PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SMK NEGERI-1 PALANGKA RAYA MELALUI BIMBINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Abstract
Tantangan guru agar profesional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mendorong Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)Â STMIK Palangka Raya untuk berperan aktif memberikan bimbingan PTK kepada guru-guru SMK Negeri-1 Palangka Raya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru-guru SMK Negeri-1 Palangka Raya melalui peningkatan pemahaman mengenai PTK dan peningkatan kemampuan dalam penyusunan proposal serta laporan PTK yang berkualitas. Selain itu, guru-guru juga diharapkan mampu menghasilkan instrumen soal yang baik sebagai instrumen yang akan digunakan dalam PTK yaitu instrumen soal yang bersifat valid dan reliabel. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan ini adalah ceramah dan praktikum sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil kegiatan ini adalah peserta memahami cara penyusunan proposal dan laporan PTK dan mampu melakukan pengujian validitas dan reliabilitas instrumen soal dengan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS. Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari peserta dibuktikan dengan rata-rata persentase hasil kuesioner yang diperoleh yaitu sebesar 79,72%
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Deskoni, D., AR, R., Barlian, I., & Firmansyah, F. (2020). PELATIHAN MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU DI SMA NEGERI 1 GELUMBANG. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 7(1), 35–46. https://doi.org/10.36706/jp.v7i1.10251
Handani, H. A. T., & Prayitno, H. J. (2015). VALIDITAS DAN RELIABILITAS SOAL TENGAH SEMESTER GENAP KAITANNYA DENGAN KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. The 1st University Research Colloquium 2015, 193–206.
Jayanta, I. N. L., Rati, N. W., Diputra, K. S., & WIbawa, I. M. C. (2017). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SD. Jurnal Widya Laksana, 6(1), 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jwl.v6i1.9957
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) suatu Pendekatan Praktis (4th ed.). Rajawali Pers.
Nisa, K., Darmiany, D., Gunayasa, I. B. K., & Khair, B. N. (2019). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SDN GUGUS 2 MATARAM. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 269–274.
Sudjana, N. (2017). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar (21st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Widayati, N. S., & Muaddab, H. (2012). 29 Model-model Pembelajaran Inovatif. Elhaf Publishing.
Yasa, A. D. (2018). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SDN SAMBIGEDE 03. Warta LPM, 21(2), 90–95. https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6027
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.883
Article Metrics
Abstract view : 868 timesPDF – 476 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Elok Faiqotul Himmah, Yuliarti Yuliarti, Catharina Elmayantie, Lili Rusdiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.