MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI KEGIATAN ENGLISH CAMP

Muhammad Yahrif, Suharti Sirajuddin, Nurhikma Utami

Abstract


kegiatan English camp merupakan salah satu gagasan yang inovatif untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri anggota atau pengurus UKM English Community of Megarezky (E-COMER) Universitas Megarezky Makassar dalam berbicara bahasa Inggris melalui kegiatan English Camp. Kegiatan outdoor yang dilakukan sebagai kegiatan latihan berbicara di luar kelas dikenal dengan kegiatan English camp. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung selama 3 hari 3 malam. Setelah itu mahasiswa telah mempelajari teori dasar dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah mentransfer ilmu, praktik/latihan berbicara, memotivasi, dan memecahkan masalah. Temuan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa kegiatan English Camp dapat membantu mahasiswa dan pengurus UKM English Community of Megarezky dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berbicara bahasa Inggris


Keywords


Bahasa Inggris, English Camp, Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Faidy, A. B., & Arsana, I. M. (2014). HUBUNGAN PEMBERIAN REWARDDAN PUNISHMENTDENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMBUNTEN KABUPATEN SUMENEP. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 454–468.

Kurniawan, R., & Fussalam, Y. E. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DASAR MELALUI KEGIATAN ENGLISH CAMP. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 752–756. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.413

Muhfizaturrahmah, & Hermaniar, Y. (2018). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI PROGRAM STUDY VISIT KE LUAR NEGERI. Jurnal Edukasi Elektro, 2(2), 92–100. https://doi.org/10.21831/jee.v2i2.22461

Mustakim, M., & Ismail, I. (2018). The Influence of English Camp in Improving Speaking Skill of English House Course Students in Maroangin Kabupaten Enrekang. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.10

Rosmayanti, V., & Yahrif, M. (2018). The Application of Communicative Activities to Improve Speaking Skill of Second Grade students of one of Private High school in Makassar. International Journal of Emerging Technologies and Innovative Research, 5(9), 219–226. http://www.jetir.org/papers/JETIR1809340.pdf

Santosa, R. B. (2018). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 87. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3089

Sirajuddin, S., & Yahrif, M. (2020). ANALYZING LEARNERS’ IDENTITY AND DIFFERENCE THROUGH ENGLISH MEETING CLUB. ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal), 6(2), 219. https://doi.org/10.24252/Eternal.V62.2020.A3

Sirajuddin, S., & Yahrif, M. (2021). Pelatihan Listening Untuk TOEFL Test Bagi Mahasiswa Prodi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. MEGA PENA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67–75. https://doi.org/https://doi.org/10.37289/megarezky

Yuliyanto, A. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR UNTUK MENGATASI DISKALKULIA PADA SISWA SD.

Zhou, R. (2008). An Evaluation of the English Immersion Approach in the Teaching of Finance in China. English Language Teaching, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.5539/elt.v1n2p71




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1507

Article Metrics

Abstract view : 174 times
PDF – 74 times

Data citation

Hermaniar, Y., & Yuniarti, N. (2015). Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris. 92–100. Kurniawan, R., & Fussalam, Y. E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dasar Melalui Kegiatan English Camp. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 752–756. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.413 Mustakim, M., & Ismail, I. (2018). The Influence of English Camp in Improving Speaking Skill of English House Course Students in Maroangin Kabupaten Enrekang. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.10 Rosmayanti, V., & Yahrif, M. (2018). The Application of Communicative Activities to Improve Speaking Skill of Second Grade students of one of Private High school in Makassar. 5(9), 219–226. Santosa, R. B. (2018). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 87. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3089 Sirajuddin, S., & Yahrif, M. (2021). Pelatihan Listening Untuk TOEFL Test Bagi Mahasiswa Prodi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. 1, 67–75. https://doi.org/10.37289/megarezky. Yahrif, M., & Dahniar, (2021). The Art Of English For University Students: How to Handle; Weekly English Meeting, English Debate, English Camp, English Speech. Yogyakarta: CV : Pustaka Ilmu. Yuliyanto, A., & Indonesia, U. P. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR UNTUK Diajukan untuk Memenuhi Syarat Mengikuti LKTI TCA XVI Bidang Pendidikan Oleh Aan Yuliyanto ( 1400184 ). July. Zhou, R. (2008). An evaluation of the English immersion approach in the teaching of finance in China. Canadian Centre of Science Journal, 1(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Yahrif, Suharti Sirajuddin, Nurhikma Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

          

JournalStories Main logo

MEMBER OF

RJI Main logo  

  Crossref Sponsoring Member Badge

JOURNAL CITATION

    


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.