PENGARUH EFIKASI DIRI, KECERDASAN ADVERSITAS, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA DI KOTA JEMBER

Yeni Amaliya, Retno Endah Supeni, Achmad Hasan Hafidzi

Abstract


Peran kewirausahaan di kalangan mahasiswa semakin penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi tingkat pengangguran. Kota Jember, sebagai wilayah dengan populasi mahasiswa yang besar, menjadi fokus strategis dalam pengembangan jiwa kewirausahaan generasi muda melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Adversitas, dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap niat berwirausaha pada mahasiswa di Kota Jember. Intensi berwirausaha penting untuk mendorong tumbuhnya wirausaha muda. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel mahasiswa yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Efikasi Diri mencerminkan keyakinan mahasiswa pada kemampuan diri, Kecerdasan Adversitas menunjukkan kemampuan menghadapi tantangan, dan Pendidikan Kewirausahaan memberikan pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Penelitian ini menyarankan pengembangan program pendidikan dan pelatihan kewirausahaan yang terpadu serta penguatan kapasitas psikologis mahasiswa agar siap menghadapi tantangan dunia usaha di Kota Jember

Keywords


Efikasi Diri, Kecerdasan Adversitas, Pendidikan Kewirausahaan, Intensi Berwirausaha.

References


Agustina, T., Nurhikmah, N., & Rudiansyah, M. (2022). The Influence of Locus of Control, Self-Efficacy, and Adversity Quotient on Business Performance. Jurnal Economia, 18(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/economia.v18i1.34013

Ahmmadi, P., Rahimian, M., & Movahed, R. G. (2021). Theory Of Planned Behavior To Predict Consumer Behavior In Using Products Irrigated With Purified Wastewater In Iran Consumer. Journal Of Cleaner Production, 296, 126359.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, And Behavior (2nd Ed.). Maidenhead, UK: Open University Press.

Ajzen, I. (1991Nafisah, A. N., Zulaihati, S., & Mardi, M. (2023). The Effect of Adversity Quotient and Family Environment on Entrepreneurial Intention on Faculty of Economics of Jakarta State University. Reflection: Education and Pedagogical Insights, 1(3), 89-98. http://firstcierapublisher.com). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decission Processes. Economics, 50, 179–211.

Akbar, R. P., & Armansyah, R. F. (2023). Perilaku Keuangan Generasi Z Berdasarkan Literasi Keuangan, Efikasi Diri, Dan Gender. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 2(2), 107–124. https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i2.5836

Alfaini, F., & Sanjaya, A. (2023). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan self-efficacy terhadap intensi berwirausaha (studi pada mahasiswa fakultas ekonomi & bisnis universitas mulawarman). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 13(1), 202–219.

Amofah, K., & Saladrigues, R. (2022). Impact of attitude towards entrepreneurship education and role models on entrepreneurial intention. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 11(1). https://doi.org/10.1186/s13731-022-00197-5

Arikunto S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arimbawa, P. A. P., & Putri, L. I. (2023). ANALISIS MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI IMPLEMENTASI DUA PERSPEKTIF TEORI (SCT x TPB). Ekonomi Dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, Dan Terapan Teori, 27(2), 61–71. https://doi.org/10.24123/jeb.v27i2.5823

Awaluddin, M. (2022). Adversity Quotient, Self Efficacy Dan Lingkungan Bagi Kegiatan

Kewirausahaan Mahasiswa Berbasis Teknologi. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi,

Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 81-93.

AS, M. (2001). Ordinary magic. Resilience processes in development. American Psychologist.

Aurellia, K., & Puspitowati, I. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kreativitas, dan Efikasi Diri Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(3), 677–686. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25407

Bandura, A. (1977). Social learning theory. In Elgar Encyclopedia of Cross-Cultural Management (pp. 133–134). https://doi.org/10.4337/9781803928180.ch33

Bandura, A. (1982). Self-efficacy mechanism in human agency. American Psychologist.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. In American Psychological Association.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise Of Control. New York: W. H. Freeman And Company.

