UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SISWA SDN 173324 LUMBANJULU LINTONG NIHUTA LEWAT PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

Nur Yanti, Asyahri Hadi Nasyuha, Feri Setiawan, Lusiyanti Lusiyanti, Afdal Al Hafiz

Abstract


Kampus Mengajar adalah salah satu kegiatan kampus merdeka yang juga melibatkan adik-adik mahasiswa dari masing-masing jurusan yang berbeda untuk membantu proses peningkatan pembelajaran untuk jenjang SD pada sekolah SDN 173324 Lumbanjulu Lintong Nihuta serta memberi ruang untuk mahasiswa mengeksplor kemampuannya untuk berkontribusi dalam kemajuan pendidikan. Dalam kegiatan ini dosen dan mahasiswa terlibat langsung untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan proses peningkatan kualitas pembelajaran serta lewat pendampingan yang dilakukan bersama siswa, juga melakukan adaptasi teknologi dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan membantu pihak sekolah dalam kegiatan administrasi sekolah dan tak lupa juga turut serta bertanggung jawab secara moral untuk membantu pembentukan karakter dan meningkatkan motivasi siswa dalam menimba ilmu disekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pemberdayaan secara langsung dalam proses pendampingan mengajar untuk peningkatan kualitas pendidikan sekolah. Hasil dari kegiatan ini membawa perubahan yang cukup baik dalam peningkatan pengetahuan dari proses pembelajaran yang tertinggal akibat proses pandemic yang cukup Panjang yang membuat siswa mengalami ketertinggalan dalam memahami materi pembelajaran, menuntaskan siswa yang tidak bisa membaca, menulis dan berhitung serta mengedukasi guru agar mampu membuat pembelajaran berbasis digital untuk proses pembelajaran di sekolah dan memanfaatkan teknologi yang ada sebagai upaya yang dalam peningkatan minat belajar dan pengoptimalan sumber daya teknologi yang ada. Dengan adanya kegiatan ini dapat mengatasi masalah yang dialami sekolah dan siswa menjadi lebih giat dan bersemangat dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan disekolah


Keywords


Kampus Mengajar; Kampus Merdeka; SDN 173324; Peningkatan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Atsani, K. L. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. AL-Hikmah, 82-93.

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasa. Jurnal Dedikasi, 1-8.

Hidayat, R. A. (2019). Buku Ilmu Pendidikan. -.

Kurniasih, E. P. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 277–289.

Lia Titi Prawanti, W. S. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. PROSNAMPAS, (pp. 287-291). Semarang.

Nur Yanti, A. A. (2022). SOSIALISASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MENGAJAR PADA SEKOLAH KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN. RESWARA, 1-6.

Rosita, D. A. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan , 42–49.

Sciences, H. (2022). Panduan Kampus Mengajar KM3.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kajian Ilmiah , 73-80.

Widya Sari, A. M. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT COVID 19. MAPPESONA




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2596

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF – 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Yanti, Asyahri Hadi Nasyuha, Feri Setiawan, Lusiyanti & Afdal Al Hafiz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.