UPAYA MENINGKATKAN AKSES AIR BERSIH BAGI MASYARAKAT DESA JAMBU RAYA DENGAN PENERAPAN FILTERISASI AIR

Purboyo Purboyo, Farida Yulianti, Erni Alfisah, Rizka Zulfikar, Lamsah Lamsah, Siti Mardah

Abstract


Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di Desa Jambu Raya, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar ini bertujuan untuk meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat, karena di desa tersebut akses air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) belum terpenuhi, padahal air tanah yang ada kualitasnya keruh karena desa Jambu Raya merupakan daerah rawa, sementara masyarakat didesa tersebut tetap memakai air tanah untuk kebutuhan rumah tangga seperti mandi, mencuci pakaian dan mencuci perabot rumah tangga, Guna mengatasi air yang keruh ini tim pengabdian melakukan kegiatan pembuatan filterisasi air agar kualitas air menjadi jernih sehingga layak untuk di pergunakan masyarakat. Metode yang dilakukan yaitu dengan presentasi, ceramah, diskusi, untuk pembuatan filterisasi air sekaligus pemasanganya. Selain itu juga dilakukan sosialisasi tentang pentingnya mempergunakan air bersih dan bagaimana cara melakukan perawatan dan penggantian alat filterisasi air tersebut. Hasil dari kegiatan ini yaitu desa memiliki filterisasi air yang menghasilkan air jernih yang dipasang ditandon atau penampungan air milik desa yang dapat dimanfaatkan masyarakat, selanjutnya masyarakat juga mampu memahami bagaimana merawat alat filterisasi air dan pentingnya menggunakan air bersih untuk meningkatkan kualitas hidup. Dapat kami simpulkan bahwa kegiatan ini telah dapat memberikan solusi atas permasalahan masyarakat desa Jambu Raya tentang masalah air yang keruh dengan pembuatan filterisasi air sehingga masyarakat sekarang mendapatkan akses air bersih, adapun saran yang dapat kami isampaikan yaitu kegiatan ini sebaiknya dapat berlanjut dengan skala yang lebih besar, dengan pengadaan lebih banyak tandon air yang dipasang alat filterisasi air yang diperuntukkan bagi masyarakat desa lain disekitar desa Jambu raya


Keywords


Air Bersih; Filterisasi Air; Jambu Raya

Full Text:

PDF

References


Butarbutar, M., Wardhana, A., Aprilia, D., Hendrayani, E., & Purboyo. (2021). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Media Sains Indonesia.

Corsita, L., Tanwir, Usman, S., Widiastuti, S., & Maitindom, M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Filtrasi Dan Membran Osmosis Sistem Penyediaan Air Minum Masyarakat Kampung Kameyakha Kabupaten Jayapura. Jurnal IKRATH-ABDIMAS, 5(3), 42-50.

Fajar, N. H., Nasution, F., & Purboyo, P. (2021). Pengantar Ilmu Manajemen (Sebuah Pendekatan Konseptual). Bandung: Media Sains Indonesia.

Joko, T. (2010). Unit Produksi Dalam Sistem Penyediaan Air minum. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kristianto, H., Katherine, Soetedjo, J., & Handriono, C. (2016). Penerapan Teknologi Penyaringan Air Sederhana di Desa Cukanggenteng. Jurnal Udayana Mengabdi, 15(3).

Kumalasari, F. Y. (2011). Teknik Praktis Mengolah Air Kotor Menjadi Air Bersih. Bekasi: Laskar Aksara.

Kusnaedi. (2006). Mengolah Air Gambut dan Air Kotor (Cetakan XV ed.). Jakarta: Penebar Swadaya.

Marliana, E., Nafi’, M., Febryanto, D. G., & Pratama, D. F. (2021). Pembuatan dan Sosialisasi Filter Air Skala Rumah Tangga untuk Pengadaan Air Bersih Mandiri Masyarakat. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 162–168. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v4i1.822

Shavab, F. A., Nasfi, Purboyo, Karyanto, B., Hikmah, Kartika, R. D., Rini, N. K., Arifudin, O., Awaludin, D. T., Ardiansyah, T., Utama, A., Widyaningsih, I. U., Rosyid, A., & Larasati, R. A. (2021). DASAR MANAJEMEN & KEWIRAUSAHAAN (SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS) (N. S. Wahyuni (ed.); 1st ed.). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG. https://repository.penerbitwidina.com/publications/349170/dasar-manajemen-kewirausahaan-sebuah-tinjauan-teori-dan-praktis#cite

Rahmawati, & Solichin. (2021). Sosialisasi Cuci tangan Pakai Sabun (CTPS). Jurnal Kontribusi, 17-23.

Suharto, Rahayu, S. S., Irianto, S., & Suwondo, A. (2019). Penerapan Teknologi Penyediaan Air Bersih di Dusun Kleben Karanglangu Kedungjati Kabupaten Grobogan. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Polines, (pp. 823-830).




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2570

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF – 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Purboyo, Erni Alfisah, Farida Yulianti, Rizka Zulfikar, Lamsah, Siti Mardah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.