SOSIALISASI PEMANFAATAN GOOGLE FORM DALAM OPTIMALISASI ADMINISTRASI PRASYARAT UJIAN AKHIR BERBASIS DIGITAL

Unika Oktaviani Damau, Feliks Anggia Binsar Kristian Panjaitan

Abstract


Penyimpanan data dalam bentuk digital saat ini merupakan sebuah perubahan dalam teknologi informasi yang sangat membantu dalam efisiensi pekerjaan administrasi. Ada pun Program Studi Manajemen Universitas Halu Oleo saat ini masih menggunakan cara konvensional dengan cara manual dalam mengelola pendaftaran ujian. Hal ini sering menyebabkan kesalahpahaman antara mahasiswa dengan staf administrasi, karena terkadang data yang sudah diberikan oleh mahasiswa hilang. Tim pengabdi memberikan tambahan pengetahuan dan informasi dengan menggunakan bantuan teknologi yakni Google Form, yang mana salah satu fitur unggulan yang dimiliki adalah untuk menyimpan data dari formulir pendaftaran secara otomatis dan aman, sehingga apa bila terjadi hal yang tidak diinginkan, data masih tersedia, adapun juga manfaat lainnya yaitu dapat digunakan sebagai distribusi dan tabulasi online data secara real-time. Sasaran peserta pengabdian ini adalah staf administrasi dan mahasiswa pada Program Studi Manajemen, Universitas Halu Oleo. Pengabdian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan Google Form dalam optimalisasi administrasi prasyarat ujian akhir berbasis digital dan upaya peningkatan pengetahuan teknologi informasi bagi peserta. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode Participatory Action Research, yang mana melibatkan sebanyak 15 peserta. Dari kegiatan pengabdian ini dapat diketahui bahwa pengetahuan mitra mengenai Google Form meningkat sebesar 48,14%, hal ini dapat dilihat pada perbedaan hasil pre-test sebesar 1,68 dan post-test sebesar 3,49. selain itu terlihat adanya hasil kepuasan dalam penggunaan Google Form sebagai bantuan penyimpanan data pemberkasan peryaratan ujian akhir berbasis digital sebesar 3,73. Sehingga dapat dikatakan tujuan dari pengabdian ini telah terealisasi yakni meningkatkan pengetahuan bagi staf administrasi dan mahasiswa dalam pemanfaatan fitur-fitur pada Google Form

 EnglishKoreanJapaneseChinese (Simplified)Chinese (Traditional)VietnameseIndonesianThaiGermanRussianSpanishItalianFrenchCopy Support This Extension 

Keywords


Digitalisasi Data; Efisiensi; Google Form; Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Aryanti, N. N. S. (2021). Artikel Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 329–342.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25.

Barnawi, B. (2020). Eksistensi Home Industri Kerajinan Anyaman Bambu di Heuleut Leuwimunding Majalengka di Era Revolusi Industri 4.0. Etos, 1(1), 34–42.

Davies, R. S., & West, R. (2014). Technology Integration in School, Handbook of Research on Educational Communications and Technology. USA: Brigham Young University.

Herlina, H., Acim, A., Misnah, M., & Khairunnisa, R. (2019). Need Analysis of Using Google Form for Learning. Jurnal Dikdas, 7(2), 143–150.

Knight, R. C., Rodrigues, E., & Ciota, R. (2017). Collaborating for metadata creation on digital projects: using Google Forms and Sheets. Library Hi Tech News, 34(8), 20–23.

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN†Veteran.

Nugroho, I., Riyanto, D., Syafahira, S., Latifah, A. A. N., Pratama, F. A., & A’la, H. K. (2022). Pendampingan Program Digitalisasi Di Muhammadiyah Boarding School Tarbiyatul Mukmin Kecamatan Salam. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 582–591.

Purnawan, N. N. (2019). Penerapan Green Computing Pada Kuisioner Instrumen Penilaian Kinerja Dosen di Politeknik Negeri Subang. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 1(1).

Rahayu, S., & Noviansyah, N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley dan Google Form dalam Pembuatan Referensi dan Kuisioner Tugas Akhir Mahasiswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 662–677.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. UNISMA PRESS.

Selamet, K., Subagia, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). Pelatihan Praktikum Ipa Sederhana Pada Pembelajaran Ipa Di Masa Pandemi Covid-19. Proceeding Senadimas Undiksha, 342.

Sesana, I. P. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan PAT Berbasis Online Di SMKN 1 Tembuku: Effectiveness of The Use of Google Form Applications In The Implementation Of PAT Based Online At SMKN 1 Tembuku. Widyadewata, 3, 1–11.

Sriwinarti, N. K., Apriani, A., Supatmawati, D., Kartarina, K., & Ismarmiaty, I. (2022). Pendampingan Proses Pembuatan Soal Berbasis Computational Thinking kepada Guru pada Guru-Guru Tingkat SD dan SMP Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 209–220.

Winaya, I. M. A., Mahendra, P. R. A., & Suastika, I. N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Siswa Berbasis Google Form Pada Kegiatan Belajar Dari Rumah Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Jurnal Komunitas Yustisia, 4(2), 626–634.

Sudaryo, Y., Efi, N. A. S., Medidjati, R. A., S. E., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Yusron, R. M., Wijayanti, R., & Novitasari, A. T. (2020). Pelatihan pembuatan google form bagi guru SD sebagai media evaluasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) masa pandemi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 182–188




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3095

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF – 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Unika Oktaviani Damau & Feliks Anggia Binsar Kristian Panjaitan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.