PHYSICS DIGITAL LABORATORY (PDL) SEBAGAI ALTERNATIF LABORATORIUM DIGITAL BAGI SISWA MADRASAH MUHAMMADIYAH NANGAHURE
Abstract
MA Muhammadiyah Nangahure merupakan salah satu sekolah tingkat SMA yang berstatus swasta dan terletak di pinggiran Kota Maumere NTT. Sekolah ini belum memiliki laboratorium sendiri dan masih menumpang dengan laboratorium MTs (yang masih dalam satu yayasan) untuk memenuhi kebutuhan praktek kerja eksperimen siswa. Namun laboratorium ini juga masuk dalam kategori yang tidak layak karena belum memadai. Hal ini mengakibatkan jarangya kegiatan eksperimen pada pelajaran fisika dan berdampak pada kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Sebagai alternatif terbaik diamati dari segi ekonomi, laboratorium virtual menjadi pilihan yang paling rasional. Physics Digital Laboratory (PDL) sebagai alternatif laboratorium fisika. PDL merupakan panduan dengan bentuk E-Book yang menyajikan seluruh praktikum fisika dalam bentuk digital. PDL menyajikan link aplikasi praktikum dan panduan percobaan praktikum. Hal tersebut akan membantu siswa dan guru dalam melakukan praktikum dengan baik walau tanpa adanya laboratorium. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan tiga tahap yakni: 1) Pembuatan produk, 2) Pemberitahuan pada siswa tentang produk dan 3) Pengukuran hasil belajar siswa. Tujuan dalam pengabdian ini adalah membentuk E-Book PDL yang dapat digunakan siswa sebagai pedoman dalam melakukan praktikum basis digital. Hasil akhir yang dicapai dalam pengabdian ini ialah bentuk E-book PDL dan hasil akhir tes siswa yang mengalami peningkatan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Emda, A. (2014). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 2(2), 218–229.
Dewa, E., Mukin, M. U., & Pandango, O. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351-359. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/363/338
Gunawan, G., Harjono A., Sahida, H., & Sutrio, S. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan konsep Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA, 9(1), 15-19. https://doi.org/10.29303/jpm.v9i1.38
Iskandar, E.. (2016). Pengunaan Multimedia Laboratorium Virtual Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 4 Lahat. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1),1–7. https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3430
Manikowati, & Iskandar, D. (2018). Pengembangan Model Mobile Virtual Laboratorium untuk Pembelajaran Praktikum Siswa SMA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 23–42. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p23--42
Novitasari, S., Tulandi, D. A., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan Panduan Praktikum Online Menggunakan Smartphone Berbasis Aplikasi Phypox. Charm Sains Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 35–42.
Rahayu, N. T., Fatmaryanti, S. D., & Pratiwi, U. (2021). Perancangan Alat Peraga Tumbukan Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04 Berbasis Multirepresentasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37729/jips.v2i1.590
Rahma, A. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Virtual Laboratorium sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pesagogy, 8(2), 47-51. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/808/741
Rizal, A., Adam, R. I., & Susilawati, S. (2018). Pengembangan Laboratorium Virtual Fisika Osilasi. Jurnal Online Informatika, 3(1), 55–60. https://doi.org/10.15575/join.v3i1.140
Rossett, A. (1992). Handbook of Human Performance Technology: A Comprehensive. Jossey-Bass Publishers.
Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.22216/jcc.v3i1.2100
Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Utami, I. T., & Arief, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Laboratorium Virtual Phet pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas Kelas XI SMA Negeri 2 Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 5(2), 99–105.
Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2
Yuniani, A., Ardianti, D. I., & Rahmadani, W.A. (2019) Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Media Sosial dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMA. Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 18–24. https://ejurnalunsam.id/index.php/JPFS/article/view/1727
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2467
Article Metrics
Abstract view : 153 timesPDF – 90 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Zakaria Al Farizi, Florentinus Primarius Naraama Koten & Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.