Bhati, K., & Sethy, T. (2022). Self-Efficacy: Theory To Educational Practice. The International Journal Of Indian Psychology, 10(1), 1123-1128.

Budiono, Indawati, N., & Kistyanto, A. (2019). The Effect Of Self-Efficacy, Adversity Quotient, And Locus Of Control On Entrepreneurial Intentions. Scholars Journal Of Economics, Business And Management, 6(2), 122-130.

Budiono, Nugrohoseno, D., Fatoni, F., Purwohandoko, & Indawati, N. (2022). Exploring The Factors That Effect Entrepreneurial Intentions. International Journal Of Managemen And Economics Invention, 8(4), 2399-2405. Https://Doi.Org/10.47191/Ijmei/V8i4.02

Burhan, I., & Azis, E. (2023). the Influence of Entrepreneurship Education on Students’ Entrepreneurship Intention. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 5(1), 49–56.

Carpenter, A., & Wilson, R. (2022). A Systematic Review Looking At The Effect Of Entrepreneurship Education On Higher Education Student. The International Journal Of Management Education, 20(2), 100541.

Chadha, N. (2021). Adversity Quotient: Surviving Rather Than Giving Up. Psychology And Education Journal, 58(2), 5942-5947.

Christensen, B. T., Arendt, K. M., Mcelheron, P., & Ball, L. J. (2023). The Design Entrepreneur: How Adaptive Cognition And Formal Design Training Create Entrepreneurial Self-Efficacy And Entrepreneurial Intention. Design Studies, 86, 101181.

Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2025). PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS, SELF EFFICACY DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS ABC TANGERANG Ni. Jurnal Nusa Manajemen, 2(2), 412–436.

Cui, J. (2022). Behavioural entrepreneurial mindset: How entrepreneurial education activity impacts entrepreneurial intention and behaviour. The International Journal of Management Education.

Cui, J., & Bell, R. (2022). Behavioural Entrepreneurial Mindset: How Entrepreneurial Education Activity Impacts Entrepreneurial Intention And Behaviour. The International Journal Of Management Education, 20(2), 100639.

Damayanti, S. D., & Effane, A. (2022). Fungsi Kewirausahaan Dalam Pendidikan. Karimah Tauhid, 1(1), 90-98.

Daniel, & Handoyo, S. E. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, III(4), 944–952.

Djunaidah, S., Matulesy, A., & Rini, R. A. P. (2023). Self-Esteem And Adversity Quotient To Increase Learning Independence. International Journal Of Research In Counseling, 2(2), 1-14.

Do Nguyen, Q., & Nguyen, H. T. (2023). Entrepreneurship Education And Entrepreneurial Intention: The Mediating Role Of Entrepreneurial Capacity. The International Journal Of Management Education, 21(1), 100730.

Duong, C. D. (2022). Exploring The Link Between Entrepreneurship Education And Entrepreneurial Intentions: The Moderating Role Of Educational Fields. Education+ Training, 64(7), 869-891.

Fayolle, A., & Gailly, B. (2008). Teaching Models and Learning Processes in Entrepreneurship Education. In Journal of European Industrial Training.

Fayolle, A., & Gailly, B. (2008). From Craft To Science: Teaching Models And Learning Processes In Entrepreneurship Education. Journal Of European Industrial Training, 32(7), 569–

Https://Doi.Org/10.1108/03090590810899838

Ferreira-Neto, M. N., De Carvalho Castro, J. L., De Sousa-Filho, J. M., & De Souza Lessa, B. (2023). The Role Of Self-Efficacy, Entrepreneurial Passion, And Creativity In Developing Entrepreneurial Intentions. Frontiers In Psychology, 14, 1134618.

Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/index

Gentari, R. E., Dewi, L. M., Hasanah., SE., M.Akt, A. N., & Suhartini. (2021). Upaya Peningkatan Penjualan dan Kemandirian Wirausahawan Golok Kecamatan Baros Kota Serang. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 16–22. https://doi.org/10.30656/ka.v3i1.2425

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Up Date PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariat. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan penerbait - Undip. https://doi.org/979-704-015-1

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasanah, F. A., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Kreativitas Sebagai Variabel Mediator. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 162–174. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3440

Hartono, B., Siregar, M., & Sriharini, S. (2022). Konsep Integrasi Pendidikan Islam Dan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Hermawan, A. (2023). OPTIMASI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MELALUI PENGUATAN KNOWLEDGE MANAGEMENT, KECERDASAN ADVERSITAS, EFIKASI DIRI, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA. Syntax Admiration, 4(11), 227–228. https://doi.org/10.4337/9781800378841.k.1

Hermawan, A., Gozali, A. F., & Muhammadi, A. M. (2023). Optimasi Penguatan Komitmen Profesi Guru Melalui Pengembangan Kecerdasan Adversitas, Komunikasi Interpersonal, Interdependensi Tugas dan Kepuasan Kerja. Jurnal Syntax Admiration, 4(9), 2180–2193. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i9.944

Ihsan, H., Bernard, B., & Sa’diyyah, F. N. (2024). Pengaruh Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Adversitas, dan Kecerdasan Spasial terhadap Hasil Belajar Geometri Peserta Didik. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1475

Indahsari, L., & Puspitowati, I. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Wirausaha Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 267. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11320

Irawan, T. T., Syafaat, F. I. T. R. A., & Zaki, N. A. M. (2023). Adversity Quotient And Self- Efficacy On Student Entrepreneurial Intention In Bogor City. TIJARI International Journal Of Islamic Economics, Business And Entrepreneurship, 3(1), 01-17.

Kardila, K., & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pola Pikir Kewirausahaan, Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(4), 1026–1034. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i4.20566

Kurniawati, M., Hairudin, & Isabella, A. A. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Kreativitas dan Lingkungan Keluarga Terhadap Intensi Berwirausaha (Studi Kasus SMK Negeri Sukoharjo). Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI) E-ISSN, 2(2), 2023.

Khoiriyah, R., Sudarno, S., & Setyowibowo, F. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri Dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha E-Business Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 181- 193.

Latifah, I. N., & Yuniarsih, T. (2019). Effect Of Adversity Quotient On Entrepreneurial Intention.

In Proc. 9th Int. Conf. Special Educ. Southeast Asia Region (ICSAR) (P. 357).

Laurent, M., & Puspitowati, I. (2024). Efikasi Diri sebagai Mediator Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kecerdasan Adversitas terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(2), 428–437. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i2.29846

Luthans. (2007). Positive psychological capital: Measurement and relationship with performance and satisfaction. Personnel Psychology.

M. Rifki Fadilah, & Firda Numalasari. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Melalui Pola Pikir Wirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Menengah Atas : Studi Kasus SMA Labschool Cibubur. Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 43–74. https://doi.org/10.62203/jkjip.v1i1.11

Mahbubah, S., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i1.1

Maheshwari, G., Kha, K. L., & Arokiasamy, A. R. A. (2023). Factors affecting students’ entrepreneurial intentions: a systematic review (2005–2022) for future directions in theory and practice. In Management Review Quarterly (Vol. 73, Issue 4). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/s11301-022-00289-2

Maheshwari, G. (2022). Entrepreneurial Intentions Of University Students In Vietnam: Integrated Model Of Social Learning, Human Motivation, And TPB. The International Journal Of Management Education, 20(3), 100714.

Marcelina, S., & Kurniawan, R. Y. (2024). Literatur Riview: Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Norma Subjektif Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(3). https://doi.org/10.31932/jpe.v9i3.3880

Marco, B. C., & Selamat, F. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Kewirausahaan, Dukungan Sosial, Dan Dukungan Edukasi Terhadap Intensi Kewirausahaan Sosial Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(02), 289-300.

