PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI PELATIHAN KONSEP DIRI BAGI GURU SD KHAIRUNNAS SURABAYA

Badrut Tamam, Sulaichah Sulaichah, M Ihvan Kurnia Z.R, Arifah Setyaningrum, Dian Novita Anggrainy

Abstract


Guru memiliki kedudukan dan peran sangat penting dalam meningkatkan potensi peserta didik. Sebagaimana guru-guru di SD Khairunnas Surabaya mempunyai peran penting dalam peningkatan potensi peserta didik di lembaganya. Namun, dari hasil Training Need Analysis (TNA) diperoleh data bahwa masih terdapat beberapa guru muda yang belum linier dan minim pengalaman dalam mengajar. Selain itu, semangat dalam bekerja dan motivasi berprestasi guru-guru di SD Khairunnas ini masih perlu ditingkatkan. Cara atau metode untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan konsep diri dengan moda IN-ON-IN bagi guru di SD Khairunnas. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang konsep diri, sehingga dengan pemahaman akan konsep diri tersebut, diharapkan dapat meningkatkan motivasi berprestasi guru-guru di SD Khairunnas Surabaya. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman tentang konsep diri setelah diberikan materi. Hal ini dibuktikan dengan seluruh nilai post peserta yang lebih tinggi dari nilai pretest. Selain itu, ada peningkatan motivasi berprestasi guru SD Khairunnas setelah mengikuti pelatihan ini. Hal ini dibuktikan dengan 50% lebih tidak ada guru yang terlambat ketika hadir ke sekolah

Keywords


Konsep Diri, Motivasi Berprestasi

Full Text:

PDF

References


Meinarno, E. A., & Sarwono, S. W. (2018). Psikologi sosial (2nd ed.). Salemba Humanika.

Mishra, S. K. (2016). Self- Concept- A Person’s Concept of Self- Influence. International Journal of Recent Research Aspects, Special Issue: Conscientious and Unimpeachable Technologies, 8–13. https://www.ijrra.net/ICCUT2016.php

Muna, R. A. (2012). HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BERPRETASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/18271/

Rola, F. (2006). Hubungan Konsep diri dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja. Universitas Sumatera Utara.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Konsep, Teori dan Aplikasinya (1st ed.). Prenadamedia Group.

Tua, A. G., Tewal, B., & Karuntu, M. (2014). KONSEP DIRI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, DISIPLIN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DI KEJAKSAAN TINGGI SULAWESI UTARA. JURNAL EMBA: JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.2.1.2014.3948

Wahyuni, I. W., Alucyana, A., & Utami, D. T. (2020). Pengaruh Konsep Diri, Masa Kerja dan Latar Belakang Pendidikan terhadap Motivasi Kerja Kepala RA. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.35896/ijecie.v4i1.100




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1653

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF – 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Badrut Tamam, Sulaichah, M.Ihvan Kurnia Z.R, Arifah Setyaningrum, Dian Novita Anggrainy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.