INOVASI PEMBELAJARAN: PENINGKATAN STUDENT WELL-BEING MELALUI BAHAN AJAR DIGITAL
Abstract
Potensi yang dimiliki siswa akan dapat dikembangkan apabila proses pembelajaran di kelas berjalan kondusif dan menyenangkan. Siswa merasa aman dan nyaman secara fisik dan psikis berada di lingkungan sekolah sehingga student well-being (kesejahteraan siswa) akan dirasakan oleh siswa. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan student well-being adalah penggunaan bahan ajar digital dalam pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah rendahnya keterampilan guru dalam menyusun bahan ajar digital berbasis canva serta rendahnya student well-being pada siswa sekolah dasar. Tujuan PkM ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun bahan digital serta meningkatkan student well-being siswa sekolah dasar di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Metode kegiatan yang dilakukan:1) Melakukan analisis kebutuhan di lapangan; 2) Menganalisis dan menelaah KI/KD yang relevan; 3) Menentukan aplikasi yang akan digunakan; 4) Memberikan keterampilan penyusunan bahan ajar digital; 5) Penggunaan bahan digital di kelas; 7) Melakukan evaluasi. Hasil yang dicapai dalam PkM ini menunjukkan peningkatan keterampilan guru yang sangat signifikan serta peningkatan student well-being siswa pada setiap dimensi, baik dimensi sosial, dimensi kognitif, dimensi fisik dan spiritual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Damayanti, F., & Sundari, S. (2022). Sosialisasi Penggunaan Canva Sebagai Media Ajar Untuk Guru SMP 1 Labuhan Deli. September, 31–37.
Fraillon, J. 2004. Measuring student well-being in context of Australian Schooling. The Australian Council for Educational Research. Discussion Paper.
Fauziah, M., & Aviani, Y. I. (2019). Student wellbeing and digital era. 498–501.
Finayanti, J., Dewi, N. K., & Anggriana, T. M. (1981). Student Well-being pada Remaja Mataraman dalam Kajian Multibudaya. 249–254.
Khatimah, H. (2015). Gambaran School Well-Being pada Peserta Didik Program Kelas Akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 20. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i1.4485
Karyani, U., Prihartanti, N., Dinar, W., Lestari, R., Hertinjung, WS., Prasetyaningrum, J., Yuwono, S., dan Partini. 2015. The Dimensions of Student Well-being. Seminar Psikologi dan Kemanusiaan. Muhammadiyah University of Surakarta.
Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770
Konu, A., & Rimpela, M. (2002). Well-being in school: a conceptual model. Health Promotion International, Vo. 17 (1), 79 – 89.
Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakaya.
Muharom, F., & Fikriyati, M. (2022). Creating Student Well Being in a Time of Pandemic in Children’s Schools. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 367–378.
Putri, B. D., Armalita, R., Isrona, L., Maputra, Y., & Sastra, R. (2022). DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP STUDENT WELL- BEING PADA SISWA SMA DI KOTA PADANG Parental Social Support on Student Well-Being on Senior High School Student in Padang City. 102–109. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v15i2.3638
Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715
Sasmito, E. (2022). Upaya Mewujudkan “Student Well Being†Melalui Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berdefrensiasi Di Sma Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 619. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57951
Sunarti, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. Jurnal Perspektif, 15(1), 96–105. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i1.71
Siagian, G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Soutter, A. K., O’Steen, B., & Gilmore, A. (2014). The student well-being model: A conceptual framework for the development of student well-being indicators. International Journal of Adolescence and Youth, 19(4), 496–520. https://doi.org/10.1080/02673843.2012.754362
Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.
Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1716
Zahro, N. (2021). Students’ Well-Being and Game Implementation in Learning Chemistry in Merdeka Belajar Era. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30127
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3067
Article Metrics
Abstract view : 587 timesPDF – 237 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Suhendra, Tri Mahajani, Mouhamad Ginanjar Ganeswara, Eka Suhardi, Nur Rahmawati, Windi Kartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.