WORKSHOP PENULISAN AKSARA ARAB MELAYU PADA MAHASISWA SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS JAMBI
Abstract
Aksara Arab Melayu merupakan salah satu aksara yang keberadaannya digunakan sebagai media komunikasi tulisan di Provinsi Jambi, namun kenyataannya sudah mulai tergerus. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk dapat mengidentifikasi, menulis, membaca, dan menganalisis teks beraksara Arab Melayu. Metode yang digunakan adalah metode langsung. Hasil pengabdian disimpulkan bahwa sebahagian besar mahasiswa Sastra Indonesia telah memahami dan dapat membaca maupun menulis Aksara Arab Melayu, meningkatnya kesadaran mahasiswa akan pentingnya menjaga sistem tulis masa lampau dan mempertahankan eksistensinya hingga saat ini, Mahasiswa sastra Indonesia mempunyai pengalaman dan pengetahuan membaca, menelaah, alih aksara, dan menganalisis teks dan naskah sebagai persiapan menghadapi mata kuliah filologi. Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmara, Y., Muslihah, N. N., & I., I. (2019). P PELATIHAN PENULISAN AKSARA ULU SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA DAERAH PADA KELOMPOK MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SEJARAH KOTA LUBUKLINGGAU. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 39–50. https://doi.org/10.31540/jpm.v1i2.211
Gunada, I. W. A., Dyatmika, G. E. P., & Weda, G. L. N. (2021). PELATIHAN DAN PEMBELAJARAN AKSARA BALI PADA ANAK-ANAK DI PASRAMAN AMERTA SANJIWANI. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 155–164. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4136
Hariadi, J., Bania, A. S., & Hidayat, M. T. (2018). PELATIHAN MEMBACA UNTUK PENGENTASAN BUTA AKSARA DI WILAYAH KOTA LANGSA. Jurnal Vokasi, 2(2), 97–103. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v2i2
Risdiawati, D., Siswanto, W., & Nurhadi. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TULISAN ARAB-MELAYU. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1002–1007. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6354
Roza, E. (2017). Aksara Arab-Melayu di Nusantara dan Sumbangsihnya dalam Pengembangan Khazanah Intelektual.
TSAQAFAH, 13(1), 177. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v13i1.982
Sulibra, I. K. N., Suryati, N. M., Erawati, N. K. R., Puspawati, L. P., &
Suardiana, I. W. (2017). PEMBINAAN DAN PELATIHAN PENULISAN PAPAN NAMA DWIAKSARA SESUAI PASANG AKSARA DI KECAMATAN BANJARANGKAN KABUPATEN KLUNGKUNG. Buletin Udayana Mengabdi, 16(3), 291–296. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/37283
Warni, & Afria, R. (2021). PENGUATAN KEMAMPUAN LITERASI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS JAMBI. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 6–13. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.546
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1573
Article Metrics
Abstract view : 610 timesPDF – 1287 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Warni, Maizar Karim, Rengki Afria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.