Meirani, M., & Lestari, L. P. (2022). Pengaruh Prestasi Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(4), 469–472. https://doi.org/10.37676/mude.v1i4.2516

Metty, P. F., & Slamet, F. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Swasta di Jakarta Barat: Efikasi Diri dan Motivasi sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(3), 697–707. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25410

Milayanti. (2018). Penggunaan Social Cognitive Career Theory Untuk Menentukan Minat Berwirausaha (Survei pada Mahasiswa Angkatan 2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya).

Misbahuddin, M. H., Afriza, E. F., & Nurdianti, R. R. S. (2025). Peran Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga Dan Adversity Quotient Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 3(2), 566-575.

Mutiara Pradina Putri, I. G. A. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI FINANCIAL SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KOTA SURABAYA Mutiara. SPIRIT PRO PATRIA, 9(September), 126–146.

Nafisah, A. N., Zulaihati, S., & Mardi, M. (2023). The Effect of Adversity Quotient and Family Environment on Entrepreneurial Intention on Faculty of Economics of Jakarta State University. Reflection: Education and Pedagogical Insights, 1(3), 89-98. http://firstcierapublisher.com

NAIBORHU, I. K., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Marketplace, Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unesa Melalui Efikasi Diri. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 107–124. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p107-124

Natasha, J., & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha: Sikap Kewirausahaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 399. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18238

Nengseh, R. R., & Kurniawan, R. Y. (2021). Efikasi Diri Sebagai Mediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 156. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.5157

Nuraeni, Y. A. (2022). Peran Pendidikan dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha. Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 38–53. https://poskita.co/2020/06/20/peran-pendidikan-dalam-pembentukan-jiwa-wirausaha/

Pinontoan, M. (2021). Teori Dan Praktik Pendidikan Kewirausahaan. Penerbit Nem.

Praditya, A., Pamungkas, I. B., & Rodiyana, N. (2024). Tinjauan Literatur: Pendidikan Entrepreneur Mahasiswa. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management And Business, 7(4), 993-1007.

Pradana, B. H., & Prakoso, A. F. (2023). Pengaruh Efikasi Diri Berwirausaha Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Journal of Education and Research, 2(2), 75–92. https://doi.org/10.56707/jedarr.v2i2.162

Pramudya, G., & Mardikaningsih, R. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Motivasi Diri, Konsep Diri Dan Efikasi Diri (Studi Pada SMAN1 Gondang Kabupaten Mojokerto). Jurnal Pendidikan, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9–20. https://jurnalnala.id/index.php/nala/article/view/2

Prawesti, M. I., & Cahya, S. B. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Dan Pola Pikir Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 233–242.

Prawoto, E., & Affandi, A. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DENGAN SIKAP BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 50–60. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i1.1648

Qurbani, D., & Solihin, D. (2021). Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kualitas Kehidupan Kerja. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 223–232. https://doi.org/10.26905/jbm.v8i2.5797

Ramadhani, S. F., & Marna, J. E. (2024). Pengaruh Self-Efficacy, Adversity Quotient, Dan Entrepreneurial Alertness Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Ecogen, 7(3), 521- 532.

Relente, A. R. R., & Capistrano, E. P. S. (2025). Innovation Self-Efficacy, Theory Of Planned Behavior, And Entrepreneurial Intentions: The Perspective Of Young Filipinos. Asia Pacific Management Review, 30(3), 100350.

Rizqy, Suharto, Ha. (2025). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa …. Student Online Journal (SOJ) …, 8(2), 571–580.

Royyan, R. F., & Pahlevi, T. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Berwirausaha Melalui Efikasi Diri. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1092. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8805

Rukmana, A. Y. (2021). Analisis Urgensi Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dan Peranan Society 5.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan. JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi), 13(1), 8–23.

