PENINGKATAN ASPEK PEMASARAN DAN SDM PADA UMKM KEDAI KOPI DI KABUPATEN KUDUS
Abstract
Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk pengembangan UMKM Kedai Kopi yang tengah marak menjamur dikalangan anak muda. Mitra dalam kegiatan ini adalah Kedai Kopi Love Story yang terletak di Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Karena usaha masih tergolong baru, maka permasalahan utama atas adanya konsep social distancing di era new normal ini adalah masih sedikitnya pembeli, selain karena selama ini pemasaran produk dilakukan secara offline dari mulut ke mulut, juga karena mitra belum mempunyai kemampuan manajerial yang cukup dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia. Sehingga mitra memerlukan pendampingan dalam pengelolaan risiko dari aspek pemasaran dan sumber daya manusia yang dimilikinya. Berdasarkan permasalahan mitra tersebit, maka tujuan dari pengabdian ini adalah (1) peningkatan aspek pemasaran; dan (2) peningkatan kemampuan pengelolaan SDM. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan dan pendampingan langsung kepada mitra. Solusi yang diberikan pada permasalahan aspek pemasaran adalah perluasan jangkauan pasar secara online melalui media sosial Instagram dan terdaftar di Google Map. Solusi yang diberikan pada aspek SDM adalah terwujudnya peningkatan pemahaman dan kemampuan mitra dalam pengelolaan SDM. Harapannya dengan kedua solusi yang diberikan, risiko mitra atas permasalahan pada aspek pemasaran dan SDM dapat diminimalisir, dan akhirnya mitra dapat lebih mengembangkan usahanya di masa New Normal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213
Albi, K. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli di Kedai Kopi S. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.116
Alifiana, M. A. (2018). Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK. In Journal of Dedicators Community (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.34001/jdc.v2i2.705
Alifiana, M. A., & Susanti, N. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi pemetaan umkm berdasar potensi risiko berbasis GIS. Sendi_U, 289–294.
Aulia, F., Mukti, Y. Y., & Liansari, G. P. (2022). Pengaruh Harga dan Risiko terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Konsumen PLS- SEM pada Kedai Kopi Internasional ( Studi Kasus di Starbucks Bandung ). 1–10.
Kemkominfo RI. (2020). Ketika Semua Harus Memulai Fase “New Normal.†Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/26442/ketika-semua-harus-memulai-fase-new-normal/0/artikel
Lionel, E., Leonard, L., Fernando, N., Ong, T., & Septama, V. (2023). Analisis Manajemen Risiko Pada Malaya Cafe. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(1), 251–266.
Maria, M. (2022). Pengaruh harga dan risiko terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode pls-sem pada kopi kenangan skripsi. 1–9.
Mawardhi, A. (2020). New Normal Bisnis Kedai Kopi Ditengah Pandemi Covid-19. Deplantation.Com. https://deplantation.com/berita/2020/11/new-normal-bisnis-kedai-kopi-ditengah-pandemi-covid-19/
Ong, J. O., & Mahazan, M. (2020). Strategi Pengelolaan SDM dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan Berkelanjutan di Era Industri 4.0. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 159–168. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6252
Perwira, I. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Warung Kopi Di Kota Makassar. Jurnal Ecosystem, 19(2), 229–237.
Rasmikayati, E., Afriyanti, S., & Saefudin, B. R. (2020). Keragaan, Potensi dan Kendala Pada Usaha Kedai Kopi Di Jatinangor (Kasus pada Belike Coffee Shop dan Balad Coffee Works). 1(1), 26–45.
Rawis, A., Sendow, G. M., & Walangitan, M. D. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Sertifikasi Profesi Terhadap Kinerja Karyawan Barista Kedai Kopi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 4730–4737.
Salman, R., Ramadhan, M., & Nurfauzi, M. Z. (2021). Pengaruh Ketentuan Jam Kerja yang Diatur Pada Kode Etik Kedai Kopi Terhadap Motivasi Kerja Barista di Kota Bandung. Researchgate.Net, November. https://www.researchgate.net/profile/Rahadian-Salman/publication/356129701_Pengaruh_Ketentuan_Jam_Kerja_yang_Diatur_Pada_Kode_Etik_Kedai_Kopi_Terhadap_Motivasi_Kerja_Barista_di_Kota_Bandung/links/618d03ae61f09877207f95d8/Pengaruh-Ketentuan-Jam-Kerja-yang-
Santoso, G. G., & Christian, M. (2021). Mengukur Determinan Kinerja Usaha Kedai Kopi Di Pantai Indah Kapuk (Pik) Jakarta Di Masa Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 5(2), 117–125. https://doi.org/10.30813/jpk.v5i2.2986
Sawitri, H., & Yuziani. (2021). Gender Dan Kebiasaan Minum Kopi Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 16(4), 168–172.
Tamara, A. F., Ramadansyah, E., & Alifia, N. H. (2022). ANALISIS MANAJEMEN RISIKO BISNIS ( Studi pada Kedai Kopi & Rempah Trem ). 10(2), 204–220.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3072
Article Metrics
Abstract view : 426 timesPDF – 150 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Kertati Sumekar, Aprilia Whetyningtyas, Indah Dwi Prasetyaningrum, Mia Ajeng Alifiana, Dhaifina Idznitia Apriyani Naimi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.