PELATIHAN PENDAMPINGAN KONFLIK PADA ANAK
Abstract
Pelatihan Pendampingan Konflik pada Anak dilakukan di Kampung Tambak Mulyo yang merupakan Daerah dampingan Lembaga Pendamping Usaha Buruh Tani dan Nelayan Keuskupan Agung Semarang (LPUBTN-KAS). Pelatihan ini diberikan untuk orangtua di Kampung Tambak Mulyo yang memiliki anak berusia 2 sampai dengan 12 tahun. Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada para orang tua agar dapat mendampingi anak yang sedang mengalami konflik. Pelatihan dilakukan secara luring dengan peserta berjumlah 22 orang ibu-ibu. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode psikoedukasi, diskusi kelompok dan role playing. Pelatihan ini dilakukan selama dua kali pertemuan dan diantara dua kali pertemuan tersebut ada tugas yang perlu dilakukan oleh peserta pelatihan, yaitu menerapkan cara-cara yang diberikan dalam materi pelatihan pada pertemuan pertama untuk didiskusikan dalam pertemuan pada pertemuan berikutnya. Secara keseluruhan diperoleh hasil bahwa peserta mendapatkan manfaat dari pelatihan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akgun, S., & Araz, A. (2014). The effects of conflict resolution education on conflict resolution skills, social competence, and aggression in Turkish elementary school students. Journal of Peace Education, 11(1), 30–45. https://doi.org/10.1080/17400201.2013.777898
Bonache, H., RamÃrez-Santana, G., & Gonzalez-Mendez, R. (2016). Conflict resolution styles and teen dating violence. International Journal of Clinical and Health Psychology, 16(3), 276–286. https://doi.org/10.1016/j.ijchp.2016.03.003
Fitriana, F. (2018). PENINGKATAN RESOLUSI KONFLIK MELALUI BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B1 TK Sejahtera Sidondo 1 di Daerah Konflik Desa Sidondo 1 Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Ajaran 2015/2016). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.7
Iakab, A., & Iovu, M.-B. (2020). CONFLICT MEDIATION BETWEEN ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN. XXV(1), 154–164.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2018). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendampingi Anak Menyelesaikan Konflik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/11591/1/SPOT_Mendampingi%20Anak%20Menyelesaikan%20Konflik.pdf
Kusuma, W. H. (2018). PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK BAGI ANAK USIA DINI. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 200. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1516
Masrukhin, A. (2013). Model Pembelajaran Character Building dan Implikasinya Terhadap Perilaku Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1229. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3566
Mujahidah, M. (2015). IMPLEMENTASI TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER YANG BERKUALITAS. IXX(2).
Ross, H., Ross, M., Stein, N., Trabasso, T. (2006). How Siblings Resolve Their Conflicts: The Importance of First Offers, Planning, and Limited Opposition. Child Development, 77(6), 1730–1745. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2006.00970.x
Ross, H. S., Lazinski, M. J. (2014). Parent Mediation Empowers Sibling Conflict Resolution. Early Education and Development, 25(2), 259–275. https://doi.org/10.1080/10409289.2013.788425
Rubenstein, R.E. (n.d.). Conflict resolution and the structural sources of conflict. In Jeon H-W (Ed.), Conflict Resolution: Dynamics, Process and Structure (pp. 154–176). Taylor and Francis.
Santrock, J. W., Deater-Deckard, K. D., & Lansford, J. E. (2021). Child development (Fifteenth edition). McGraw-Hill Education.
Sekatia, A. (2015). KAJIAN PERMUKIMAN KUMUH DAN NELAYAN TAMBAK LOROK SEMARANG Studi Kasus Partisipasi Masyarakat. MODUL, 15(1).
Susilowati, A. Y., & Susanto, A. (2021). STRATEGI PENYELESAIAN KONFLIK DALAM KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19. Hasanuddin Journal of Sociology, 88–97. https://doi.org/10.31947/hjs.v2i2.12859
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2547
Article Metrics
Abstract view : 189 timesPDF – 100 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Maria Yang Roswita, Maria Bramanwidyantari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.