UPAYA PENGUATAN EKSISTENSI KAMPUNG WISATA PURBAYAN, KOTAGEDE, D.I.YOGYAKARTA: STRATEGI BRANDING VIDEO PROFIL DAN VLOG

Putra Endi Catyanadika, Nurfauziah Nurfauziah, Sutrisno Sutrisno, Handrio Adhi Pradana, Bagus Panuntun, Andriyastuti Suratman

Abstract


Kampung Wisata (Kamwis) Purbayan, Kota Gede, D.I.Yogyakarta merupakan kampung wisata budaya yang sangat potensial karena beberapa aspek (1) kekhasan seni budaya, (2) keutuhan situs-situs dan artefak sejarah meski telah ada sejak abad 16, dan (3) menjadi sentra bagi para tokoh seniman berdomisili di Kamwis Purbayan. Potensi ini menjadikan kelurahan Purbayan sebagai ekosistem yang tepat bagi pemurnian seni budaya, eksibisi artefak dan produk-produk kekhasan budaya, dan kaderisasi generasi penerus ‘penguri-uri’ budaya. Hal-hal tersebut menjadi modal kuat bagi Kamwis Purbayan menarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung, belajar dan mendapat pengalaman dari keaslian dan keunikan sebuah budaya. Pengabdian ini bertujuan menguatkan kembali ekosistem Kampung Wisata Budaya yang sempat surut karena pandemi Covid-19 melanda melalui pendekatan pemasaran digital. Teknik ini diharapkan menjadi solusi sekaligus pemberdayaan bagi masyarakat untuk tetap mempromosikan Kamwis tanpa terdampak signifikan oleh pandemi. Metode yang digunakan di antaranya observasi, analisis kebutuhan, dan projek luaran branding bersama mitra. Hasil pengabdian berupa video profil dan vlog yang dapat dimanfaatkan pengurus kampung wisata guna mempromosikan warisan budaya Purbayan dengan jangkauan lokal dan mancanegara. Melalui kegiatan ini masyarakat dapat terbantu dalam memasarkan Kamwis yang selama ini terkendala oleh turunnya peminat selama dan pasca pandemi.

Keywords


Kampung Wisata; Purbayan; Branding; Video Profil; Vlog

Full Text:

PDF

References


Abidin, J., Fedrina, R., & Agustin, R. (2022). Penguatan Kelembagaan Desa Wisata melalui Promosi Digital Marketing di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Jurnal Abdimas Pariwisata, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.36276/jap.v3i1.292

Fiona, F., & Susetyo, S. (2022). PELATIHAN BRANDING DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PRODUK OLAHAN HASIL TANGKAPAN KELOMPOK NELAYAN, KOTA BENGKULU. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 684-689. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1965

Maulana, A., & Sumarji, S. (2020). Kampung Wisata Ekologis (Kwe) Puspa Jagad Sebagai Desa Wisata (Ditinjau dari Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia). REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 127-140. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v9i2.1354

Nala, I. W. L., & Indriani, N. (2020). Pengembangan Ekowisata Sungai Berbasis Masyarakat di Desa Pela Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Journal of Tourism and Creativity, 4(2), 85-94. https://doi.org/10.19184/jtc.v4i2.14579

Nusantara, B. M., Gunawan, A., & Wijaya, D. A. (2015). Strategi Pemasaran Kampung Wisata Baluwarti Sebagai Destinasi Wisata Budaya di Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 11(1), 1-19. https://doi.org/10.53691/jpi.v11i1

Raharjana, D. T., & Putra, H. S. A. (2020). Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(2), 140-151. https://doi.org/10.22146/jnp.60403

Suharta, R. B., Kusumawardani, E., & Hermawan, Y. (2021). Integrasi Program Sadar Wisata Dalam Membangun Kesadaran Literasi Di Desa Nglanggeran. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 47-63. http://dx.doi.org/10.17977/um041v16i1p47-63

Supriadi, Y. N., Desmintari, D., Jubaedah, J., & Kusuma, J. W. (2021). Pengembangan Kampung Wisata Pintu Air Berbasis pada Cagar Budaya sebagai Destinasi Wisata bagi Masyarakat. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 209-218.

Suryawan, A. (2016). Peran kelompok sadar wisata (POKDARWIS) Sendang Arum dalam pengembangan potensi pariwisata (Studi kasus di desa wisata tlahap kecamatan Kledung kabupaten Temanggung). JSCE: Journal of Society and Continuing Education, 5(6), 143-152.

Tutik, T., Krisnatalia, H., Satato, Y. R., Solichoel, S., & Hadi, S. (2021). Promosi Event Budaya Lokal Berbasis Pemasaran Digital Rintisan Desa Wisata Branjang. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 973-980. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4900




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2407

Article Metrics

Abstract view : 427 times
PDF – 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putra Endi Catyanadika, Nurfauziah, Sutrisno, Handrio Adhi Pradana, Bagus Panuntun, Andriyastuti Suratman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.