PEMBUATAN WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN HASIL KERAJINAN TANGAN DI DESA GUNUNGSARI, KAB. LOMBOK BARAT

Karina Nurwijayanti, Juhartini Juhartini, Hambali Hambali

Abstract


Desa Gunungsari menjadi salah satu pusat kerajinan tangan dari bambu yang ada di Lombok Barat dimulai sejak tahun 1980-an, beraneka ragam kerajinan tangan yang telah di hasilkan mulai dari kursi, meja, sarang burung, tempat lampu, kandang ayam, lemari, berugak hingga tas dan pernak-pernik lainnya. Pemasaran dengan metode mulut ke mulut merupakan salah satu dalam prosudur kegiatan yang sangat inovatif dalam pemasaran produk kepada konsumen. Kedepan perlu adanya sebuah media pemasaran online yang lebih menarik serta memiliki jaringan yang luas dalam melakukan pemasaran produk, belum dijalankannya pemasaran berbasis teknologi informasi seperti pemasaran melalui website. Mengacu pada beberapa alasan seperti banyaknya pemilik UMKM yang belum mengenal komputer dan internet, minimmnya pengetahuan pemilik UMKM mengenai teknologi informasi dan internet, terutama pemasaran memalui online, kesulitan dalam memasarkan produk yang dihasilkan oleh UMKM di Desa Gunungsari dikarenakan masih membutuhkan biaya yang lumayan besar, sehingga diperlukan sebuah pelatihan dalam memanfaatkan media pemasaran scara online berupa marketplace berbasis web yang sudah ada untuk memasarkan produk yang dihasilkan UMKM. Tim pelaksana PkM akan memulai kegiatan pelatihan sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah disepakati bersama dengan para peserta. Kegiatan pelatihan menggunakan metode ceramah, diskusi (tanya jawab) dan Latihan mengoperasikan media menjualan online. Selama kegitan berlangsung, antusias pengrajin bambu dan pemilik UMKM cukup tinggi terlihat dari rasa ingin tahu mereka terhadap penjualan online dan bagaimana proses pengelolaan data mulai dari pengisi data produk yang akan di jual, mencoba mengelola data penjualan produk dan pembuatan laporan penjualan. kebutuhan tentang keterampilan IT semakin tinggi sehingga diperlukan kerjasama antara beberapa pihak untuk memberikan pelatihan bagi para pelaku UMKM yang tidak memiliki jiwa wiraswasta, dan menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta bagi peserta yang belum memilikinya serta mampu memberikan pemahaman mengenai komputer, internet dan pengenalan dan pemasaran produk secara online pada pengrajin bambu UMKM Gunungsari


Keywords


Kerajinan Tangan, Bambu, Penjualan, Website

Full Text:

PDF

References


Afriwan, O., & Agustina, F. I. (2020). Pemberdayaan Kelompok Usaha Ibu Rumah Tangga Sayo Baru Kelurahan Turida Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. 2(3), 101–108.

Arsad, E. (2015). The Technology Process and Used of Bamboo. Jurnal Riset Industri, 7(1), 4552.

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, 1–10.

Handayani, S. P. M., & Bambang Eka Purnama. (2013). Pembuatan Website E-Commerce Pada Distro Java Trend. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(1), 18–24.

Indah, I. N., & Yulianto, L. (2011). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Produk Kelompok Pidra Desa Gawang Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Journal Speed, 3(4), 30–33.

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.18

Oblivia, V., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Jurnal Agora, 1 (1)(1), 337–347.

Pratama, R., Ratnawati, V., & Nasrizal, N. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Kompetensi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pemeriksa Pajak Dengan Konflik Peran Sebagai Variabel Moderasi. PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis), 12(2), 130–141.

Putri, E. M. (2015). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DALAM IMPLEMENTASI SISTEM e-PROCUREMENT ( STUDI KASUS PADA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM ) INFLUENCE FACTORS COMPETENCE OF HUMAN RESOURCES ON THE PERFORMANCE OF EMPLOYEES IN THE I. 1–140.

Reza, M. rahman, Rizki, M. oktavianto, & Paulinus. (2008). Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Upp.Ac.Id, 1, 377–386.

Rifai, Z., & Luzi Dwi Oktaviana. (2018). Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “ Pratistha Harsa †Untuk Pemasaran Produk Secara Online. Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 593–599.

Riyanto, A. D. (2015). Pembuatan Website Sebagai Media Promosi Yang Terpercaya. Seminar Nasional Informatika 2015 (SemnasIF 2015), 2015(November), hh 28-35.

Triyanto, W. A. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Tas. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(3), 63–67.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1937

Article Metrics

Abstract view : 304 times
PDF – 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Karina Nurwijayanti, Juhartini & Hambali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.