PELATIHAN PEMASARAN PRODUK (BERWIRAUSAHA) DI MASA NEW NORMAL

Febi Nur Biduri, Widiastuti Widiastuti, Yessy Harun, Eka Yuniar Ernawati

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan kegiatan lanjutan dari penyuluhan PKM yang telah dilaksanakan sebelumnya bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Salatiga Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan secara online pada 1 desember 2021 dengan 11 peserta pelatihan. Pelatihan ini berfokus pada bagaimana cara memasarkan produk dalam media sosial yang telah dimiliki oleh para peserta pelatihan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga berfokus pada praktik pemasaran secara online. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan cara pemasaran produk menggunakan teknologi. Metode PKM yang dipergunakan adalah berbasis pada teori dan juga praktek dengan tahapan seperti penelitian tindakan kelas menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan pelaporan . Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah para peserta didik dapat beradaptasi terhadap perubahan di masa New Normal, diihat dari hasil post test yang menyatakan sebanyak 85% peserta pelatihan memiliki pengetahuan cara pemasaran produk secara online yang tepat. peserta didik juga dapat berkembang dan mengaplikasikan hal yang dipelajari secara langsung.


Keywords


Pelatihan, Pemasaran, Produk, Wirausaha

Full Text:

PDF

References


Distria, T. F., Safitri, I. R., Putri, N. A., & Susanto, E. (2021). Perancangan E-guidebook Bandung Selatan Sebagai Alternatif Penanganan Overtourism Di Kawasan Bandung Utara. Abdimas Galuh, 3(1), 32–38. https://doi.org/10.25157/ag.v3i1.4629

Febriyantoro, M. T., Harris, I., Sundiman, D., Pradana, M. R., & Lestari, E. (2019). Pelatihan Kewirausahaan dan Peningkatan Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Lingkungan PKK Tiban Global Batam. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 271–279. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5981

Irawati, S. A., & Sudarsono, B. (2018). ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI PEREMPUAN BERWIRAUSAHA MELALUI BISNIS ONLINE (Studi Kasus Pada Ibu Muda di Kecamatan Bangkalan). Distribusi - Journal of Management and Business, 6(2), 1–14. https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i2.35

Kartika, R., Toto, T., & Lestari, M. N. (2021). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MENGHADAPI NEW NORMAL ERA. Abdimas Galuh, 3(2), 225. https://doi.org/10.25157/ag.v3i2.5254

Liana, A., Sulfaidah, S., & Al Banna, M. Z. (2021). KLINIK PEMASARAN DIGITAL BAGI DOSEN BERWIRAUSAHA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 443. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4408

Sudarso, E., Jazuli, M., Prabowo, B., Setiawan, R., & Ratnawati, W. (2021). PELATIHAN PEMAHAMAN PENTINGNYA E-COMMERCE DALAM TEKNIK PEMASARAN BERWIRAUSAHA. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(1), 90–95. https://doi.org/10.32493/ABMAS.v2i1.p90-95.y2021

Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G. S., & Budiawan, A. (2021). PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM BINAAN KADIN JAWA BARAT DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 100. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8792

Winarsih, E., & Furinawati, Y. (2018). LITERASI TEKNOLOGI DAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA BAGI KELOMPOK PEMUDA DI KOTA MADIUN. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI, 23–29. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4181

Yulhendri, & Irawan, B. (2015). PELATIHAN E-COMMERCE DENGAN MEMBUAT TOKO ONLINE MENGGUNAKAN OPENCART DI SMK PASUNDAN TANGERANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 2(1), 110–118. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/abd.v2i1.1297

Yuliana, Y., & Safina, W. D. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA NEW NORMAL UNTUK MENOPANG EKONOMI MASYARAKAT. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 57–62. https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/572




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1716

Article Metrics

Abstract view : 346 times
PDF – 165 times

Data citation

MENGHADAPI ERA NEW NORMAL. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 100. Febriyantoro, M. T., Harris, I., Sundiman, D., Pradana, M. R., & Lestari, E. (2019). Pelatihan Kewirausahaan dan Peningkatan Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Lingkungan PKK Tiban Global Batam. JURNAL PKM BSI, 271- 279. Sudarso, E., Jazuli, M., Prabowo, B., Setiawan, R., & Ratnawati, W. (2021). Pelatihan Pemahaman Pentingnya E-Commerce dalam Teknik Pemasaran Berwirausaha. Jurnal PKM Tridarma Manajemen, Universitas Pamulang, 90-95. Yulhendri, & Irawan , B. (2015). Pelatihan E-Commerce dengan Membuat Toko Online Menggunakan OpenCart di SMK Pasundan Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 110-118.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Febi Nur Biduri, Widiastuti, Yessy Harun & Eka Yuniar Ernawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.