PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL DAN PEMBUKUAN SEDERHANA PADA UMKM DESA KARANGREJO PASURUAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aslamiyah, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Literasi Keuangan sebagai Strategi Menghadapi COVID-19 di Desa Betoyoguci, Gresik. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 266–274. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v2i4.190
Detik. (2022). Gara-gara Ini, Pelaku UMKM Makin Lama Makin “Ngegas.†https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6295211/gara-gara-ini-pelaku-umkm-makin-lama-makin-ngegas/amp
Devi, A. S. D. A. S., & Nafiati, L. (2022). Menuju UKM Sehat Melalui Sosialisasi Pengelolaan Keuangan dan Pelatihan Pembukuan Sederhana di Dusun Kranon. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN INOVASI, 2(1), 61–68.
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033
Hidayat, E. N., Nulhaqim, S. A., & Fedryansyah, M. (2020). PEMASARAN SECARA ONLINE BAGI PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH (UMKM) RW 05 DESA CINUNUK. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 257. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.29051
Kompas. (2022). Pembukuan Keuangan Penting bagi UMKM, Simak Tips Menyederhanakannya! https://umkm.kompas.com/read/2022/10/14/090000183/pembukuan-keuangan-penting-bagi-umkm-simak-tips-menyederhanakannya-?page=all
Kurnia, D. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana Dengan Cara Meningkatkan Literasi Keuangan pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 1(1), 25–35.
Link UMKM. (2022). Pentingnya Inklusi Keuangan Bagi Pelaku UMKM. https://linkumkm.id/news/detail/12500/pentingnya-inklusi-keuangan-bagi-pelaku-umkm
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5
Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Teknokom, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25
Omiunu, O. G. (2019). E-literacy-adoption model and performance of women-owned SMEs in Southwestern Nigeria. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1), 26. https://doi.org/10.1186/s40497-019-0149-3
Panggabean, S. A. (2022). STRATEGI PEMASARAN UMKM DI ERA NEW NORMAL. KOLONI, 1(2), 547–557.
Ulfah, F., Nur, K., Salsabila, S., Safitri, Y., Evanita, S., & Friyatmi, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2795–2805.
Utiarahman, N., Novriansyah, M. A., Yakop, A., Maskun, F., & Popa, A. H. (2022). Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Studi Kasus UMKM Pada Usaha Nasa Drink Dikelurahan Kayubulan. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 559–564.
Wise, S. (2013). The Impact of Financial Literacy on New Venture Survival. International Journal of Business and Management, 8(23). https://doi.org/10.5539/ijbm.v8n23p30
Ye, J., & Kulathunga, K. (2019). How Does Financial Literacy Promote Sustainability in SMEs? A Developing Country Perspective. Sustainability, 11(10), 2990. https://doi.org/10.3390/su11102990
Zagoto, Y., Yuliyati, M. T., Pambudi, R., Cikdan, M., & Mukadi, M. (2022). Peran Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 37–40. https://doi.org/10.55182/jpm.v2i1.117
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2674
Article Metrics
Abstract view : 196 timesPDF – 126 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yudi Sidharta, Okto Aditya Suryawirawan, Alfina Damayanti, Erina Febianti Trianjani, Dian Novita Sari, Nur Laili Afida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.