PENDAMPINGAN PELAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DAN E-COMMERCE BAGI UMKM TEGAR MANDIRI SURABAYA

Hanny Purnomo, Yenny Sugiarti, Yie Ke Feliana, Riesanti Edie Wijaya

Abstract


Salah satu kegiatan bisnis yang dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat yaitu membuka usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM merupakan jenis usaha yang dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan oleh Pemerintah untuk mengatasi masalah ekonomi di lapisan masyarakat. Selain itu UMKM dapat mengatasi dari pengangguran karena dapat menyerap tenaga kerja di Indonesia. UMKM Tegar Mandiri yang bergerak di bidang produksi makanan dan minuman. Mitra memiliki beberapa varian produk diantaranya adalah tempe dan mendoan, bumbu pecel, dan berbagai minuman ringan seperti sari kedelai, sinom, dan jus buah. Produk ini masih dipasarkan secara tradisional melalui konsinyasi insta retail modern Indomaret, serta UMKM juga belum memiliki pencatatan yang memadai terkait transaksi keuangannya. Hasil pendampingan menujukkan mitra mampu mengimplementasikan pelaporan keuangan sederhana serta mampu menggunakan E-Commerce sebagai media untuk memasarkan produknya dan memperluas jangkauan pemasaran


Keywords


E-Commerce; Pengelolaan Keuangan; UMKM

Full Text:

PDF

References


Allen, E., & Fjermestad, J. (2001). Eâ€commerce marketing strategies: an integrated framework and case analysis. Logistics Information Management, 14(1/2), 14–23. https://doi.org/10.1108/09576050110360106

Al-Qirim, N. (2007). The adoption of eCommerce communications and applications technologies in small businesses in New Zealand. Electronic Commerce Research and Applications, 6(4), 462–473.

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Bhatti, A., Akram, H., Basit, H. M., Khan, A. U., & Naqvi, S. M. R. (2020). E-Commerce Trends during COVID-19 Pandemic. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 13, 1449-1452

Desmayani, N. M. M. R., Nugraha, P. G. S. C., Wardani, N. W., & Mahendra, G. S. (2022). Pelatihan Pengelolaan Laporan Keuangan Sederhana Bagi UMKM The Sleepy Jon Gianyar Bali. Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 15–20

Faizal, I., Nanda, I., Ariestiandy, D., & Ernawati, T. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(2), 81–86

El-Gohary, H. (2010). E-Marketing-A literature Review from a Small Businesses perspective. International Journal of Business and Social Science, 1(1).

Gangeshwer, D.K. (2013) E-Commerce or Internet Marketing: A Business Review from Indian Context. International Journal of u- and e-Service, Science and Technology, 6, 187-194

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135. https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Jílková, P., & Králová, P. (2021). Digital Consumer Behaviour and eCommerce Trends during the COVID-19 Crisis. International Advances in Economic Research, 27(1), 83–85. https://doi.org/10.1007/s11294-021-09817-4

Rosário, A., & Raimundo, R. (2021). Consumer marketing strategy and E-commerce in the last decade: a literature review. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(7), 3003–3024.

Siagian, A. O. (2021). Strategi Pemasaran E-Commerce bagi UMKM Indonesia Untuk meningkatkan Perekonomian Indonesia. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 1–15.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Cano Economos. 6(1): 51-58. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/Cano/article/view/1239

Susanti, A., & Ardyan, E. (2018). Tingkat pendidikan, literasi keuangan, dan perencanaan keuangan terhadap perilaku keuangan UMKM di Surakarta. Telaah Bisnis, 18(1)




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2857

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF – 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hanny Purnomo, Yenny Sugiarti, Yie Ke Feliana, Riesanti Edie Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.