Sa’adah, M., & Ummah, N. I. (2024). Menggali Potensi Kreativitas Santri Melalui Manajemen Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Assuniyyah Kencong Jember. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(4), 186–200. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2751

Safitri. (2024). Jember Jadi Kota Pendidikan Terbesar Ke-3 Di Jawa Timur, Ini Daftar Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta. Jember: Jawapos Radar Jember Https://Radarjember.Jawapos.Com/Jember/794488390

Safitri, D., & Sujarwo Sujarwo. (2024). Adaptasi Mahasiswa Dalam Mengatasi Culture Shock Dalam Perkuliahan. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(4), 253–264. https://doi.org/10.62383/risoma.v2i4.180

Sahrah, G. &. (2024). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN MENGHADAPI RINTANGAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, V, 33–43.

Sari, A. I. C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Dalam Menumbuhkan Sikap Mental Kewirausahaan Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 7(2), 403. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10287

Schunk, D. H., & Dibenedetto, M. K. (2021). Self-Efficacy And Human Motivation. In Advances In Motivation Science (Vol. 8, Pp. 153-179). Elsevier.

Setiawati, S., Adi, B. W., & Setyowibowo, F. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 9(1), 39–51. https://doi.org/10.20961/bise.v9i1.70759

Soelaiman, L., Puspitowati, I., & Selamat, F. (2022). Peran Model Panutan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Melalui Penerapan Teori Perilaku Terencana. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 320–329. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.20387

Statistik, B. P. (2024). Kabupaten Jember Dalam Angka 2024. Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember.

Stoltz, P. G. (1997). Adversity quotient: turning obstacles into opportunities. John Wiley & Sons.

Stoltz, P. G. (1997). Adversity Quotient: Turning Obstacles Into Opportunities. New York: Wiley.

Su, Y., Zhu, Z., Chen, J., Jin, Y., Wang, T., Lin, C. L., & Xu, D. (2021). Factors Influencing Entrepreneurial Intention Of University Students In China: Integrating The Perceived University Support And Theory Of Planned Behavior. Sustainability, 13(8), 4519.

Sudimantoro, A. S., Afridah, N., Kharisma, A. S., & Mulyani, I. D. (2023). Pengaruh Efikasi Diri Dan Literasi Keuangan Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi. JECMER: Journal Of Economic, Management And Enterpreneurship Research, 1(3), 257-273.

Sudimantoro, A. S., Afridah, N., Kharisma, A. S., & Mulyani, I. D. (2023). Pengaruh Efikasi Diri dan Literasi Keuangan terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(4), 257–273.

Sugianingrat, I. A. P. W., Wilyadewi, I. I. D. A. Y., & Sarmawa, I. W. G. (2020). Determination of Entrepreneurship Education, Family Environment, and Self-Efficacy on Entrepreneurship Interest. Jurnal Economia, 16(1), 33–43. https://doi.org/10.21831/economia.v16i1.30374

Sugiyono. (2016a). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 2016.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Alfabeta, 2018.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta CV.

Sukatin, Indah Purnama Kharisma, & Galuh Safitri. (2023). Efikasi Diri Dan Kestabilan Emosi Pada Prestasi Belajar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 28–39. https://doi.org/10.24252/edu.v3i1.39695

Supeni, R. E., Wijayantini, B., & Ferdiawati, G. (2021, June). Studi Empirik Kebutuhan

Prestasi, Norma Subjektif, Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa

Di Tiap Fakultas Di Universitas Muhammadiyah Jember. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS (Pp. 226-240).

Supeni, R. E., & Sari, M. I. (2025). Comparative Study of Entrepreneurial Orientation and Financial Management Strategies in Women MSMEs. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 13(3), 1659–1668. https://doi.org/10.37641/jimkes.v13i3.3189

Supeni, R. E., Wijayantini, B., & Ferdiawati, G. (2021). Studi Empirik Kebutuhan Prestasi, Norma Subjektif, Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Di Tiap Fakultas di Universitas Muhammadiyah Jember. PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS, 226–240. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5175

Suryadana, Liga. m Sidharta, I. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia industry hospitality. Industri Pariwisata CV, Diandra Kreatif, Buku Ajar 2019.

