ANALISIS PENGARUH PENJUALAN, CURRENT RATIO DAN HUTANG TERHADAP NET PROFIT MARGIN PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2017

Mohd. Nawi Purba, Andika Wijaya

Abstract


RINGKASAN - Sekarang ini, beberapa masyarakat Indonesia khususnya dari kaum milenial mulai menunjukkan ketertarikannya terhadap investasi terutama tren investasi saham. Selain modal yang diperlukan tidak terlalu besar, investasi saham juga cenderung lebih mudah dilakukan, karena transaksinya dilakukan secara digital. Biasanya masyarakat akan memperhatikan beberapa faktor sebelum bertransaksi pembelian lembar saham di Bursa Efek Indonesia. Disini beberapa faktor pembahasan sebelum berinvestasi saham adalah penjualan, current ratio, hutang dan net profit margin khususnya di sektor industri dasar dan kimia pada tahun 2015-2017.
Penjualan adalah suatu aktivitas usaha dalam hal menjualan barang dan jasa. Namun terkadang penjualan jasa disebut juga pendapatan. Current Ratio ataupun rasio lancar yakni suatu perbandingan aset lancar terhadap hutang lancar di suatu perusahaan. Hutang adalah sejumlah nilai yang harus dibayarkan di masa depan yang dimana manfaatnya sudah diterima. Net Profit Margin menggambarkan suatu ukuran bagaimana perusahaan sanggup mendapatkan laba bersih terhadap total keseluruhan penjualan bersih.
Pada penelitian ini digunakan metode deskriptif kuantitatif bersifat explanatory. Dalam observasi ini, peneliti menggunakan populasi berupa perusahaan-perusahaan tertera di BEI untuk tahun 2015 hingga tahun 2017 khususnya pada sektor industri dasar dan kimia. Observasi ini memilih sampel sebanyak 20 perusahaan dengan 3 tahun laporan keuangan, yang artinya total sample penelitian sebanyak 60.
Penelitian ini menghasilkan output bahwa penjualan, current ratio beserta hutang secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikasi terhadap net profit margin perseroan yang bergerak di sektor industri dasar dan kimia di BEI pada periode 2015-2017. Terhadap net profit margin, penjualan memiliki pengaruh secara negatif dan signifikasi, sedangkan current ratio tak berpengaruh dan untuk hutang juga memiliki pengaruh positif secara signifikasi.
Kata Kunci : Penjualan, Current Ratio, Hutang, Net Profit Margin




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.893

Article Metrics

Abstract view : 325 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 283 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.