PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CANVA FOR EDU

Nurul Magfirah, Lutfi Hair Djunur, Rahmatia Thahir

Abstract


UPT SPF SDN Patompo II Kota Makassar merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di Kota Makassar Sulawesi Selatan.  Pada SDN tersebut memiliki guru-guru yang sudah mengenal baik apa itu teknologi dan apa manfaat teknologi tersebut, sarana dan prasarana yang menunjang pemanfaatan teknologi di lokasi sudah tersedia misalnya ketersediaan WIFI yang bisa diakses oleh guru-guru, serta komputer dan laptop yang bisa dimanfaatkan oleh para guru. Permasalahan yang dialami oleh para guru di sana adalah, masih kurangnya kemampuan mengaplikasikan aplikasi dalam teknologi dengan baik dalam menghasilkan media pembelajaran. Sebagaimana diketahui bahwa media pembelajaran adalah salah satu penunjang keberhasilan suatu pembelajaran, peran media pembelajaran merupakan sebagai alat bantu penyalur bahan pelajaran dari guru kepada siswa. Untuk memberikan media pembelajaran yang terbaik, maka baiknya para guru mengerti akan penggunaan teknologi saat ini. Untuk itu diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pembelajaran bagi guru dalam mengaplikasikan media canva sebagai media pembelajaran. Mitra pada pelatihan ini adalah UPT SPF SDN Patompo II kota Makassar. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan 3 tahap yaitu observasi untuk mengetahui permasalahan mitra, selanjutnya tahap persiapan dilakukan untuk mempersiapkan segala kebutuhan dalam pelaksanaan pelatihan dan tahap terakhir adalah tahap pelatihan yang terdiri atas pemaparan materi, praktik pembuatan media pembelajaran dan diskusi/tanya jawab. Kegiatan PKM ini berjalan dengan baik dan sukses, hal ini dibuktikan dengan antusias peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini, peserta yang aktif menanyakan mengenai aplikasi canva dan sangat bersemangat dan aktif dalam melakukan praktik membuat video, presentasi dan poster melalui aplikasi canva. Dengan pelatihan ini para guru di SDN Patompo II Makassar yang tadinya kurang mampu membuat media pembelajaran akhirnya memahami dan bisa membuat media pembelajaran seperti video, presentasi dan poster melalui aplikasi canva


Keywords


Media Pembelajaran; Aplikasi Canva

Full Text:

PDF

References


Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Tadarus: Junal Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/td.v4i2.984

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18.

Halidjah, S., & Salimi, A. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i1.440

Idhayani, N., & Amaludin, R. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KAIN FLANEL BAGI GURU PAUD AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 KENDARI A . PENDAHULUAN Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat bahkan sering dikat. 5(1).

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568.

Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(3), 105–110.

Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan, 1(1), 29–34.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2631

Article Metrics

Abstract view : 314 times
PDF – 216 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Magfirah, Lutfi Hair Djanur, & Rahmatia Thahir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.