Efektivitas Canva sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Persuasif Siswa SMP Negeri 3 Awangpone
Abstract
Permasalahan utama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah rendahnya kemampuan menulis teks persuasif siswa, terutama dalam mengembangkan ide, memilih diksi, dan menyusun argumen yang logis. Kondisi ini membuat siswa kurang termotivasi dan menghasilkan tulisan dengan kualitas rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini menerapkan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran inovatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek 25 siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Awangpone. Data dikumpulkan melalui tes menulis, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan. Pada pra-siklus, rata-rata capaian siswa hanya 56%, meningkat menjadi 70% pada siklus I, dan mencapai 91% pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 100%. Temuan ini menegaskan bahwa Canva efektif meningkatkan keterampilan menulis persuasif sekaligus menumbuhkan motivasi, kreativitas, dan keterlibatan siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfianto, Denis Yulian. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual Berbasis Animasi Flash Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Cerita.” Journal of Education Action Research 5(1):33–39.
Arikunto, Suharsimi. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Asnawati, Yuyun, and Sutiah Sutiah. 2023. “Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Journal of Islamic Education 5(1):64–72.
Beardsley, Marc, Laia Albó, Pablo Aragón, and Davinia Hernández‐Leo. 2021. “Emergency Education Effects on Teacher Abilities and Motivation to Use Digital Technologies.” British Journal of Educational Technology 52(4):1455–77.
Chamidah, Siti Nurul. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Dan Padlet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Caption.” Dharma Pendidikan 17(1):83–94.
Fauziyah, Nabielah Luaily, J. Priyanto Widodo, and Shierly Novalita Yappi. 2023. “The Use of ‘Canva for Education’and the Students’ Perceptions of Its Effectiveness in the Writing Procedure Text.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) 5(1).
Hakiki, Muhammad, Radinal Fadli, Yayuk Hidayah, Rita Zunarti, and Vivi Yosefri Yanti. 2024. “CT-Mobile: Enhancing Computational Thinking via Android Graphic Design App.” International Journal of Interactive Mobile Technologies 18(13).
Helaluddin, H., and A. Awalludin. 2020. “Keterampilan Menulis Akademik.” Media Madani.
Hyland, Ken. 2019. Second Language Writing. Cambridge university press.
Indriani, Chindy. 2024. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(2):330–39.
Johnson, Cheryl I., and Richard E. Mayer. 2009. “A Testing Effect with Multimedia Learning.” Journal of Educational Psychology 101(3):621.
Kemmis, Stephen, Robin McTaggart, and Rhonda Nixon. 2013. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer Science & Business Media.
Mayer, Richard E. 2005. “Cognitive Theory of Multimedia Learning.” The Cambridge Handbook of Multimedia Learning 41(1):31–48.
Salwa, Nabila. 2023. “Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif Untuk Menjadi Penulis Cerpen Yang Handal.” Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya 2(1):229–44.
Sari, Dwi Nur Indah, Wahyu Sugiarto, Rahma Sabilla, Alfi Zidanurrohim, Aswin Nurjanah, and Muh Alif Kurniawan. 2023. “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Menarik Di Era Digital.” PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2(1):75–86.
Tarigan, Yemima Heginta Br, Nana Hendra Cipta, and Siti Rokmanah. 2023. “Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Kegiatan Pemebelajaran Sekolah Dasar.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(5):829–42.
Tinio, Victoria L. 2002. “Survey of Information & Communication Technology Utilization in Philippine Public High Schools.” Retrieved on April 15:2008.
Trilling, Bernie, and Charles Fadel. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons.
Ulfah, Anisa, Elena Jesica, Lailatul Fitriyah, Ghaitsa Shofa Putri Amalia, Mita Yulianingtyas, and Putri Dewi Amelya. 2023. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Model Pembelajaran Olah Alur Pada Pembelajaran Menulis Cerpen.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 38–48.
Yanti, Novi Dama, Dilla Fadhillah, Enawar Enawar, and Sumiyani Sumiyani. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Di Kelas V Sdn Cirewed, Kabupaten Tangerang.” Berajah Journal 2(1):49–57.
Zamel, Vivian. 1982. “Writing: The Process of Discovering Meaning.” TESOL Quarterly 16(2):195–209.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i4.7602
Article Metrics
Abstract view : 40 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Satriyani - Satriyani, Idris Idris, muhammad Idris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.








113.jpg)














