EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH DASAR POKOK BAHASAN PECAHAN

Yamomaha Telaumbanua

Abstract


RINGKASAN - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan
penggunaan alat peraga pada proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar
pokok bahasan pecahan. Metode penelitian menggunakan metode library research
yaitu dengan menggali proses pembelajaran matematika pada tingkat sekolah
dasar berdasarkan teori-teori, kemudian membandingkannya dengan praktek
pengajaran maupun dengan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan.
Penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika sangat penting dan sangat
dibutuhkan bagi anak Sekolah Dasar. Karena mereka butuh sesuatu yang abstrak.
Anak usia Sekolah Dasar lebih mudah mempelajari sesuatu yang abstrak,
sehingga penggunaan alat peraga sangat efisien dan efektif dalam proses
pembelajaran serta keberhasilan terhadap tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Dengan menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran pokok bahasan
pecahan akan memperoleh hasil yang lebih baik daripada tidak menggunakan alat
peraga. Penggunaan alat peraga pada pengajaran matematika pokok bahasan
pecahan adalah lebih efektif.
Kata kunci : Alat Peraga dan Matematika




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.900

Article Metrics

Abstract view : 1247 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 6053 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.