EDUKASI MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DENGAN MEMANFAATKAN DIGITAL MARKETING MELALUI SOSIAL MEDIA

Siti Anis Juni Asma Wati, Firmansyah Firmansyah, Meutia Layli

Abstract


Perubahan tekhnologi dan ilmu pengetahuan yang cepat berdampak besar salah satunya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan bentuk usaha untukenopang perekonomian negara. Minimnya wawasan dan edukasi menyebabkan tidak optimalnya penggunaan tekhnologi dalam mendukung proses bisnis yang mana dapat meningkatkan laba. Objek pengabdian ini adalah pelaku UMKM yang berada di desa bhuana jaya kecamatan tenggarong seberang, kabupaten kutai kartanegara. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi atau pendampingan kepada masyarakat memanfaatkan dan mengoptimalkan digital marketing melalui sosial media terutama instagram. Metode pengabdian dilakukan dengan cara menyampaikan materi serta memberikan pendampingan langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian ini peserta mampu memahami strategi pemasaran menggunakan sosial media instagram. Sedangkan melalui pelatihan peserta mendapatkan pengetahuan memaksimalkan sosial media bagaimana membuat konten secara sederhana, mengatur jadwal upload konten, dan menjalin komunikasi dengan konsumen

Keywords


Digital marketing; Laba; UMKM

Full Text:

PDF

References


Ahluwalia, L., Nani, D. A., & Sari, T. D. R. (2022). Peningkatan Produktivitas UMKM Melalui Pelatihan Merk Produk dan Penyusunan Laporan Keuangan di Pekon Panggungrejo, Kabupaten Pringsewu. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1739

Fakhriyyah, D. D., Wulandari, Y., & Karisma, C. (2021). Sosialisasi Digital Marketing Dan Inovasi Produk Pada UKM Gula Merah Guna Mempertahankan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4). https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8691

Firmansyah, F., Abia, A., & Layli, M. (2022). Sosialisasi Akuntansi dan Perpajakan Bagi Wajib Pajak UMKM Di Desa Lung Barang Kecamatan Mentarang Hulu Kabupaten Malinau. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 465–470. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1872

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Junaedi, I. W. R., Bagus Rai Utama, I. G., & Waruwu, D. (2021). PKM Penggunaan Digital Marketing Dalam Pembangunan Desa Catur Kintamani Mengwi. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1243

Prilandewi, K. L., & Sukadana, I. W. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Produk Kerajinan Batok Kelapa Di Desa Batubulan. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.35906/resona.v5i2.809

Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G. S., & Budiawan, A. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Binaan Kadin Jawa Barat Dalam Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2). https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8792

Wijayatri, R., Lestari, L., Benita, I. A., Narizki, M. J., & Octavianto, P. W. (2021). Strategi Digital Marketing dan Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisata Herbal di Desa Growong. Community Empowerment, 6(3). https://doi.org/10.31603/ce.4314

Wulandari, Z., Alam, A., Purbo Tyas, G., & Syahidah, Y. (2021). Webinar Dan Pelatihan Digital Marketing sebagai upaya meningkatkan promosi produk UMKM. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.3055

Yusiana, R., Luturlean, B. S., Saragih, R., Setyorini, R., Muhamad, W., Karo Karo, I. M., Nugroho, H., & Peranginangin, Y. (2022). Peningkatan Digital Marketing Melalui Media Digital Pada Komunitas Sentra Kreasi. Charity, 5(1). https://doi.org/10.25124/charity.v5i1.3916




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2572

Article Metrics

Abstract view : 270 times
PDF – 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Anis Juni Asma Wati, Firmansyah, Meutia Layli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.