PELATIHAN PRODUKSI NEWS FEATURE UNTUK KONTRIBUTOR TVRI

Syaiful Halim

Abstract


Kontributor menjadi bagian penting dalam rutinitas media televisi. Mereka merupakan pekerja lepas yang mendapatkan upah bila berita yang dibuatnya ditayangkan. Masalahnya, tidak semua wilayah berpotensi menyajikan berita yang layak tayang. Sebagai alternatif untuk meningkatkan produktivitas adalah memproduksi news feature. Selain dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan para contributor, hal ini juga merupakan upaya meningkatkan konten-konten berkualitas di stasiun TVRI. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kompetensi para kontributor TVRI, khususnya dalam perencanaan dan produksi news feature. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa workshop selama dua hari. Rupa luaran kegiatan ini adalah peningkatan kompetensi para peserta tentang perencanaan kreatif dan produksi news feature untuk media televisi, sehingga mereka pun bisa memberikan konstribusi lebih kepada stasiun TVRI. Khusus bagi stasiun TVRI, hal ini juga akan meningkatkan kualitas konten-konten yang didistribusikannnya


Keywords


Workshop; News Feature; Kontributor; TVRI

Full Text:

PDF

References


Ayyasy, J. A. Y. (2017, June 3). FULL MOVIE | Sang Barista (2017), Dokumenter tentang Barista. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=zE2bggGG1DA.

Bujang, M. F. U. (2017, June 3). FULL MOVIE | Warung Si Mpok (2017), Dokumenter tentang Kaum Urban. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=ox6DOy7xPkw.

Elizabeth, L. (2017, June 3). FULL MOVIE | Konser Kaki Lima (2017), Dokumenter tentang Seniman Jalanan. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=_-Wplv964BE.

Halim, S. (2010). Memotret Khatulistiwa: Panduan Praktis Produksi Dokumenter Televisi. Depok, Indonesia: Gramata Publishing.

Halim, S. (2018). Dokumenter Televisi: Mitos-mitos Produksi Program Dokumenter dan Film Dokumenter. Depok, Indonesia: RajaGrafindo Persada.

Halim, S. (2019). Reportase: Panduan Praktis Reportase untuk Media Televisi. Jakarta, Indonesia: Prenada Media Group.

Halim, S. (2021). Postkomodifikasi Media: Varian-varian Baru Komodifikasi di Media Televisi dan Media Sosial. Lhokseumawe, Indonesia: Sefa Bumi Persada.

Nurdiva, E. (2017, June 3). FULL MOVIE | Di Balik Komunitas Manusia Batu (2017), Dokumenter tentang Manusia Batu. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=P9Rcu4Lu4Bs.

Permana, R. (2018). Peran Kontributor Berita dan Jurnalisme Warga secara Industrial dalam Era Masyarakat Informasi. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 162-173. https://doi.org/https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.2689

Riza, M. (2015). Peran Kontributor Daerah dalam Pemberitaan di TVRI Riau-Kepri. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2025

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF – 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syaiful Halim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.