhan sebesar 55,71. Maka ,dapat ditarik sebuah konklusi bahwa mayoritas partisipan masih belum sepenuhnya mengetahui dan memahami terkait dengan gerakan gaya hidup halal. Setelah dilakukan penyuluhan dengan metode ceramah, hasil post-test menunjukkan nilai terendah sebesar 50, sedangkan nilai tertingginya adalah 100. Adapun nilai rata-ratanya sebesar 78,67. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi kenaikan yang signifikan (setelah diadakannya pengabdian masyarakat) terhadap pengetahuan partisipan tentang gaya hidup halal sebesar 78,67 atau 22,96%
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriyansyah, B., & Kusmiadi, R. (2018). Mengkampanyekan Halal Lifestyle Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 4(2), 1–8.
Assael, H. (1992). Consumer Behavior and Marketing Action (4th ed.). Pws Pub Co.
Dahlan, A. A. (2006). Ensiklopedi Hukum Islam (Volume 6). PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.
Hidayat, A. S., & Siradj, M. (2015). Sertifikasi Halal dan Sertifikasi Non Halal pada Produk Pangan Industri. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 15(2), 199–210. https://doi.org/10.15408/ajis.v15i2.2864
Ikhwan, B. F. (2015). Menjadikan Produk Halal Berjaya di Pentas Dunia. In Warta Ekspor (Juli, pp. 3–10). Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education Limited.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2005). Perilaku Konsumen (Jil.1, Ed.). Erlangga
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.906
Article Metrics
Abstract view : 744 timesPDF – 566 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fitri Yetti dan Prima Dwi Priyatno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.