PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19

Andhi Dwi Nugroho, Adria Vitalya Gemilang, Triana Wiji Astuti, Ani Widyawati, Ani Fiani

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan untuk belajar dari rumah melalui sistem daring. Hal ini mengakibatkan kesulitan belajar bagi siswa. Motivasi belajar siswa mengalami penurunan sebab tak memadainya bimbingan dan arahan orang tua ketika menjalani pembelajaran di rumah. Dengan demikian, diperlukan sebuah kegiatan pendampingan pembelajaran di rumah guna membantu membimbing serta mengajar anak-anak jika mengalami kesukaran pada pembelajaran dirumah. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Desa Singosaren, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta berupa pendampingan bimbingan belajar di rumah bagi siswa sekolah dasar. Kegiatan ini diselenggarakan untuk siswa PAUD dan SD yang berjumlah 10 -12 siswa. Kegiatan yang dilaksanakan selama masa pandemi ini terdiri atas tiga tahapan yaitu, tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan evaluasi. Hasilnya, siswa antusias dalam proses pendampingan belajar, hasil belajar siswa meningkat, dan semua tugas dikerjakan dengan baik. Dengan adanya pendampingan belajar ini bermanfaat membantu siswa yang kesulitan belajar secara daring di masa pandemi Covid-19.


Keywords


Pendampingan Belajar, Belajar dari Rumah Selama Masa Pandemi

Full Text:

PDF

References


Anggadewi, B. E. T. (2014). Slow Learner: Bagaimana Memotivasinya dalam Belajar. Widya Dharma: Jurnal Kependidikan, 27(1), 1–8.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Eliawati, T. (2021). Implementasi Gaya Kepemimpinan Guru dan Disiplin Murid. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 394–399. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1231

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). PENDAMPINGAN BELAJAR DI RUMAH BAGI SISWA SEKOLAH DASAR TERDAMPAK COVID-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Khasanah, A. Z. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang [Universitas negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17327

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Jurnal Aksara Public, 4(2), 155–165.

Nuriansyah, F. (2020). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI SAAT AWAL PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Rosaria, D., & Novika, H. (2018). BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR (6-12 TAHUN) DI DESA SEMANGAT DALAM RT.31HANDIL BHAKTI. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2), 13–19. https://doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751

Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 149–162. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2435

Teguh, M. (2015). DIFUSI INOVASI DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI YAYASAN TRAMPIL INDONESIA. Scriptura, 5(2), 71–78. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.2.71-78

Wahyuningsih, S., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2020). Implementation of Leadership Value of Rudy Resnawan as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 169–177. https://doi.org/10.20527/iis.v1i2.2094




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1557

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF – 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andhi Dwi Nugroho, Aria Vitalya Gemilang, Triana Wiji Astuti, Ani Widyawati, Ani Fiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.