PELATIHAN MENYUSUN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ANALISIS MENGGUNAKAN MODEL RASCH BAGI GURU IPA

Nur Eka Kusuma Hindrasti, Ardi Widhia Sabekti, Dios Sarkity

Abstract


Soal kemampuan berpikir kritis yang berkualitas dibutuhkan untuk mengukur pencapaian siswa setelah mengikuti program pembelajaran yang diberikan oleh guru. Soal yang baik juga dibutuhkan agar siswa terlatih untuk menghadapi persoalan yang membutuhkan kemampuan kompleks tersebut. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan agar guru IPA dapat meningkatkan keterampilan menyusun soal kemampuan berpikir kritis dan menganalisisnya dengan Model RASCH. Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka sebanyak dua pertemuan dan dikombinasikan dengan pembimbingan secara daring, dengan total 38 JP. Temuan yang diperoleh menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang kemampuan berpikir kritis pada kategori sedang (N-Gain 0,63), peningkatan kualitas soal tes berpikir kritis yang disusun guru, dan peningkatan keterampilan dalam analisis menggunakan Model RASCH


Keywords


Berpikir Kritis, Guru IPA, Model RASCH

Full Text:

PDF

References


Bond, T. G., & Fox, C. (2015). Applying the Rasch Model; Fundamental Measurement in the Human Sciences (3rd ed.). Routledge.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Literasi Matematika. PRISMA I, 1, 170–176.

Duncan Seraphin, K., Harrison, G. M., Philippoff, J., Brandon, P. R., Nguyen, T. T. T., Lawton, B. E., & Vallin, L. M. (2017). Teaching aquatic science as inquiry through professional development: Teacher characteristics and student outcomes. Journal of Research in Science Teaching, 54(9), 1219–1245. https://doi.org/10.1002/tea.21403

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594

Fauville, G., Säljö, R., & Dupont, S. (2013). Impact of ocean acidification on marine ecosystems: educational challenges and innovations. Marine Biology, 160(8), 1863–1874. https://doi.org/10.1007/s00227-012-1943-4

Fera, M., & Febrian. (2019). Pemanfaatan Pemodelan Rasch Dalam Asesmen Pembelajaran Bagi MGMP Matematika SMA Kabupatan Bintan. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 107–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i1.346

Hindrasti, N. E. K., Asikin, N., & Khairinnisa, W. (2020). An Analysis of Critical Thinking Skills; Global Warming Learning Materials. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 11(2), 121–128. https://doi.org/10.24042/biosfer.v11i2.5868

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA (PysTHOTS) PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120

KEMENDIKBUD. (2016). Silabus Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Mata Pelajaran Biologi.

Laily, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia, 11(1), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/kaunia.1079

Lane, D., & Oswald, F. L. (2016). Do 45% of College Students Lack Critical Thinking Skills? Revisiting a Central Conclusion of Academically Adrift. Educational Measurement: Issues and Practice, 35(3), 23–25. https://doi.org/10.1111/emip.12120

O.E.C.D. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD. https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en

Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004

Reta, I. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1), 1–16. https://doi.org/https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/403

Sabaryati, J., Isnaini, M., & Ilham, I. (2018). PELATIHAN APLIKASI PERMODELAN KOMPUTER BERBASIS RASH MODEL UNTUK ASSESMENT PENDIDIKAN BAGI GURU-GURU DI PONPES NURUL HARAMAIN PUTRA NARMADA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 38. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.564

Sabekti, A. W., & Khoirunnisa, F. (2018). PENGGUNAAN RASCH MODEL UNTUK MENGEMBANGKAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN BERIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK IKATAN KIMIA. Jurnal Zarah, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.31629/zarah.v6i2.724

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1066

Article Metrics

Abstract view : 343 times
PDF – 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Eka Kusuma Hindrasti, Ardi Widhia Sabekti, Sarkity Dios

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.