Pelatihan Pengenalan Loose Parts Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru PAUD

Silvie Mil, Chandra Dewi, Siti Hajar

Abstract


Keterbatasan bahan dan dana menjadi salah satu tantangan bagi guru PAUD dalam membuat Alat Permainan Edukatif (APE) untuk pembelajaran di kelas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pedagogis guru dalam merancang dan mengembangkan APE berbahan loose part. Loose part adalah material yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan, disusun ulang, dipisahkan dan disatukan dalam berbagai macam cara. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode pelatihan pada tanggal 23-24 Mei 2024 dan diikuti oleh 44 guru dan kepala sekolah Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal di Kabupaten Pandeglang. Pelatihan diawali dengan memberikan materi tentang konsep dan penggunaan loose parts untuk APE dan dilanjutkan dengan workshop membuat APE. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan tentang konsep loose part dan penggunaannya berdasarkan hasil rata-rata pretest 69, 69% ke rata-rata skor posttest 80%. Sebanyak 86% peserta kegiatan sangat puas dengan materi yang disampaikan dan penyelenggaraan kegiatan. Setelah kegiatan ini, diharapkan peserta dapat mengimplementasikan APE berbahan loose parts pada kegiatan di sekolahnya masing-masing


Keywords


Alat Permainan Edukatif; Anak Usia Dini; Kompetensi Pedagogis; Loose Parts; Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Anik, L., & Intan, P. W. (2020). Penerapan Bermain Loose Part Untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun. PEDAGOGIKA, 11(2), 104.

Ashari, M. A., Ramdani, Z., Najamuddin, N., Yuliastri, N. A., & Latif, A. (2025). Pelatihan Bahan Ajar STEAM Berbasis Loose Part Untuk Guru di TK Dharma Wanita Kecamatan Pringgasela. Jurnal Abdi Populika, 6(1), 1–23.

Darmiatun, S., & Nurhafizah, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Profesinal Guru TK Melalui Program Diklat Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PKB) di Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 1–154.

Dinicahyani, N., Sukarno, & Jamil, Z. . (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.16

Fitria, N. (2017). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pendiikan FKIP UNTIRTA 2017, 231–240. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/231-240

Haryanto, F. ., & Twiningsih, A. (2024). Implementasi Media Loose Parts pada Pendidikan Anak Usia Dini. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 54–64.

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Development of creativity and critical thinking in early childhood through STEAM and loose parts-based learning methods. Journal Study Gender Islam and Son, 15(2), 263–278.

Jane, P. P. (2010). Outdoor Play Teaching Strategies With Young Children. Teachers Cooegge Press.

Kafolamau, N. ., & Rahardjo, M. . (2022). Peningkatan Kreativitas Anak Menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(3), 255–262. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.3.2022.1880

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, (2007).

Kid, B. C. (2020). Loose parts: What does this mean? University Park. https://extension.psu.edu/programs/betterkidcare/early-care/tip-pages/all/loose-parts-what-does-this-mean

Ningsih, S. ., & Nurhafizah, N. (2019). Konsep Kompetensi Pedagogis Dalam Meningkatkan Profesionalismen Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 694–703.

Nurfadilah, N., Fadila, S. ., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 1–68. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220222_100716.pdf

Peraturan Menteri Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, (2014).

Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995

Rahmawati, R., Daryana, A., & Hidayat, P. (2023). Optimizing PAUD Teacher Creativity Through the “Loose Parts” Workshop. Pasundan Community Service Development, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.56457/pascomsidev.v1i2.91

Rawanti, S., Utoyo, S., & Ardini, P. . (2023). Steam Learning Training Through Loose Part Media in The Coastal Area. Pedagogika, 14(Nomor 01), 112–129. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i1.2194

Rohmatun, S., Setiyani, E., Rohfirsta, F., Fitamaya, D., Rohmatun, N., & Zulfahmi, M. N. (2021). Penerapan Loose Parts terhadap Kreativitas Anak Usia Dini selama Belajar dari Rumah. Journal of Education and Teaching (JET), 2(2), 129–136. https://doi.org/10.51454/jet.v2i2.114

Saefatu, I. D., Tamelab, M. F., & Lopo, R. J. K. (2025). I-Com : Indonesian Community Journal. 5(1), 408–417.

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 0–52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645

Sipahutar, O. ., & Herawati, J. (2023). Pemanfaatan permainan loose parts pada anak usia dini. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11441–11446. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Partsdalam Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553

Veryawan, V., & Tursina, A. (2022). Media Loose Parts: Workshop Pembelajaran Saintifik bermuatan STEAM. Journal of Sriwijaya Community Service on Education (JSCSE), 1(1), 30–37. https://doi.org/10.36706/jscse.v1i1.365

Wulandari, A. I. A. ., Asturi, P. ., & Suparsa, I. . (2022). Pelatihan Pembelajaran PAUD yang Fun dan Berbudaya Melalui Metode STEAM berbahan Loose Parts. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(7), 5701–5708.

Wulansari, B. Y., Fadhli, M., & Sutrisno, S. (2021). STEM Kreatif Pembelajaran Berbasis Alam Menggunakan Natural Loose Parts Sesuai Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Sejak Usia Dini. Academia Publication.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i2.6084

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.