PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL DAN PEMBUKUAN SEDERHANA PADA UMKM DESA KARANGREJO PASURUAN

Yudi Sidharta, Okto Aditya Suryawirawan, Alfina Damayanti, Erina Febianti Trianjani, Dian Novita Sari, Nur Laili Afida

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM yang ada di Desa Karangrejo Pasuruan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, sebagian besar UMKM di Desa Karangrejo Pasuruan masih melakukan pemasaran secara konvensional. Seluruh UMKM yang ada juga belum pernah melakukan pencatatan transaksi keuangan selama kegiatan usaha mereka berjalan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa masih terdapat potensi yang besar pada UMKM Desa Karangrejo Pasuruan untuk dapat lebih maju dibandingkan kondisi mereka pada saat ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui sosialisasi, pendampingan dan evaluasi. Sosialisasi dilakukan terkait pemasaran digital dan pembukuan sederhana. Pendampingan dilakukan agar UMKM dapat menerapkan pembukuan sederhana pada kegiatan operasional usaha mereka sehari-hari. Evaluasi dilakukan untuk melihat seberapa banyak UMKM yang telah menerapkan pembukuan sederhana pada usaha yang mereka jalankan. Dalam pelaksanaannya kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan mahasiswa HIMA S1 Akuntansi STIESIA Surabaya dan didukung oleh perangkat desa setempat. Dari 68 UMKM yang teridentifikasi, 28 diantaranya hadir pada saat penyampaian sosialisasi, sejumlah 31 UMKM berpartisipasi dalam kegiatan mentoring. Namun ketika dilakukan evaluasi hanya di temukan 5 UMKM yang telah menerapkan pembukuan sederhana pada usaha yang mereka jalankan

Keywords


UMKM; Pemasaran Digital; Pembukuan Sederhana

Full Text:

PDF

References


Aslamiyah, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Literasi Keuangan sebagai Strategi Menghadapi COVID-19 di Desa Betoyoguci, Gresik. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 266–274. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v2i4.190

Detik. (2022). Gara-gara Ini, Pelaku UMKM Makin Lama Makin “Ngegas.†https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6295211/gara-gara-ini-pelaku-umkm-makin-lama-makin-ngegas/amp

Devi, A. S. D. A. S., & Nafiati, L. (2022). Menuju UKM Sehat Melalui Sosialisasi Pengelolaan Keuangan dan Pelatihan Pembukuan Sederhana di Dusun Kranon. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN INOVASI, 2(1), 61–68.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Hidayat, E. N., Nulhaqim, S. A., & Fedryansyah, M. (2020). PEMASARAN SECARA ONLINE BAGI PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH (UMKM) RW 05 DESA CINUNUK. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 257. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.29051

Kompas. (2022). Pembukuan Keuangan Penting bagi UMKM, Simak Tips Menyederhanakannya! https://umkm.kompas.com/read/2022/10/14/090000183/pembukuan-keuangan-penting-bagi-umkm-simak-tips-menyederhanakannya-?page=all

Kurnia, D. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana Dengan Cara Meningkatkan Literasi Keuangan pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 1(1), 25–35.

Link UMKM. (2022). Pentingnya Inklusi Keuangan Bagi Pelaku UMKM. https://linkumkm.id/news/detail/12500/pentingnya-inklusi-keuangan-bagi-pelaku-umkm

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Teknokom, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25

Omiunu, O. G. (2019). E-literacy-adoption model and performance of women-owned SMEs in Southwestern Nigeria. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1), 26. https://doi.org/10.1186/s40497-019-0149-3

Panggabean, S. A. (2022). STRATEGI PEMASARAN UMKM DI ERA NEW NORMAL. KOLONI, 1(2), 547–557.

Ulfah, F., Nur, K., Salsabila, S., Safitri, Y., Evanita, S., & Friyatmi, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2795–2805.

Utiarahman, N., Novriansyah, M. A., Yakop, A., Maskun, F., & Popa, A. H. (2022). Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Studi Kasus UMKM Pada Usaha Nasa Drink Dikelurahan Kayubulan. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 559–564.

Wise, S. (2013). The Impact of Financial Literacy on New Venture Survival. International Journal of Business and Management, 8(23). https://doi.org/10.5539/ijbm.v8n23p30

Ye, J., & Kulathunga, K. (2019). How Does Financial Literacy Promote Sustainability in SMEs? A Developing Country Perspective. Sustainability, 11(10), 2990. https://doi.org/10.3390/su11102990

Zagoto, Y., Yuliyati, M. T., Pambudi, R., Cikdan, M., & Mukadi, M. (2022). Peran Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 37–40. https://doi.org/10.55182/jpm.v2i1.117




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2674

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF – 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yudi Sidharta, Okto Aditya Suryawirawan, Alfina Damayanti, Erina Febianti Trianjani, Dian Novita Sari, Nur Laili Afida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.