Susilawaty, E. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Journal of Business Administration (JBA), 2(1), 1. https://doi.org/10.31963/jba.v2i1.3432

Syahdan Sandhika Ramadhan, Sudarno, M. S. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaanberkelanjutan Dan Altruisme Terhadap Intensi Berwirausaha Hijau Mahasisw. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE (2024) 12(2) 207-217, 12 No 2(PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERKELANJUTAN DAN ALTRUISME TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA HIJAU MAHASISWA Syahdan), 207–217. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/58540

Tamarasanti, M. A., & Ratnawati, I. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha dengan Creative Work Behavior sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–10.

Taneja, M., Kiran, R., & Bose, S. C. (2024). Assessing Entrepreneurial Intentions Through Experiential Learning, Entrepreneurial Self-Efficacy, And Entrepreneurial Attitude. Studies In Higher Education, 49(1), 98-118.

Trista, V. E., & Rakhmawati, D. Y. (2025). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha melalui minat berwirausaha sebagai variabel moderasi pada mahasiswa feb unesa. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(1).

Van Gelderen, M., Brand, M., Van Praag, M., Bodewes, W., Poutsma, E., & Van Gils, A. (2020).Explaining Entrepreneurial Intentions By Means Of The Theory Of Planned Behavior.Career Development International, 13(6), 538–559.

van Gelderen, M., Thurik, R., & Bosma, N. (2020). Success and Risk Factors in the Pre-Startup Phase. Small Business Economics, 26(4), 319–335

Vygotsky, L. S. (1978). Mind In Society: The Development Of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Wardani, V. K., & Nugraha, J. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Attitude Towards Entrepreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Self Efficay. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 79–100. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p79-100

Waris, I., Barkat, W., Ahmed, A., & Hameed, I. (2022). Fostering Sustainable Businesses: Understanding Sustainability-Driven Entrepreneurial Intention Among University Students In Pakistan. Social Responsibility Journal, 18(8), 1409-1426.

Widodo, B., & Eka, B. (2022). Kecerdasan Adversitas Ditinjau dari Pola Asuh Otoritatif dan Keyakinan Diri (Self Efficacy). Jurnal Pendidikan, 31(3), 389–396. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2893

Wijaya, W., & Handoyo, S. E. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Empati Dan Dukungan Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Sosial Mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 546-555.

Yahya, A. F., Pada, A. T., & Syukri, T. A. (2021). Memaknai Intensi Kewirausahaan: Studi pada Mahasiswi di Kota Makassar. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3), 938–954. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36825

Yuliantika, R., & Hikmawaty, L. (2025). Pengaruh kegiatan market day terhadap pembentukan karakter jiwa kewirausahaan di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 9(4), 19–24.

Yousaf, U., Ali, S. A., Ahmed, M., Usman, B., & Sameer, I. (2021). From Entrepreneurial Education To Entrepreneurial Intention: A Sequential Mediation Of Self-Efficacy And Entrepreneurial Attitude. International Journal Of Innovation Science, 13(3), 364-380.

Yusuf, A., Syahputra, R., & Lubis, J. (2022). Applied Of Statistics To Building Entrepreneurship Intention Through Self Efficacy, Adversity Quotient, And Need For Achievement In Students Of The Faculty Of Economics And Business, Labuhanbatu University. JINAV: Journal Of Information And Visualization, 3(2), 149-155.

Zhang, W., Li, Y., Zeng, Q., Zhang, M., & Lu, X. (2022). Relationship Between Entrepreneurship Education And Entrepreneurial Intention Among College Students: A Meta-Analysis. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 19(19), 12158.

Zimmerman, B. J. (2000). Self-Efficacy: An Essential Motive To Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i4.7439

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yeni Amaliya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.