PELATIHAN PEMASARAN PRODUK (BERWIRAUSAHA) DI MASA NEW NORMAL
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan kegiatan lanjutan dari penyuluhan PKM yang telah dilaksanakan sebelumnya bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Salatiga Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan secara online pada 1 desember 2021 dengan 11 peserta pelatihan. Pelatihan ini berfokus pada bagaimana cara memasarkan produk dalam media sosial yang telah dimiliki oleh para peserta pelatihan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga berfokus pada praktik pemasaran secara online. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan cara pemasaran produk menggunakan teknologi. Metode PKM yang dipergunakan adalah berbasis pada teori dan juga praktek dengan tahapan seperti penelitian tindakan kelas menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan pelaporan . Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah para peserta didik dapat beradaptasi terhadap perubahan di masa New Normal, diihat dari hasil post test yang menyatakan sebanyak 85% peserta pelatihan memiliki pengetahuan cara pemasaran produk secara online yang tepat. peserta didik juga dapat berkembang dan mengaplikasikan hal yang dipelajari secara langsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Distria, T. F., Safitri, I. R., Putri, N. A., & Susanto, E. (2021). Perancangan E-guidebook Bandung Selatan Sebagai Alternatif Penanganan Overtourism Di Kawasan Bandung Utara. Abdimas Galuh, 3(1), 32–38. https://doi.org/10.25157/ag.v3i1.4629
Febriyantoro, M. T., Harris, I., Sundiman, D., Pradana, M. R., & Lestari, E. (2019). Pelatihan Kewirausahaan dan Peningkatan Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Lingkungan PKK Tiban Global Batam. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 271–279. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5981
Irawati, S. A., & Sudarsono, B. (2018). ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI PEREMPUAN BERWIRAUSAHA MELALUI BISNIS ONLINE (Studi Kasus Pada Ibu Muda di Kecamatan Bangkalan). Distribusi - Journal of Management and Business, 6(2), 1–14. https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i2.35
Kartika, R., Toto, T., & Lestari, M. N. (2021). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MENGHADAPI NEW NORMAL ERA. Abdimas Galuh, 3(2), 225. https://doi.org/10.25157/ag.v3i2.5254
Liana, A., Sulfaidah, S., & Al Banna, M. Z. (2021). KLINIK PEMASARAN DIGITAL BAGI DOSEN BERWIRAUSAHA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 443. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4408
Sudarso, E., Jazuli, M., Prabowo, B., Setiawan, R., & Ratnawati, W. (2021). PELATIHAN PEMAHAMAN PENTINGNYA E-COMMERCE DALAM TEKNIK PEMASARAN BERWIRAUSAHA. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(1), 90–95. https://doi.org/10.32493/ABMAS.v2i1.p90-95.y2021
Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G. S., & Budiawan, A. (2021). PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM BINAAN KADIN JAWA BARAT DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 100. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8792
Winarsih, E., & Furinawati, Y. (2018). LITERASI TEKNOLOGI DAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA BAGI KELOMPOK PEMUDA DI KOTA MADIUN. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI, 23–29. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4181
Yulhendri, & Irawan, B. (2015). PELATIHAN E-COMMERCE DENGAN MEMBUAT TOKO ONLINE MENGGUNAKAN OPENCART DI SMK PASUNDAN TANGERANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 2(1), 110–118. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/abd.v2i1.1297
Yuliana, Y., & Safina, W. D. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA NEW NORMAL UNTUK MENOPANG EKONOMI MASYARAKAT. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 57–62. https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/572
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1716
Article Metrics
Abstract view : 499 timesPDF – 255 times
Data citation
MENGHADAPI ERA NEW NORMAL. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 100. Febriyantoro, M. T., Harris, I., Sundiman, D., Pradana, M. R., & Lestari, E. (2019). Pelatihan Kewirausahaan dan Peningkatan Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Lingkungan PKK Tiban Global Batam. JURNAL PKM BSI, 271- 279. Sudarso, E., Jazuli, M., Prabowo, B., Setiawan, R., & Ratnawati, W. (2021). Pelatihan Pemahaman Pentingnya E-Commerce dalam Teknik Pemasaran Berwirausaha. Jurnal PKM Tridarma Manajemen, Universitas Pamulang, 90-95. Yulhendri, & Irawan , B. (2015). Pelatihan E-Commerce dengan Membuat Toko Online Menggunakan OpenCart di SMK Pasundan Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 110-118.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Febi Nur Biduri, Widiastuti, Yessy Harun & Eka Yuniar Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.