PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STEM BAGI GURU SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Rita Pramujiyanti Khotimah, Aprilia Saputri Riski Pratiwi, Ika Indah Pratiwi

Abstract


Perkembangan teknologi dan internet di era Revolusi Industri 4.0 yang sangat cepat memberikan dampak besar dalam segala hal, termasuk di bidang pendidikan. Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) merupakan satu pendekatan pembelajaran yang sangat sesuai dengan keterampilan abad 21. Masalah-masalah pembelajaran yang dialami oleh guru matematika SMA/SMK/MA Muhammadiyah di Surakarta adalah: 1) Banyak siswa yang belum aktif dalam pembelajaran, hanya sekedar mendengarkan dan mencatat saja selama pembelajaran. 2) Masih banyak guru yang belum memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai media belajar siswa. 3) Pembelajaran matematika dengan pendekatan STEM belum dilaksanakan di SMA/SMK/MA Muhammadiyah Surakarta. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan pembelajaran matematika berbasis STEM bagi guru SMA/SMK/MA Muhammadiyah Surakarta. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Pada tahap persiapan, dilakukan identifikasi problem-problem pembelajaran matematika yang dihadapi oleh guru. Selanjutnya ditentukan solusi pemecahan masalah, dan ditetapkan waktu dan tempat penyelenggaraan kegiatan. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui metode ceramah atau sosialisasi dan tanya jawab. Tahap tindak lanjut dilaksanakan melalui pendampingan pembuatan LKPD matematika berbasis STEM. Hasilnya, kegiatan sudah berhasil terlaksana dengan baik dan lancar. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan ada peningkatan pemahaman peserta terhadap pembelajaran matematika yang berbasis STEM, 94% peserta mengalami peningkatan pemahaman tentang STEM, dan nilai rata-rata peserta meningkat sebesar 81.52%


Keywords


Pelatihan; Pembelajaran Matematika; STEM

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Ariyani, F., Achmad, A., & Nurulsari, N. (2019). Designing an Inquiry-based STEM Learning strategy as a Powerful Alternative Solution to Enhance Students’ 21st-century Skills: A Preliminary Research. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012087

Ardianto, D., Firman, H., & Permanasari, A. (2019). What is Science , Technology , Engineering , Mathematics ( STEM ) Literacy ? Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 253(Aes 2018), 381–384.

Ayaz, M., Şekerci, H., & Orall, B. (2016). The Effect of Using of Instructional Technology to Elementary School Students’ Academic Achievement: A Meta-Analysis Study. İnönü Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 17(1). https://doi.org/10.17679/iuefd.17131503

Ayuningsih, F., Malikah, S., Nugroho, M. R., Winarti, W., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran Matematika Polinomial Berbasis STEAM PjBL Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(5), 8175–8187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3660

Huda, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara sebagai Upaya Kaderisasi Khatib pada Remaja Masjid. Warta LPM, 24(3), 380–390. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.13019

Jauhariyyah, F. R., Hadi Suwono, & Ibrohim. (2017). Science , Technology , Engineering and Mathematics Project Based Learning ( STEM-PjBL ) pada Pembelajaran Sains. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 432–436.

Kemristekdikti. (2018). Mempersiapkan SDM Indonesia di Era Industri 4.0. In Ristekdikti (pp. 1–22).

Khotimah, R. P., Setyaningsih, N., & Sutarni, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah Klaten. Jurnal Warta LPM, 24(4), 646–655. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta

Maryono, & Pamela, I. S. (2021). Pelatihan Pembelajaran Aktif Secara Daring melalui Lembar Kerja Peserta Didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Singkut. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12(2), 141–145.

Morze, N., Smyrnova-Trybulska, E., & Gladun, M. (2018). Selected aspects of IBL in STEM-education. In E. S.- Trybulska (Ed.), E-learning and Smart Learning Environment for the Preparation of New Generation Specialists (pp. 361–379). Studio Noa.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Purwati, I., Markhamah, M., & Sutama, S. (2022). Pembelajaran Tematik Berorientasi STEM Untuk Menumbuhkan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 84–91. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3686

Rustaman, N. Y., Afianti, E., & Maryati, S. (2018). STEM based learning to facilitate middle school students’ conceptual change, creativity and collaboration in organization of living system topic. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012021

Schleicher, A. (2018). Insights and Interpretations PISA 2018. OECD 2018, 63. http://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf

Setiyaningsih, D., Astriani, L., Bahfen, M., Soviana, W., & Al Ghani, M. (2022). Pelatihan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Pada Guru Sekolah Dasar Islam Harapan Ibu Pondok Pinang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 179–184. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1618

Syaifudin, M. (2022). Efektivitas e-lkpd berbasis stem untuk menumbuhkan ketermapilan liteasi numerasi dan sains dalam pembelajaran listrik dinamis di SMA Negeri 1 Purbalingga. Jurnal Riset Penididikan Indoensia, 2(2), 211–220.

Tiryaki, A., Caki, O., & Yaman, Y. (2019). The Effects of the Program Including Differentiated STEM Applications Based on the Parallel Curriculum Model on the Critical Thinking Skills , Creativity and Attitudes of Gifted and Talented Students. 8(4), 1226–1230.

Torlakson, T. (2014). Innovate : A Blueprint for Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education (Issue May). http://www.cde.ca.gov/pd/ca/sc/documents/innovate.p

UÄŸraÅŸ, M. (2018). The Effects of STEM Activities on STEM Attitudes, Scientific Creativity and Motivation Beliefs of the Students and Their Views on STEM Education. International Online Journal of Educational Sciences, 10(5). https://doi.org/10.15345/iojes.2018.05.012

Yanto, R., Kesuma, H. Di, Alfiarini, A., Apriadi, D., & Etriyanti, E. (2022). Pelatihan Aplikasi Coreldraw Dalam Peningkatan Hardskill Siswa Menghadapi Dunia Kerja. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 129–134. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1571




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2514

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF – 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rita Pramujiyanti Khotimah, Aprilia Saputri Riski Pratiwi, Ika Indah Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.