PENINGKATAN PEMASARAN HASIL PRODUKSI MELALUI PELATIHAN INTERNET DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Abstract
Bali Kui merupakan kelompok usaha yang memproduksi anyaman dekorasi tradisional ramah lingkungan. Kelompok usaha ini berada di Desa Gulingan tepatnya di Banjar Lebah Sari Gulingan, Mengwi, Badung, Bali. Kelompok usaha ini dekat dengan obyek wisata Pura Taman Ayun. Dalam memasarkan hasil, Bali Kui masih menggunakan media pemasaran manual yaitu dari mulut ke mulut. Anggota kelompok usaha Bali Kui juga belum mengetahui internet dan media sosial. Dari 7 orang anggota yang ada dalam kelompok ini hanya 1 orang yang memiliki media sosial. Untuk itu dalam kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) ini akan dilakukan pelatihan pengenalan internet dan media sosial. Pelatihan dilakukan secara luring ke tempat mitra yaitu Bali Kui. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat membantu kelompok usaha meningkatkan pengetahuannya dalam internet dan media sosial. Selain itu diharapkan kelompok usaha bisa menggunakan internet dan media sosial untuk memasarkan hasil dekorasi tradisional yang di produksi. Indikator capaian adalah mitra mengetahui dan bisa menggunakan internet dan media sosial. Dari pelatihan yang diberikan dan hasil evaluasi berupa kuisioner diperoleh total rata-rata nilai kuisioner 4 dengan persentase 80%. Dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan “Bisa†menggunakan dan memasarkan produk dengan instagramÂ
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, S., Fahlevi, M., Rita, Rabiah, A. S., & Parashakti, R. D. (2020). PENGARUH SOSIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PENGARUH MINAT KERJA ANTAR BRAND. JIEMAR, 1(1b), 127–130. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.33
Cahyono, A. S. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. Publiciana, 9(1), 140–157. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79
Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855
Frison, E., & Eggermont, S. (2017). Browsing, Posting, and Liking on Instagram: The Reciprocal Relationships Between Different Types of Instagram Use and Adolescents’ Depressed Mood. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 20(10), 603–609. https://doi.org/10.1089/cyber.2017.0156
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Muryadi, A. D. (2017). MODEL EVALUASI PROGRAM DALAM PENELITIAN EVALUASI. JURNAL ILMIAH PENJAS, 3(1), 1–16. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/538
Priambada, S. (2015). MANFAAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 41–46.
Santiari, N. P. L., Rahayuda, I. G. S., Pratami, N. W. C. A., & Muryatini, N. N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Media Pemasaran Pada Kelompok Kerajinan Bali Kui. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 82–86. https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/165
Saryanti, I. G. A. D., Kusuma, I. G. N. A., Parameswari, K. T., Sidhiantara, I. G. B. P., Sidhiantari, I. G. A. P. I., & Hadi, R. (2021). Pelatihan Media Sosial Pada Usaha Kue Di Daerah Batubulan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(2), 49–53. https://doi.org/https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.249
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1579
Article Metrics
Abstract view : 250 timesPDF – 143 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ni Putu Linda Santiari & I Gede Surya Rahayuda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.