SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA PENGOLAHAN LIMBAH RUMAH TANGGA MENJADI PUPUK ORGANIK CAIR

Tuminah Tuminah, Endang Solichin, Karolin Margret Natasa, Irawan Prastomo, Anni Christiani

Abstract


Pengelolaan sampah adalah salah satu tantangan yang dihadapi oleh pengelola perkotaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Karena ekonomi berkembang, taraf kehidupan penduduk juga meningkat.  Seperti yang terjadi di BTN Bisma, yang terletak di kecamatan Ngabang kabupaten Landak, hanya ada satu bak sampah besar berbentuk bak truk yang digunakan setiap minggu. Permasalahan penanganan sampah yang masih kurang serius ini yang menjadikan tim pengabdi melakukan pengabdian ini.  Dengan mempertimbangkan situasi ini, kelompok pengabdi memutuskan untuk mengolah sampah rumah tangga warga BTN Bisma untuk digunakan sebagai pupuk organik cair (POC). Pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan sampah rumah tangga diolah menjadi pupuk organik cair.  Mahasiswa Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo, Kelompok Tani Bisma Asri, dan ibu-ibu warga BTN Bisma Residence melakukan kegiatan ini dalam kerja sama dengan Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan kabupaten Landak serta Himpunan Kerukunan Tani Indonesia. Secara umum, tujuan dari pengabdian ini adalah: (1) meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mitra dengan cara memberikan pelatihan tentang cara mengubah sampah organik menjadi pupuk cair organik; dan (2) menyediakan sarana pembuatan pupuk organik cair dan mitra mampu memproduksi pupuk organik cair secara mandiri. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa (1) pengetahuan mitra meningkat sebesar 57, 9% dibuktikan hasil pre test dan post test. (2) Keterampilan mitra meningkat 100% dibuktikan dengan hasil observasi. (3) Tersedianya sarana pembuatan POC dan berdasarkan hasil pendampingan selama dua bulan dan dua minggu dan hasil evaluasi, mitra mampu memproduksi POC secara mandiri


Keywords


Sosialisasi; Limbah Rumah Tangga; Teknologi Tepat Guna; Pupuk Organik Cair; Kesuburan Tanah

Full Text:

PDF

References


Ariandani, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Dengan Memanfaatkan Limbah Rumah Tangga di Lingkungan Bagik Longgek , Lombok Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 137-143.

Darmadi, I. G. (2013). Pendampingan Pembuatan Pupuk Organik ( Kompos ) Cair dari Limbah Rumah Tangga di Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat, 143-150.

Dony. (2014). PEMBUATAN PUPUK ORGANIK BERBAHAN SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA DENGAN PENAMBAHAN AKTIVATOR EM4 DI DAERAH KAYU TANGI. ZIRAA’AH,, 1-7.

Hamdiani, S. (2018). PENGOLAHAN MANDIRI LIMBAH ORGANIK RUMAH TANGGA UNTUK MENDUKUNG PERTANIAN ORGANIK LAHAN SEMPIT. Pijar MIPA , 151-154.

Hendra, Y. (2016). PERBANDINGAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI INDONESIA DAN KOREA SELATAN: KAJIAN 5 ASPEK PENGELOLAAN SAMPAH. Yulia Hendra, Perbandingan Sistem Pengelolaan Sampah di Indonesia dan Korea Selatan (pp. 12-25). Makasar: Makasar.

Leana, W. A. (2022). Optimalisasi Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik dan Budidaya Sayuran di PP Al-Jamil , Purwokerto Optimization of Household Waste Management for Organic Fertilizer Production and Vegetable Cultivation at PP Al-Jamil , Purwokerto. Panrita Abdi, 8-17.

Mahmudin. (2015 ). PELATIHAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS CIRCULAR ECONOMY DI KELURAHAN UNTIA KOTA MAKASSAR. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1-10.

Megah, S. I. (2018). PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA DIGUNAKAN UNTUK OBAT DAN KEBERSIHAN. Minda Baharu, 50-58.

Nalhadi, A. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA MENJADI PUPUK ORGANIK CAIR. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 43-53.

Nur, T. (2016). PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA DENGAN BIOAKTIVATOR EM 4 ( Effective Microorganisms ). Konversi,, 44-51.

Siregar, A. H. (2016). PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA MENJADI. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (pp. 77-91). Jakarta: Jakarta.

Siregar, A. H. (2016). PERBANDINGAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI INDONESIA DAN KOREA SELATAN: KAJIAN 5 ASPEK PENGELOLAAN SAMPAH. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat, (pp. 12-25). Makasar.

Suryadi, K. (2021). Uji Efektivitas Produksi Pupuk Cair Dari Limbah / Sampah Organik Rumah Tangga. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem, 202-207.

Suwandi. (2023). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA SEBAGAI BAHAN BAKU ASSISTANCE FOR THE USE OF HOUSEHOLD WASTE AS A RAW MATERIAL FOR THE PRODUCTION. Buletin Pengabdian, 41-45.

Triawan, D. A. (2020). PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI SAMPAH RUMAH TANGGA DI PERUMAHAN BUKIT DEWA RESIDENCE KOTA BENGKULU. Jurnal Dharma Bakti, 73-79.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3845

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF – 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tuminah, Endang Solichin, Karolin Margret Natasa, Irawan Prastomo, Anni Christiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.