Peningkatan Literasi Pemasaran Digital Pelaku UMKM Jasa Service AC di Jakarta Timur.

Nafiah Ariyani, Mira Septiani

Abstract


Pengetahuan tentang pemasaran digital saat ini sangat diperlukan oleh pelaku bisnis tak terkecuali pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kemampuan menggunakan media digital untuk mengenal lebih baik konsumennya dan mempromosikan produk menjadi prasyarat keberhasilan bisnis terlebih bagi pebisnis jasa. Salah satu jasa UMKM yang bertumbuh di kota-kota besar adalah usaha service AC. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis, para pemilik jasa service AC umumnya belum mempunyai pemahaman yang baik tentang pemasaran digital. Sebagai upaya untuk berkontribusi dalam persoalan ini maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan. Kegiatan PKM ini bertujuan meningkatkan pengetahuan pelaku usaha jasa service AC di wilayah Jakarta Timur dan menerapkan Google Maps, WB (WhatsApp Bussiness) dan IG (Instagram) pada usaha mereka. Kegiatan dilakukan menggunakan metode ceramah, workshop dan pendampingan yang belangsung selama dua bulan. Mitra kegiatan PKM berjumlah sepuluh orang. Untuk mengetahui keberhasilan kegiatan dilakukan evaluasi pretest dan posttest. Hasil evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan mitra sebelum dan setelah dilakukan pelatihan dan workshop. Dari hasil pemantauan diketahui jumlah pelanggan yang menghubungi mitra mengalami peningkatan setelah mitra membuat akun Google Maps, WB (WhatsApp Bussiness) dan IG (Instagram). 


Keywords


Digital Marketing; Jasa Service AC; UMKM

Full Text:

PDF

References


Aditya, R., & Rusdianto, Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(2), 96–102. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Ahdiat, A. (2022). Banyak UMKM Belum Bisa Bisnis Online, Ini Kendala Utamanya. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/14/banyak-umkm-belum-bisa-bisnis-online-ini-kendala-utamanya

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Hidayatullah, D., Rohman, F. F., & Utama, R. (2022). Peran Digital Marketing sebagai Skills Kewirausahaan di Era Society 5.0. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 05(02), 163–174. https://doi.org//doi.org/10.24071/exero.v5i2.6156

Ikerismawati, S., Sholiha, I., & Hardiyanti, S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1294–1302. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3139

Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Kementerian, K. U. (2024). Data UMKM - Kementerian Koperasi dan UKM. Data UMKM. https://umkm.depkop.go.id/

Nurhayarti, N., Sugiyarti, L., Hanah, S., Asmilia, N., & Sutandijo, S. (2022). Optimalisasi Penjualan melalui Digital Marketing. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 4(2), 113–124. https://doi.org/10.21632/jpmi.4.2.113-124

Nyikos, B. R. (2020). Digital Marketing: A Practical Approach. In Gazdaság és Társadalom (Vol. 31, Issues 3–4). https://doi.org/10.21637/gt.2020.3-4.08

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Putri, A. A., & Nurhadi, N. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(4), 43–49. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i4.736

Sari, S., Syamsuddin, S., & Syahrul, S. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37. https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678

Sidharta, Y., Suryawirawan, O. A., Damayanti, A., Trianjani, E. F., Sari, D. N., & Afida, N. L. (2023). Pendampingan Pemasaran Digital Dan Pembukuan Sederhana Pada Umkm Desa Karangrejo Pasuruan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 909–917. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2674

Sugihartati, R. (2023). UMKM 2023: Kendala Memasuki Pasar Digital. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/opini/548450/umkm-2023-kendala-memasuki-pasar-digital

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing (N. A. Fransiska (ed.); 1st ed.). Edulitera. https://repository.um.ac.id/1150/1/fullteks.pdf

https://www.ibm.com/spss




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4502

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF – 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nafiah Ariyani, Mira Septiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.