PELATIHAN DESAIN PACKAGING SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA TARIK DAN BRANDING UMKM LOKAL

Shafiera Lazuarni, Roswaty Roswaty, Lili Syafitri, Diny Nur Ramadhanty, Zara Barika

Abstract


Pemahaman tentang packaging kreatif sebagai strategi meningkatkan daya tarik dan branding UMKM lokal sangat diperlukan dikarenakan packaging merupakan perwakilan persepsi premiumitas dari sebuah merek. Namun, dengan adanya keterbatasan akses internet dan pengetahuan, membuat pelaku UMKM di Desa Sungai Duren Kecamatan Lembak tidak memahami karakteristik umum yang dapat digunakan dalam packaging suatu produk. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan mengintegrasikan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) dengan perancangan kegiatan yang saling mendukung. Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Tahapan awal dimulai dengan studi pendahuluan, pemetaan potensi dan keterampilan, pengembangan materi pelatihan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi, serta dokumentasi dan publikasi. Kegiatan pelatihan berjalan dengan baik, hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu (1) peserta mendapatkan stimulus kreativitas dalam merancang desain packaging melalui contoh packaging yang mereka amati secara langsung; (2) peserta memahami strategi branding yang dapat diterapkan pada bisnis masing-masing; (3) peserta memahami fungsi dari packaging tidak hanya sebagai wadah untuk menyimpan produk saja melainkan dapat dijadikan sebagai sarana promosi dan branding. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan peserta memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap relevansi materi, kualitas materi, selain itu peserta merasa aktif terlibat dalam sesi pelatihan dan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi serta berdiskusi secara efektif. Pelatihan terkait packaging dapat dilanjutkan dimasa yang akan datang dengan menerapkan diversifikasi pendekatan dalam pelatihan, hal ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan peserta dengan tingkat pemahaman yang berbeda-beda


Keywords


Packaging; Stategi; Branding; UMKM

Full Text:

PDF

References


Agarina, M., Sutedi, Febriani, O. M., & Karim, A. S. (2023). Edukasi Kewirausahaan Melalui Program Kerja Market Day di SMP PGRI 400 Tangerang. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.774

Ahmad, S., Sarwo Utomo, D., Dadhich, P., & Greening, P. (2022). Packaging design, fill rate and road freight decarbonisation: A literature review and a future research agenda. Cleaner Logistics and Supply Chain, 4, 100066. https://doi.org/10.1016/J.CLSCN.2022.100066

Aprianoputri, A., Aliefia, S, P., Atikah, R., Alfariz, M. D., Nurkholis, Kgs, M., Emilda, E., & Lazuarni, S. (2023). Pengembangan usaha kuliner berbasis potensi lokal pengembangan melalui pengolahan tepung mocaf. 4(6), 11608–11615.

Buana, U., & Karawang, P. (2023). Peran Signifikan Media Sosial Terhadap Pemasaran Produk Kemasan UMKM Pada Daerah Karawang. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(3), 128–142. https://doi.org/10.55606/OPTIMAL.V3I3.1811

Dwirati, L., Melati, R., Sulistia, A. W., Putra, M. R. A., Ulum, M. B., Hendarmin, R. M. R., Indo, U., & Mandiri, G. (2023). Pengenalan Branding dan Packaging dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kemplang Ubu di Desa Talang Nangka , Kecamatan Lembak. 3(3), 83–87.

Fiorentina, Y., Nurkholis, K. M., Emilda, E., & Shafiera, S. (2023). Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Pelatihan Pengolahan Singkong Untuk Meningkatkan Potensi Wirausaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4939–4946.

Lazuarni, S., Putri, A. U., & Asharie, A. (2023). Pelatihan Pembuatan citrus Dishwash Sebagai Peluang Wirausaha Rumah Tangga di Desa Alai Selatan, Kecamatan Lembak. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 616–623. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.13506

Pasaribu, M. K., Larasati, A. N., Siahaan, D. F., & Manik, B. (2023). Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan melalui Kemasan Ramah Lingkungan dan Strategi Digital Marketing. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 57–67. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.275

Perwitasari, D. A. (2021). Branding Produk Label Kamasan Sebagai Upaya Pengembangan Daya Tarik Pemasaran pada UMKM Rengginang di Kelurahan Pakistaji Wonoasih Kota Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Mara, 2(1), 34–38. https://doi.org/10.51747/abdipancamara.v2i1.741

Pranoto, H. I., Buana, U., & Karawang, P. (2023). Peran Signifikan Media Sosial Terhadap Pemasaran Produk Kemasan UMKM Pada Daerah Karawang. 3(3).

Ramadhanty, D. N., Bella, S., Angelieta, P. V., Riki, M., Lazuarni, S., & Nurkholis, K. M. (2023). PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI BERBASIS DIVERSIFIKASI OLAHAN NANAS SEBAGAI OLEH-OLEH. 6, 4610–4615.

Rambabu, L., & Porika, R. (2020). Packaging strategies: knowledge outlook on consumer buying behaviour. Journal of Industry-University Collaboration, 2(2), 67–78. https://doi.org/10.1108/JIUC-10-2019-0017

Rico Elhando Badri, Cahyani Pratisti, & Anandha Sartika Putri. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 347–353. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1268

Romeo-Arroyo, E., Jensen, H., Hunneman, A., & Velasco, C. (2023). Assessing the influence of packaging design symmetry, curvature, and mark on the perception of brand premiumness. International Journal of Gastronomy and Food Science, 31, 100656. https://doi.org/10.1016/J.IJGFS.2022.100656

Soedarso, S., Utomo, C., Suryani, A., Endarko, E., & Ahmad, I. S. (2023). Peningkatan Pendapatan UMKM di Kabupaten Lumajang melalui Pendampingan Kemasan dan Pemasaran Produk. Sewagati, 7(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i3.466

Susanti, A., Handayani, L. S., Hildayati, S. K., Hertati, L., & Hendarmin, R. . R. (2023). Branding Dan Labeling Sebagai Upaya Strategi Pemasaran Produk Emping Singkong Umkm Di Desa Petanang. Community Development Journal, 4(4), 7628–7635.

Syahputra, P. F., Putri, D. A., Rosyada, F. A., Aprianti, R., Lazuarni, S., & Nurkholis, M. (2023). SEBAGAI OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA SUNGAI DUREN. 6, 4630–4635.

Yuan, W., Dong, Z., Xue, J., Luo, L., & Xue, Y. (2023). Which visual elements on packaging affect perceived credibility? A case study of in vitro diagnostic kits. Heliyon, 9(6), e17239. https://doi.org/10.1016/J.HELIYON.2023.E17239




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.4125

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF – 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Shafiera Lazuarni, Roswaty, Lili Syafitri, Diny Nur Ramadhanty, Zara Barika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.