PENGUATAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN MEDIA SOSIAL PADA KARANG TARUNA DESA WANGUN HARJA

Abdul Latif, Erna Apriani, Zulfa Zakiatul Hidayah, Wiyarno Wiyarno, Isarianto Isarianto

Abstract


Literasi keuangan tidak lepas dari seni dalam pengelolaan keuangan individu, di zaman yang terus berkembang serta dibarengi pertumbuhan teknologi informasi yang pesat, tentu generasi muda harus bisa mengoptimalkan penghasilan serta efisiensi pengeluaran untuk kepentingan pribadi pada jangka pendek dan jangka Panjang. Sebagian besar generasi milienial dan gen z kurang dalam efisiensi penghasilannya dikarenakan kurangnya pemahaman terkait manajemen keuangan. Tujuan dari kegiatan untuk memberikan pemahaman, penguatan, wawasan, serta semua hal terkait manajemen keuangan dan media sosial dan segala hal yang mesti dipersiapkan dan diantisipasi dalam implikasi IPTEK tersebut. Mitra pada kegiatan pengabdian ini merupakan remaja dan pengurus karang taruna Desa Wangun Harja. Metode pelaksanaan dilakukan dengan edukasi, sosialisasi, serta penguatan manajemen keuangan, dan pengelolaan media sosial bagi para anak muda, anggota, dan pengurus Karang Taruna Desa Wangun Harja. Setelah diselenggarakan pengabdian dengan tema penguatan manajemen keuangan dan media sosial, wawasan, dan pemahaman peserta pengabdian menjadi bertambah dan lebih bijak dalam pengelolaan keuangan pribadi dan organisasi, serta bijak dalam pengelolaan media sosial. Kesimpulan pada kegiatan ini Sebagian besar generasi milenial dan gen Z kurang memahami literasi keuangan, dan pengelolaan keuangan pribadi, sehingga tidak mudah untuk menabung dan membeli aset dari hasil kerja dan usahanya, dari kegiatan ini para peserta sudah berpikir lebih realistis dalam pengelolaan keuangan, dan pemahaman instrument investasi yang cocok pada kondisi keuangan masing-masing, serta pengem, serta sosial media yang cocok untuk dikembangkan dalam organisasi


Keywords


Literasi Keuangan; Media Sosial; Digitalisasi

Full Text:

PDF

References


Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Prenada Media.

Anggoro, A. D., Susanto, H., Arifin, R., Nugroho, O. C., Purwati, E., & Ridho, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Publikasi Dalam Promosi Potensi Desa Di Ponorogo. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4385

Apriani, E., Latif, A., & Hidayah, Z. Z. (2022). Literasi Investasi Digital pada Pasar Modal Indonesia di Lingkungan Desa Tambaksari. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 127–133. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.129

Astuti, P. A. A., Athallariq, M. I., Febbyani, A. W., Islamiyah, J. S., Nurfiansyah, D., & Putra, T. S. O. (2023). Optimization of Social Media as Media Promotion of Historial Tourist Destination in Surabaya. Prospect: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 23–35. https:doi.org/10.55381.v2i1.85

Bastian, I. (2021). Manajemen Keuangan Publik. Penerbit Andi..

Dwihantoro, P., Susanti, D., Sukmasetya, P., & Faizah, R. (2023). Digitalisasi Kesenian Njanen: Strategi Pelestarian Kebudayaan Melalui Platform Sosial Media. Madaniya, 4(1), 156–164. https://doi.org/10.53696/27214834.363

Febriani, T. R., & Handayani, N. (2023). TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA WAHAS KECAMATAN BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 12(2).

Febrianti, M., Arfania, M., & Frianto, D. (2023). PENERAPAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM TELUR ASIN PAK DAPIN DI DESA KUTAGANDOK. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(1), 4354–4366.

Keown et al. (2013). Manajemen Keuangan. Edisi Sepuluh Jilid 1. Indeks.

Paramita, F. B. A. C., Ayuningrum, N. G., Putra, R. B. A., & Amadea, A. (2023). Optimalisasi Produksi Konten Kreatif Media Sosial sebagai Sarana Promosi Kampung Adat Segunung Carangwulung Jombang. Tepis Wiring: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36–51. https://doi.org/10.33379/tepiswiring.v2i1.1903

Pontoan, K. A., Merung, Y. A., Kelana, G., & Lengkong, M. R. (2021). Peningkatan Kapasitas Petani Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Manajemen Keuangan & Pemasaran Digital. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(5), 178–186. https://doi.org/10.59141/comserva.v1i5.28

Prajarini, D. (2020). Media Sosial Periklanan-Instagram. Deepublish

Pratami, N. W. C. A., Damayanthi, N. P. D., & Riawan, N. M. S. (2019). Pelatihan Manajemen Keuangan Dan Pemasaran Online Pada Usaha Havana Cake. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 1–6. https://doi.org/10.30873/jppm.v1i02.1968

Puspita, D., Anggraeni, L., Ardiansyah, A., Rahmatullah, D., Asid-Qi, M., & Asrori, K. (2023). Sosialisasi Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Sosial bagi Pelaku UMKM. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(1), 7–10.

Syarifudin, S., Nurfatimah, S. N., & Wiharno, H. (2023). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Meningkatkan Literasi Keuangan di Desa Kasturi. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(01), 34–40. https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i01.7389




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3211

Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF – 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Latif, Erna Apriani, Zulfa Zakiatul Hidayah, Wiyarno, Isarianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.